Timnas Indonesia

Menang 2 Kali Berturut-turut, Nova Arianto Malah Sebut Anak Asuhnya Kurang Kreatif



NOBARTV.CO.ID Nova Arianto nilai anak asuhnya, Skuad Garuda Asia meraih dua kemenangan berturut-turut di ajang Piala AFF U16 2024. Kendati demikian, sang pelatih Nova Arianto memberikan kritik keras kepada anak asuhnya itu.

Dua laga awal di grup A Piala AFF U16 2024 sudah dilalui Timnas Indonesia U16. Dalam dua awal ini, anak asuh Nova Arianto itu selalu meraih kemenangan. Kemenangan ini pun cukup spesial karena gawang skuad Garuda Asia (julukan Timnas U16) tidak pernah dibobol sama sekali.

Dalam laga awal kontra Singapura, Timnas Indonesia U16 menang dengan skor meyakinkan 3-0. Adapun di laga kontra Filipina – lagi-lagi skuad Garuda Asia menang dengan skor telak 3-0. Kemenangan ini membuat skuad Garuda mendapat enam poin sempurna sehingga berhak menempati posisi pertama klasemen sementara grup A. Berikutnya, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Laos di laga pamungkas grup A tersebut.

Baca Juga:  Respon Indra Sjafri soal Laga Timnas Indonesia U20 yang Sepi Penonton

Tapi sayangnya, walaupun anak asuhnya sudah meraih hasil yang sangat baik, Nova – selaku pelatih tetap memberikan kritik. Pria yang juga menjabat sebagai asisten STY itu menyebut anak asuhnya tampil kurang kreatif.

Menang 2 Kali Berturut-turut, Nova Arianto Malah Sebut Anak Asuhnya Kurang Kreatif
Selebrasi gol dari pemain Timnas Indonesia U16
(sumber: IG @timnas.indonesia)

“Filipina melakukan pertahanan dengan sangat baik dan pemain kita kurang kreatif untuk bergerak, itu yang kita coba perbaiki di babak kedua ya. Masuk kita dalam mengubah formasi kita dari 3-4-3 ke 4-4-2 adalah salah satu cara untuk kita membongkar dari pertahanan dari Filipina,” papar Nova.

“Oke jadi memang [susunan starter yang berbeda] itu sudah kita rencanakan dari awal ya, dari awal setelah kita menghadapi Singapura. Memang rencana kita akan mencoba semua pemain yang ada di Timnas U-16 karena selagi tujuan kami adalah akan menuju ke kualifikasi Piala Asia, jadi untuk menuju ke sana kita harus mencari pemain-pemain,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  20 Negara yang Dipastikan Tersingkir dari Kualifikasi Piala Asia U20 2025

“Siapa yang bisa kita bawa di sana, siapa yang enggak. Tapi kalau kita tidak coba dia di pertandingan, kita tidak bisa tahu nih, kualitas pemain tersebut. Jadi di situ di salah satu sisi kita akan mencari pemain-pemain yang akan siap untuk di kualifikasi AFC,” katanya memungkasi.

Di Piala Asia U16 2024 ini sendiri, skuad Garuda bertindak sebagai tuan rumah sekaligus juara bertahan. Pada tahun 2022 lalu, Timnas Indonesia U16 yang saat itu diasuh Bima Sakti keluar sebagai juara usai mengalahkan Timnas Vietnam di partai final.

Saat itu, gol tunggal Kafiatur Rizky membuat skuad Garuda Asia meraih gelar Piala AFF U16 keduanya. Lantas, dengan kini bertindak sebagai tuan rumah (lagi), apakah prestasi tersebut bisa diukir kembali?

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Menang 2 Kali Berturut-turut, Nova Arianto Malah Sebut Anak Asuhnya Kurang Kreatif yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid