Khazanah Islam

6 Contoh Mukadimah Bahasa Arab untuk Ceramah Lengkap dengan Artinya



NOBARTV.CO.ID Contoh Mukadimah Bahasa Arab – Mukadimah merupakan kalimat pembuaka yang biasa disampaikan dengan bahasa Arab saat pidato atau ceramah. Tidak hanya itu, mukadimah juga biasa disampaikan saat seseorang memberikan sambutan dalam acara-acara tertentu seperti pengajian, memperingati hari besar Islam, pernikahan, hingga pidato kenegaraan.

Ada banyak contoh mukadimah bahasa Arab di mana penyampaiannya dapat disesuaikan dengan tema acara agar terkesan khidmat.

Satu hal yang perlu diketahui, kalimat mukadimah harus disampaikan dengan singkat, padat, dan jelas.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut contoh mukadimah bahasa Arab yang cocok disampaikan dalam berbagai acara.

1. Contoh mukadimah bahasa Arab pidato singkat

Contoh mukadimah bahasa Arab berikut biasa disampaikan dalam berbagai acara. Mukadimah ini juga cocok disampaikan untuk pidato singkat.

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdilillahi was sholatu was salaamu ‘alaa rosulillahi wa’alaa aalihi wa sohbihi wa maw waalaah. Amma ba’du.

Artinya: Segala puji bagi Allah SWT, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya.

2. Contoh mukadimah bahasa Arab untuk MC

Bagi Anda yang ingin jadi MC atau pembawa acara, mukadimah bahasa Arab ini cocok untuk disampaikan.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ بِسْمِ اللهِ وَ الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِ الله، لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِالله أَمّاَ بَعْدُ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bismillahi wal hamdulillah was sholatu was salamu ‘ala rasulillah, la hawla wala quwwata illa billah amma ba’du

Semoga Allah mencurahkan keselamatan, rahmat, dan keberkahannya. Segala Puji bagi Allah, Sholawat dan Salam-Nya semoga tetap tercurahkan keharibaan Nabi Muhammad Rasulullah, tidak ada daya upaya dan tidak ada kekuatan kecuali pertolongan Allah.

3. Contoh mukadimah bahasa Arab pidato Islami

Selanjutnya contoh mukadimah berikut biasa disampaikan dalam setiap acara. Mukadimah ini juga cocok disampaikan oleh Anda saat berpidato tema Islami.

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi rabbil ‘alamin, wabihi nasta’inu ‘alaa umuriddunya waddin. Wassholatu wassalamu ‘alaa asyrafil mursalin, wa’alaa alihi wa sahbihi ajma’in. Amma ba’du.

Artinya: Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, dan hanya kepada-Nya kami memohon pertolongan dalam urusan dunia dan akhirat, dan semoga shalawat serta salam tercurah kepada rasul yang paling mulia, keluarga dan seluruh sahabatnya.

4. Contoh mukadimah bahasa Arab pidato untuk umum

Mukadimah berikut cocok disampaikan saat pidato untuk umum. Artinya, untuk berbagai acara Anda bisa menggunakan mukadimah bahasa Arab ini. Berikut contoh mukadimahnya:

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahil ladzii an’ama bini’matil iimaan wal islaam. Wanushalli wassalamu ‘alaa khairil anam, sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihii wasohbihi aj-ma’iin, amma ba’du.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan kenikmatan iman dan Islam kepada kita. Kami memohon rahmat dan keselamatan untuk manusia terbaik, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

5. Contoh mukadimah bahasa Arab yang singkat dan menarik

Nah, jika Anda ingin menggunakan bahasa Arab yang singkat dan menarik berikut contohnya.

الْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِهِ الْـمُصْطَفَى، وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahi wakafaa, wassholatu wassalaamu ‘alaa rosulihil musthofaa, wa’alaa aalihi wasohbihi wamanih tadaa, amma ba’du

Artinya: Segala puji bagi Allah, dan cukuplah pujian itu hanya untuk-Nya, dan semoga shalawat dan salam tercurah kepada Rasul pilihan beserta keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mendapat petunjuk.

Mukadimah di atas juga cocok digunakan Anda saat berceramah, berpidato, dan sambutan.

6. Contoh mukadimah bahasa Arab untuk acara pernikahan

Sebetulnya mukadimah ini biasa disampaikan saat acara pernikahan. Sehingga wajar umumnya naib membacakan kalimat mukadimah ini dalam khutbah nikah. Berikut contoh mukadimahnya:

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Innal hamda lillah, nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruhu, wa na’udzubillahi min syuruuri anfusina wa min sayyi aati a’maalinaa, may-yahdihil laahu falaa mudhillalah, wa-may yudhlil falaa haadiyalah, asyhadu an-laa ilaa-ha illallaah, wahdahula syariikalah wa-asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, amma ba’du.

Artinya: Sesungguhnya segala puji bagi Allah, kami memuji-Nya dan memohon pertolongan dan ampunan-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari keburukan diri kami sendiri dan dari keburukan amal kami, barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada orang yang menyesatkan dan barangsiapa yang disesatkan-Nya maka tidak ada petunjuk baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan Dia tidak mempunyai sekutu, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

7. Contoh mukadimah bahasa Arab lainnya

Contoh mukadimah bahasa Arab lainnya yaitu sebagai berikut:

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ ، فَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِـمِيْنَ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ،نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ أَرْسَلَهُ اللهُ رَحْـمَةً لِلْعَالَمِيْنَ ، وَعَلَى اَلِهِ أَزْوَاجِهِ الطَّاهِرَاتِ أُمَّهَاتِ الـمُؤْمِنِيْنَ ، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ الغُرِّ الـمَيَامِيْنِ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wal ‘aaqibatu lil muttaqien, falaa ‘udwaanaa illa ‘aladzoolimiin. Wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursaliin. nabiyyinaa wa habiibinaa muhammadin arsalallahu rohmatal lil a’lamiin. wa’alaa alihii wa-azwajihit-thohirootiummahaatil mu’miniin, wa alaa alihiit-thoyyibiin, wa ashabihil ghurril mayaamiin, wa-man tabi’ahum bi-ihsanin ila yaumiddin. Amma ba’du.

Artinya: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, dan kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sehingga tidak ada penyerangan kecuali terhadap orang-orang yang zalim. Sholawat dan salam tercurah kepada para nabi dan rasul yang paling mulia, Nabi kita dan Muhammad tercinta, yang diutus Allah sebagai rahmat bagi seluruh alam, dan atas istri-istrinya yang suci. Tugas-tugas orang-orang yang beriman, dan atas keluarga-keluarganya yang suci dan para sahabat yang mulia, dan orang yang mengikuti mereka dalam kesalehan sampai hari kiamat.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 6 Contoh Mukadimah Bahasa Arab Cocok untuk Ceramah Lengkap dengan Artinya yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Bakri

Penulis telah menyelesaikan studi S1 Fakultas Syariah di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di MA Al-Khairiyah Tegalbuntu Ciwandan, Cilegon