Travel & WisataKuliner & Resep

10 Daftar Kuliner Khas Semarang yang Wajib Dicoba



NOBARTV.CO.ID Bukan hanya menjadi Kota Wisata, Semarang juga memiliki warisan kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari jajanan kaki lima hingga restoran bintang lima, berikut 10 daftar kuliner khas Semarang yang wajib dicoba.

1. Lumpia Rebung

Ilustrasi Lumpia Semarang
Ilustrasi Lumpia Semarang (SC: Freepik)

Semarang sering kali disebut juga Kota Lumpia karena lumpia sendiri merupakan camilan yang cukup populer di Semarang, khususnya bagi wisatawan.

Meskipun sekarang sudah banyak jenis isian lumpia, seperti daging ayam, sapi, sayur, atau udang, lumpia rebung adalah ikonik lumpia Semarang. Aromanya yang khas membuat lumpia rebung memiliki keunikan tersendiri dari jenis isian lumpia lainnya.

2. Tahu Petis

Tahu Petis Semarang
Tahu Petis Semarang (SC: Dinas Pariwisata Semarang)

Tahu petis merupakan makanan ringan khas Semarang. Menggunakan tahu sebagai bahan baku ditambah sambal petis di dalamnya membuat tahu petis menjadi pembeda dengan tahu lainnya.

Sambal petis terbuat dari ikan atau udang yang dimasak hingga sangat kental sampai menghasilkan sari kemudian ditambah racikan bumbu lainnya, menghasilkan rasa gurih, asin, manis, dan sedikit pedas. Uniknya sambal petis tidak berbau menyengat. Tahu petis semakin nikmat saat dimakan bersama cabe rawit segar.

3. Nasi Gandul

Nasi Gandul
Ilustrasi Nasi Gandul (SC: Pinterest/drive)

Meski bukan asli dari Semarang, nasi gandul memiliki penggemar tersendiri di hati para pemburu kuliner di Ibu Kota Jawa Tengah ini. Terdiri dari nasi putih hangat lalu disiram kuah panas yang kaya akan rempah, diselimuti potongan daging ayam atau sapi, tauge, telur, dan emping goreng membuat nasi gandul memiliki cita rasa yang istimewa untuk masyarakat Semarang.

4. Bandeng Presto

Bandeng Presto Khas Semarang
Bandeng Presto Khas Semarang (SC: Pinterest/masakdapurku.com)

Letak geografis yang ada di pesisir pantai membuat Semarang kaya akan makanan laut, salah satunya adalah ikan bandeng. Proses memasak dengan teknik presto menjadikan daging ikan bandeng terasa lebih lembut dan mudah dipisahkan dari durinya.

Kamu bisa menemukan Bandeng Presto hampir di setiap toko pusat oleh-oleh di Semarang. Harga satu kotak bandeng presto berisi lima ekor dibanderol harga mulai dari Rp 40 ribu sampai dengan Rp 70 ribuan.

5. Mie Kopyok

Mie Kopyok Semarang
Mie Kopyok Semarang (SC: Shutterstock/Tyasindayanti)

Kopyok berasal dari Bahasa Jawa yang artinya kocok. Mie Kopyok merupakan kuliner khas Semarang yang diseduh dengan cara dikocok bersama tauge menggunakan air panas. Terdiri dari mi kuning, lontong, tauge, tahu, dan kerupuk gendar. Siraman kuah gurih pedasnya semakin melengkapi cita rasa unik Mie Kopyok.

6. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal Semarang
Tahu Gimbal Semarang (SC: Pinterest/dapursaja.blogspot)

Tahu Gimbal menyajikan hidangan berupa lontong atau ketupat, kol mentah, tauge, tahu, dan telur yang disiram dengan saus kacang.

Ciri khas Tahu Gimbal ada pada gimbalnya, yakni adonan tepung dan udang yang dimasak seperti rempeyek namun memiliki kulit lebih tebal. Gimbal dipotong dan ditumpuk kemudian dicampur ke dalam hidangan.

Tahu Gimbal merupakan kuliner khas Semarang yang mudah kamu jumpai, mulai dari penjual tenda di pinggir jalan hingga restoran.

7. Wedang Tahu

Wedang Tahu Semarang
Wedang Tahu Semarang (SC: Pinterest/Asian Inspirations)

Tidak hanya tahu petis dan tahu bakso, olahan tahu di Semarang bisa menjadi minuman tak kalah lezat yang sayang untuk dilewatkan.

Wedang Tahu khas Semarang menawarkan keunikan cita rasa dengan kembang tahu sebagai isian utama yang terbuat dari sari kedelai. Sari kedelai tersebut dimasak bersama gula, garam, dan agar-agar. Setelah dingin, kembang tahu disajikan ke dalam mangkok lalu disiram air jahe panas yang telah dicampur gula merah, daun pandan, kayu manis, dan rempah lainnya.

8. Soto Semarang

Soto Khas Semarang
Soto Khas Semarang (SC: Nibble)

Berbeda dengan soto kebanyakan, Soto Semarang memiliki ciri khas tersendiri. Kuah Soto Semarang lebih kecoklatan namun bening. Isian soto terdiri dari bihun, suwiran ayam atau daging, bawang merah goreng, tauge, dan tomat.

9. Babat Gongso

Babat Gongso
Ilustrasi Babat Gongso (SC: Sajian Sedap)

Babat Gongso merupakan kuliner khas Semarang yang legendaris. Memanfaatkan bahan dasar lambung sapi atau babat yang ditumis bersama bumbu dan rempah lainnya. Rasa gurih, manis, dan pedas dari kaldu jamur, kecap, gula merah, serta cabai semakin menambah kelezatan Babat Gongso.

10. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel Semarang
Roti Ganjel Rel (SC: Radar Banyumas)

Dikenal juga sebagai Roti Gambang, merupakan jajanan tempo dulu, tepatnya sejak era kolonial Belanda. Roti Ganjel Rel memiliki bentuk panjang menyerupai bantalan kayu rel kereta api sehingga masyarakat setempat menyebutnya Roti Ganjel Rel.

Selain bentuknya yang unik, ciri utama kuliner khas Semarang, Roti Gambang atau Roti Ganjel Rel ini adalah aroma kayu manis yang menguar sehingga menggugah selera bagi yang menciumnya.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 10 Daftar Kuliner Khas Semarang yang Wajib Dicoba yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)