Timnas Indonesia

Ketua BTN soal Isu Pemain Titipan di Timnas Indonesia: Seribu Persen Tidak Ada!



NOBARTV.CO.ID Ketua BTN soal pemain titipan, Isu adanya pemain titipan di Timnas Indonesia menjadi topik yang sedang hangat dibahas. Sampai-sampai, Ketua BTN Sumardji ikut angkat suara. Pria yang juga menjabat sebagai Manajer Timnas Indonesia itu memastikan tidak ada pemain titipan dalam skuad Garuda.

Seperti yang diketahui, isu pemain titipan beberapa waktu lalu tersebar usai podcast YouTube yang menampilkan Ernando Ari sebagai narasumbernya. Dalam podcast tersebut, Ernando Ari mengaku pernah gagal mengikuti seleksi pemain Timnas Indonesia U16 di tahun 2017. Kala itu, sang kiper ikut seleksi di suatu daerah di Jawa Barat.

Namun lucunya, ketika Ernando mengikuti seleksi di beda tempat, pemain yang kini menjadi kiper utama Timnas Indonesia ini justru lolos. Atas dasar itu, penitipan pemain yang konon seringkali terjadi ketika seleksi tingkat daerah ini pun mencuat. Saat itu, Fakhri Husaini selaku pelatih Timnas U-16 tahun 2017 disebut-sebut sebagai sosok yang bertanggungjawab atas praktik titip pemain. Hingga akhirnya, Ernando buka suara dan memastikan kalau Fakhri tidak ada sangkut pautnya dengan praktek buruk tersebut.

Baca Juga:  Respon Indra Sjafri soal Laga Timnas Indonesia U20 yang Sepi Penonton

Meskipun demikian, media sudah terlanjur memuat berita terkait adanya praktek titip menitip pemain ini. Terbaru, salah satu anggota Exco PSSI aktif disebut-sebut menitip anaknya untuk bisa masuk ke Timnas Indonesia U16. Namun dikabarkan lagi, sang anak tersebut tetap dinyatakan tidak lolos.

Ketua Umum PSSI, Nova Arianto – selaku pelatih Timnas U16 hingga Ketua BTN Sumardji ikut bersuara terkait isu ini. Kemarin, dalam sebuah wawancara, Sumardji memastikan kalau di skuad Timnas Indonesia saat ini, untuk semua kelompok umur, tidak ada praktek titip pemain. Bahkan, saking kesalnya Sumardji dengan isu ini, ia mengaku kepanasan dengan tuduhan yang disematkan kepada PSSI dan semua orang yang terlibat dalam perekrutan pemain.

Ketua BTN soal Isu Pemain Titipan di Timnas Indonesia: Seribu Persen Tidak Ada!
Sumardji dan Yunus Nusi dalam sebuah konferensi pers (sumber: IG @pssi)

“Ini saya sampaikan kepada teman-teman semua karena saya jujur saja juga merasa panas telinga saya kalau selama ini masih dikait-kaitkan,” kata Sumardji.

Baca Juga:  Head to head Indonesia U20 vs Timor Leste U20: Garuda Muda Terlalu Perkasa!

“Ini PSSI masa kini. Jangan diulang-ulang lagi seperti dulu-dulu. Sudah tidak ada lagi seperti itu,” ujarnya menambahkan.

“Pak Ketua Umum komitmennya keras dan selalu menyampaikan kepada saya, ‘Pak Mardji jangan sampai ada titip-titipan.’ Saya jamin seribu persen tidak ada,” cerita Sumardji.

Lebih lanjut, kata pria yang juga menjabat sebagai anggota Polri itu, ia sampai turun gunung untuk mengecek rekam jejak pemain skuad Garuda yang terpilih. Terbaru, Sumardji melakukan pengecekan terhadap nama-nama pemain Timnas Indonesia yang terpilih ke dalam skuad Garuda untuk Piala AFF U16 2024.

“Contoh kayak tim U-16 yang sudah dirilis kemarin. Dari 23 pemain, masing-masing saya cek. Ini dari SSB mana? Lantas apakah ini ada kaitannya?” tutur Sumardji.

“Sebelum hal itu terjadi, maka di samping performa, kualitas dari para pemain yang dipilih itu adalah sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing posisi. Saya pun juga mencari cara agar supaya betul-betul ini fair,” ucapnya memungkasi.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Ketua BTN soal Isu Pemain Titipan di Timnas Indonesia: Seribu Persen Tidak Ada! yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid