Timnas Indonesia

Tanpa Canda seperti Biasa, Skuad Garuda Latihan Serius Jelang Duel dengan Filipina



NOBARTV.CO.ID latihan serius, Suasana berbeda terpancar dari sesi latihan Timnas Indonesia. Jelang duel melawan Filipina, tampak para pemain dan pelatih melakukan latihan dengan serius tanpa canda sedikit pun.

Skuad Garuda dijadwalkan bertanding melawan Filipina di laga pamungkas grup F 2026 esok malam. Laga yang akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta ini akan menentukan nasib Timnas Indonesia di babak kualifikasi tersebut. Kenapa?

Jadi, sampai matchday ke-lima Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F, Timnas Indonesia masih tertahan di posisi kedua. Jumlah poin yang didapatkan Timnas Indonesia adalah 7. Sedangkan di posisi ketiga atau tim terdekatnya yakni Vietnam, skuad berjuluk The Golden Star Warriors itu sudah mengumpulkan 6 poin.

Akan tetapi, jika mereka mampu menang atas Filipina, maka Timnas Indonesia bisa dipastikan lolos ke babak selanjutnya. Hasil tersebut tidak akan berubah walaupun Vietnam menang besar atas Irak.

Sejatinya, peluang untuk lolos lebih cepat bisa saja didapatkan skuad Garuda pada pertandingan melawan Irak sebelumnya. Jadi, sebelum duel dengan Filipina, anak asuh Shin Tae-yong itu terlebih dahulu menjamu Irak di GBK pada tengah pekan kemarin. Tapi sayangnya, di laga kandang melawan Irak, Marselino Ferdinan dkk dikalahkan dengan skor akhir 0-2. Andai bisa menang dari skuad berjuluk Singa Mesopotamia itu, maka pertandingan melawan Filipina tidak akan berpengaruh besar karena mereka sudah dipastikan lolos ke tahap berikutnya.

Baca Juga:  Persiapan Garuda Asia untuk Piala AFF U16 2024 Capai 75 Persen

Tanpa Canda seperti Biasa, Skuad Garuda Latihan Serius Jelang Duel dengan Filipina
Sesi latihan Timnas Indonesia (sumber: IG @timnas.indonesia)

Maka daripada itu, laga melawan Filipina adalah satu-satunya harapan bagi Timnas Indonesia (untuk lolos). Jika kalah pun mereka sebetulnya masih memiliki peluang untuk lolos. Hanya saja, kelolosan itu harus dibarengi dengan kekalahan Vietnam di kandang Irak. Namun demikian, skuad asuhan Shin Tae-yong tidak ingin bergantung pada tim lain. Mereka ingin lolos dengan jerih payahnya sendiri.

Atas dasar itulah, pada sesi latihan kemarin, suasana TC tersebut tak seperti biasanya. Sebelum-sebelumnya, selalu ada canda tawa di antara pemain dan pelatih. Namun jelang duel dengan Filipina, para pemain mengikuti pemusatan latihan dengan serius. Latihan tersebut dilakukan pada Minggu malam kemarin

Dilansir dari CNN Indonesia, Para pemain datang tepat waktu di lokasi latihan pada pukul 18.20 WIB. Sedangkan sang pelatih, Shin Tae Yong menyusul lima menit kemudian

Baca Juga:  Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia: Tidak Ada Grup Mudah untuk Timnas Indonesia

latihan Timnas Indonesia kali ini berjalan lebih serius dari biasanya. Meski di 10 menit awal seluruh pemain sempat bermain-main dengan melakukan rondo atau ‘kucing-kucingan', mereka tak mengulur-ulur waktu ketika STY memanggil seluruh pemain untuk berkumpul di tepi lapangan.

STY pun tidak melakukan keusilan seperti yang dilakukan pada kesempatan latihan sebelumnya ketika menjelang pertandingan melawan Irak. Ia tampak serius mengamati setiap program latihan di tengah lapangan.

Selain itu, masih dari sumber yang sama (CNN Indonesia), Shin Tae-yong juga memantau sesi latihan tiga penjaga gawang Timnas Indonesia. Tiga kiper tersebut adalah Ernando Ari, Nadeo Argawinata, dan Adi Satryo.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid