Timnas Indonesia

STY: Saya Bergetar Ditonton dan Dipanggil 80 Ribu Suporter Indonesia



NOBARTV.CO.ID STY kagumi suporter Indonesia, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dibuat kagum dengan kehadiran suporter Indonesia. Sang pelatih mengaku bergetar setiap kali namanya dipanggil oleh puluhan ribu suporter tersebut.

Misi Shin Tae-yong untuk meloloskan Indonesia ke babak tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sudah tercapai. Kemarin, Shin berhasil membawa anak asuhnya melaju ke babak tiga Kualifikasi Piala Dunia sepanjang sejarah. Sebelumnya, mereka – para skuad Garuda tak sekalipun pernah mencapai babak tersebut.

Kelolosan ini sendiri didapatkan dengan catatan yang cukup berkesan. Tergabung dalam grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina, Timnas Indonesia hanya menelan kekalahan sebanyak dua kali. Sedangkan di tiga laga lainnya, Marselino Ferdinan dkk sukses meraih kemenangan. Sedangkan di satu pertandingan sisanya skuad Garuda mencatatkan hasil imbang.

Oleh karena itu, dengan poin 10 yang dikemasnya, Ivar Jenner dkk berhak melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia dengan status runner-up. Berikutnya, di babak ketiga nanti, Timnas Indonesia akan kembali bersaing dengan 17 tim lainnya untuk bisa finis di peringkat satu dan dua di tiga grup berbeda untuk mendapatkan tiket otomatis ke Piala Dunia 2026.

Kemarin, usai skuad Garuda dipastikan lolos ke babak ketiga itu, sang pelatih Shin Tae-yong menyempatkan diri untuk memberikan wawancara. Dalam wawancara itu, Shin menyinggung keberhasilan Timnas Indonesia (lolos ke babak ketiga) serta peran suporter yang hadir di pertandingan.

STY: Saya Bergetar Ditonton dan Dipanggil 80 Ribu Suporter Indonesia
Para pemain dan staf berselebrasi usai pertandingan (sumber: IG @timnas.indonesia)

“Saya gembira bisa membuat sejarah baru di sepak bola Indonesia dengan lolos ke putaran ketiga kualifikasi. Saya sampai bergetar ketika lebih dari 80 ribu penonton yang memenuhi stadion berteriak ‘Shin Tae Yong’ dan menyanyikan lagu tentang saya,” ucap Shin Tae-yong.

Shin menceritakan pengalamannya ketika pertama kali melatih Timnas Indonesia.

“Sejak memegang tongkat estafet sejak [Desember] 2019. Kami melatih pemain di bawah 18 dan 19 tahun. Para pemain berkembang stabil dan jadi tumpuan utama Timnas Indonesia saat ini,” ujar STY menambahkan.

“Ketika masa kerja saya memasuki tahun keempat, saya tahu ada banyak pro dan kontra tentang pemain mana yang lebih baik dari yang lain. Para pemain juga sadar dengan kritik itu, jadi yang penting adalah saling memahami.”

Lebih lanjut, kata Shin lagi, ia sangat berharap di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia nanti, Timnas Indonesia bertemu dengan Korea Selatan selaku negara kelahirannya.

“Saya menginginkan itu. Salah satu dari tiga tim besar seperti Korea Selatan, Jepang, dan Iran akan jadi lawan kami. Di Korea juga ada pro dan kontra, tapi saya merasa akan lebih baik lawan mereka dibandingkan tim lain,” ucapnya memungkasi.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul STY: Saya Bergetar Ditonton dan Dipanggil 80 Ribu Suporter Indonesia yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

NOBARTV SPESIAL MENU : Streaming BolaNonton FilmVideo GolAplikasi Airdrop KriptoLowongan Kerja Penulis [ Follow Nobartv.co.id di Google NewsWhatsApp Channel ]

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid