Timnas Indonesia

Pelatih Malaysia: Indonesia Akan Jadi Raja ASEAN!



NOBARTV.CO.ID Pelatih Malaysia sanjung Indonesia, Perfroma Timnas Indonesia menjadi perhatian banyak kalangan. Sampai-sampai, pelatih Malaysia asal Korea Selatan Kim Pan-Gon menyebut skuad Garuda akan menjadi raja Asia Tenggara.

Kelolosan Timnas Indonesia ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 masih terus menjadi perbincangan. Bagaimana tidak, kelolosan ke babak ketiga ini merupakan yang pertama kalinya sepanjang sejarah. Hanya dua tim Asia Tenggara yang pernah lolos ke babak tersebut. Dua tim yang dimaksud adalah Timnas Vietnam dan Thailand.

Akan tetapi, pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 kali ini, Indonesia adalah satu-satunya tim asal Asia Tenggara yang mampu lolos ke babak ketiga itu. Dari tujuh tim ASEAN yang bersaing (di ronde kedua), hanya anak asuh Shin Tae-yong lah yang berhasil. Singapura, Malaysia, Filipina, Myanmar, Vietnam, hingga Thailand gagal melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini.

Tak cuma berkesempatan tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia saja, namun Marselino Ferdinan dkk juga dipastikan lolos otomatis ke Piala Asia 2027. Jadi, 18 tim yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini secara otomatis lolos ke ajang Piala Asia tahun 2027. Dan dari sini, kita bisa tahu hanya Timnas Indonesia satu-satunya tim ASEAN yang sudah dipastikan tampil (Piala Asia 2027). Sementara tim-tim Asia Tenggara lainnya, mereka harus menjalani babak kualifikasi terlebih dahulu.

Kelolosan ini pun membuat beberapa kalangan memberikan komentarnya terkait skuad Garuda. Pengamat, pemain, hingga pelatih rival ikut membahasnya. Salah satu pelatih rival yakni Kim Pan-Gon memberikan penilaian menarik untuk Ragnar Oratmangoen dkk. Pelatih Timnas Malaysia itu menyebut skuad Garuda akan menjadi raja Asia Tenggara di masa mendatang. Sebelumnya, ketika menyebut raja Asia Tenggara – yang terpikirkan adalah Timnas Thailand yang terbukti selalu tampil impresif di beberapa pertandingan yang dijalaninya.

Pelatih Malaysia: Indonesia Akan Jadi Raja ASEAN!
Penyelamatan dari Ernando Ari di laga Indonesia vs Filipina (sumber: IG @timnas.indonesia)

“Bagi saya, Indonesia akan menjadi tim besar di sini dalam waktu dekat. Mereka berusaha keras, tetapi kami harus meningkatkan diri untuk menghadapi tantangan itu,” kata Kim Pan Gon dilansir dari Astro Awani.

Sementara itu, dari pengamat asal Indonesia sendiri, Bung Kus menyebut level Timnas Indonesia masih berada di Asia Tenggara. Artinya, skuad Garuda belum layak untuk disebut pesaing untuk wilayah Asia.

“Kita memang lolos [ke fase ketiga kualifikasi] tetapi sejujurnya level kita belum terlalu naik. Masih di level Asia Tenggara, belum di level elite Asia,” kata Kusnaeni.

“Dua kali lawan Irak kita belum bisa berbuat banyak, kalau lawan Asia Tenggara bisa menang. Ini pekerjaan rumah karena lawan yang akan dihadapi di putaran ketiga tim-tim elite Asia,” ucapnya memungkasi.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Pelatih Malaysia: Indonesia Akan Jadi Raja ASEAN! yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

NOBARTV SPESIAL MENU : Streaming BolaNonton FilmVideo GolAplikasi Airdrop KriptoLowongan Kerja Penulis [ Follow Nobartv.co.id di Google NewsWhatsApp Channel ]

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid