Nasional

Viral Pakai Bahasa Semut, Berikut Profil Biodata Mama Ghufron



NOBARTV.CO.ID Berita Viral Bahasa Semut – Mama Ghufron belakangan ini menjadi perbincangan publik usai beredar video ceramahnya tentang bahasa semut viral. Tidak hanya bahasa semut, bahkan dirinya berbicara tentang bahasa hujan, jin, dan malaikat.

Dari video ceramah yang beredar, banyak netizen yang menilai ceramah Mama Ghufron kontroversial karena membahas hal-hal diluar nalar. Tidak sedikit juga warganet beranggapan apa yang dikatakan Mama Ghufron merupakan hal yang konyol.

Video ceramah Mama Ghufron
Gambar ceramah Mama Ghufron berbicara bahasa semut (Sumber: Laman Facebook Trans 7)

Lantas, siapa sebenarnya Mama Ghufron? Bagaimana latar belakang dirinya sehingga ceramah-ceramahnya jadi perbincangan publik?

Dirangkum dari berbagai sumber berikut profil biodata Mama Ghufron.

Mama Ghufron memiliki nama lengkap KH. Muhammad Abdul Ghufron Al Bantani As Syafi’i. Nama ini merupakan nama kunyah atau sebutan yang diberikan oleh gurunya.

Ghufron Al Bantani dengan nama asli, Iyus Sugiman, lahir pada Sabtu, 25 Desember 1963.

Beliau adalah pimpinan Pondok Pesantren UNIQ Nusantara yang berlokasi di Desa Pamotan RT.01/RW.01, Kec. Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pesantren UNIQ Nusantara dirintis Mama Ghufron sejak tahun 1999 dan diresmikan pada 17 Agustus tahun 2000.

Iyus Sugiman mengklaim sebagai keturunan dari Syekh Nawawi Al Bantani. Lahir dari seorang ayah, H. Endang Mustofa, dan Ibu, Hj. Suntari Putri.Namun berdasarkan pernyataan, KH. Majazi Banten, sebagai cicit dari Syekh Nawawi Al Bantani mengklarifikasi bahwa Mama Ghufron bukanlah keturunan dari Syekh Nawawi Al Bantani.

Mama Ghufron Al Bantani
Mama Ghufron (Sumber: Youtube PONPES UNIQ NUSANTARA)

Sosok dengan nama panggung Mama Ghufron ini, mengaku pernah berdialog dengan malaikat Munkar dan Nakir. Selain itu dirinya juga menyatakan telah menulis 500 kitab bahasa Suryani, namun pasalnya karya-karya tersebut sampai saat ini belum diterbitkan.

Nama Mama Abuya Ghufron Al Bantani atau KH. Muhammad Abdul Ghufron Al Bantani As Syafi’i konon diberikan oleh gurunya setelah menyelesaikan khalwat di makam Syaikh Abdul Qadir Jailani di Baghdad, Irak, selama 40 hari 40 malam.

Itulah profil biodata Mama Ghufron, sosok yang mengaku berbicara dengan bahas semut dirangkum dari berbagai sumber.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Viral Mengaku Pakai Bahasa Semut, Berikut Profil Biodata Mama Ghufron yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Bakri

Penulis telah menyelesaikan studi S1 Fakultas Syariah di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di MA Al-Khairiyah Tegalbuntu Ciwandan, Cilegon