Timnas Indonesia

Persiapan Garuda Asia untuk Piala AFF U16 2024 Capai 75 Persen



NOBARTV.CO.ID Persiapan skuad Garuda jelang Piala AFF U16, Timnas Indonesia akan memainkan ajang sepakbola Piala AFF U16 2024. Jelang keikutsertaan mereka di ajang tersebut, sang pelatih Nova Arianto menyebut persiapan tim-nya sudah berada di angka 75 persen.

Piala AFF U16 akan memasuki edisi ke-16. Sejak pertama kali digelar pada tahun 2002 lalu, Indonesia selalu menjadi partisipan. Dan dalam belasan kali keikutsertaannya itu, Timnas Indonesia sudah pernah menjadi juara sebanyak dua kali. Skuad Garuda Asia juara pada tahun 2018 dan 2022.

Menariknya, di dua edisi – di mana skuad Garuda Asia menjadi juara, saat itu Timnas Indonesia tengah bertindak sebagai tuan rumah. Pada tahun 2018, skuad Garuda menjadi juara usai mengalahkan Thailand lewat babak adu penalti. Sedangkan pada tahun 2022, mereka kembali menjadi juara usai mengalahkan Vietnam 1-0.

Dan kebetulan, pada Piala AFF U16 tahun ini, Timnas Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah. Dengan statusnya sebagai juara bertahan sekaligus tuan rumah, tuntunan untuk menjadi juara tentunya jauh lebih besar. Sementara itu, dalam drawing Piala AFF U16 ini, skuad Garuda berada di grup A bersama Laos, Singapura, dan Filipina.

Persiapan Garuda Asia untuk Piala AFF U16 2024 Capai 75 Persen
Nova Arianto ketika memimpin TC Timnas Indonesia U16 (sumber: IG @timnas.indonesia)

Kemarin, pelatih Timnas Indonesia U16 Nova Arianto memberikan keterangan sebelum digelarnya even tersebut. Nova menyebut persiapan tim-nya sudah berada di angka 75 persen.

“Ya kami fokus lagi dan terus menjalani pemusatan latihan (TC). Perkembangan dari Timnas Indonesia U-16 ini sudah cukup baik, saat ini tim berada di 75 persen persiapan sebelum maju ke Piala AFF U-16 mulai tanggal 21 Juni,” ujar Nova Arianto.

“Di sisa waktu ini kami akan perbaiki kekurangannya sehingga nanti di saat pertandingan pemain bisa memberikan yang terbaik,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, kata Nova lagi, sejauh ini Timnas Indonesia U16 telah menggelar 7 laga uji coba. Hanya saja, dari 7 laga ini, permainan anak asuhnya belum stabil.

“Evaluasi dari beberapa kali uji coba, sekitar tujuh kali uji coba yang sudah kami lakukan adalah pemain memang belum stabil. Maksudnya di salah satu pertandingan mereka bisa bermain baik, dan di pertandingan lain kurang baik. Itu yang menjadi catatan kami tim pelatih,” ungkapnya.

“Dari tim psikologi juga, secara mental, pemain belum bisa mengatur mentalnya sehingga itu juga yang harus kami perbaiki. Lalu formasi apa yang nanti akan kita pakai dan mantapkan,” pungkasnya.

Even ini sendiri akan digelar pada 21 Juni hingga 4 Juli 2024. Dan untuk venue pertandingan, PSSI telah menyiapkan dua stadion yaitu Manahan dan Sriwedari.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Persiapan Garuda Asia untuk Piala AFF U16 2024 Capai 75 Persen yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

NOBARTV SPESIAL MENU : Streaming BolaNonton FilmVideo GolAplikasi Airdrop KriptoLowongan Kerja Penulis [ Follow Nobartv.co.id di Google NewsWhatsApp Channel ]

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid