Otomotif

Cek Spesifikasi dan Fitur Xenia 2023, Mobil Keren yang Cocok Untuk Keluarga



NOBARTV.CO.ID Daihatsu Xenia telah lama dikenal sebagai kendaraan keluarga yang andal di Indonesia. Dengan mesin yang tangguh, kabin yang luas, interior yang sesuai dengan kebutuhan keluarga, serta bagasi yang memadai, Xenia telah menjadi pilihan favorit di antara banyak keluarga. Pada tahun 2023, Daihatsu Xenia kembali hadir dengan beberapa pembaruan baik dari segi interior, eksterior, maupun mesin yang menjadikannya layak dipertimbangkan sebagai mobil keluarga.

Exterior Xenia 2023

Daihatsu Xenia 2023 tampil dengan desain yang lebih modern dan dinamis dibandingkan pendahulunya. Grill honeycomb yang terletak di bagian depan mobil dipadukan dengan lampu LED Daytime Running Light (RDL) berbentuk pipih, memberikan kesan modern dan futuristik.

Sistem pencahayaan kendaraan telah menggunakan teknologi LED secara luas, termasuk lampu jauh, lampu dekat, dan lampu sein pada spion. Pada varian tertinggi, teknologi LED bahkan mencakup lampu mundur dan lampu pintu belakang.

Penggunaan LED ini memiliki beberapa keunggulan, seperti meningkatkan efisiensi bahan bakar, tahan terhadap panas, dan menghasilkan cahaya yang lebih terang.

Xenia 2023 memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebar dengan panjang 4395 mm, lebar 1730 mm, dan tinggi 1690 mm, menjadikannya lebih besar namun tetap proporsional.

Interior Xenia 2023

Cek Spesifikasi dan Fitur Xenia 2023, Mobil Keren yang Cocok Untuk Keluarga
Gambar Interior Mobil Xenia 2023 (Sc: IG: Daihatsu Indonesia)

Masuk ke dalam kabin Xenia generasi terbaru, kesan elegan langsung terasa. Door trim berwarna hitam memberikan nuansa mewah pada interior. Kenyamanan berkendara menjadi prioritas dengan jok semi bucket berbahan fabric dan headrest yang dapat disesuaikan.

Setir elektrik power steering dilengkapi fitur tilt, memudahkan pengemudi menemukan posisi ideal saat berkendara.

Semua pintu dilengkapi dengan power window, dan tombol multifungsi pada setir memudahkan akses ke MID, audio, dan pengaturan transmisi otomatis. Beberapa varian juga dilengkapi dengan keyless entry, dan semua model memiliki immobilizer anti-pencurian serta alarm terintegrasi untuk keamanan optimal.

Untuk hiburan dan konektivitas, head unit 7 inci menawarkan fitur radio, Android Auto, dan Apple CarPlay, memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. USB port tersembunyi di dalam laci penyimpanan, menambah kesan rapi pada interior.

Dashboard modern dilengkapi dengan banyak kompartemen penyimpanan, sementara cup holder dekat kisi AC memberikan kemudahan akses. Pengaturan AC digital memastikan kenyamanan optimal selama perjalanan. Ruang kabin terasa lebih lega berkat desain AC yang flat.

Salah satu fitur unik dari Xenia 2023 adalah long sofa mode, yang memungkinkan kursi baris kedua turun ke baris ketiga sehingga membentuk sofa seperti di ruang tamu. Fitur ini tidak mengurangi kapasitas bagasi, sehingga kamu dan keluarga bisa tetap nyaman saat bepergian jauh.

Performa Mesin Xenia 2023

Daihatsu Xenia 2023 menawarkan dua opsi mesin berteknologi NR-VE Dual VVT-i. Mesin pertama adalah 1.300 cc dengan kode 1NR-VE yang menghasilkan tenaga 97,9 dk dan torsi 121,6 Nm. Untuk performa lebih tinggi, tersedia mesin 1.500 cc berkode 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 106 dk dan torsi maksimal 138,2 Nm.

Kedua mesin ini dipadukan dengan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) yang menyalurkan tenaga ke roda depan melalui sistem Front Wheel Drive (FWD), menjamin performa responsif dan efisien dalam berbagai kondisi berkendara.

Fitur Keamanan

Daihatsu Xenia tidak hanya unggul dalam fitur dan teknologi, tetapi juga dalam aspek keselamatan berkat sistem Daihatsu A.S.A. (Advanced Safety Assist). Sistem ini dirancang untuk mengurangi risiko cedera akibat tabrakan frontal, membantu pengemudi tetap pada jalur yang tepat, dan meminimalkan potensi kecelakaan akibat kesalahan manusia.

Collision Warning Function memperingatkan pengemudi jika ada objek di depan kendaraan. Hill-Start Assist pada tipe 1.5 R mencegah mobil mundur di tanjakan. Pedal Misoperation Control menghindari kesalahan penggunaan pedal. Vehicle Stability Control (VSC) pada varian CVT dan tipe 1.5 R mendeteksi dan mencegah manuver berbahaya. Security Alarm di tipe 1.3 R dan 1.5 R memberikan peringatan akan potensi bahaya.

Leading Vehicle Departure Warning bermanfaat saat kondisi macet, sementara Lane Departure Warning & Prevention menjaga mobil tetap pada jalurnya. ABS & EBD di semua tipe mengoptimalkan pengereman. Immobilizer pada tipe 1.3 R dan 1.5 R meningkatkan keamanan terhadap pencurian.

Xenia 2023 juga dilengkapi dual airbag di kursi depan, sensor parkir belakang, dan Side Impact Beam dari baja di bagian depan, belakang, dan pintu samping untuk perlindungan maksimal saat terjadi benturan. Semua fitur ini menjadikan Daihatsu Xenia sebagai pilihan yang aman dan nyaman untuk keluarga.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Cek Spesifikasi dan Fitur Xenia 2023, Mobil Keren yang Cocok Untuk Keluarga yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

NOBARTV SPESIAL MENU : Streaming BolaNonton FilmVideo GolAplikasi Airdrop KriptoLowongan Kerja Penulis [ Follow Nobartv.co.id di Google NewsWhatsApp Channel ]

Hadi Kurniawan

Meskipun terkesan introvert, saya sebenarnya senang diajak ngobrol. Halo, nama saya Hadi.