Timnas Indonesia

PSSI Bongkar Penyebab Maarten Paes Belum Bisa Perkuat Timnas Indonesia



NOBARTV.CO.ID Penyebab Maarten Paes belum debut, Maarten Paes tampil apik bersama klubnya FC Dallas. Sayangnya, pemain yang sedang naik daun ini tak bisa menjalani debutnya dengan pada Juni mendatang. Atas hal tersebut, Exco PSSI Arya Sinulingga membongkar alasan di balik kegagalan debut sang pemain.

Sejatinya, kiper kelahiran Belanda Maarten Paes akan melakukan debutnya dengan Timnas Indonesia pada Juni mendatang. Sebab seperti yang diketahui, pada bulan depan, Timnas Indonesia akan tampil di ajang tersebut dengan menjamu dua tim sekaligus yakni Irak dan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Sayangnya, pengalaman Paes untuk menjalani debutnya dengan Timnas Indonesia sepertinya akan hangus. Ia terpaksa absen karena pada pemanggilan pemain beberapa waktu lalu, nama Paes tak dimasukkan oleh Shin Tae-yong. Dari 2 penjaga gawang dari total 22 pemain yang mendapat panggilan, tidak ada nama eks kiper FC Utrecht ini.

Padahal, jika dilihat ke belakang, Paes sejatinya sudah melakukan sumpah WNI. Namun tidak seperti Jay Idzes, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen yang mendapat debut begitu melakukan sumpah WNI, Maarten Paes justru berbeda. Ada sesuatu “masalah” yang membuat ia batal debut di bulan Juni ini. Padahal, sang pemain sedang dalam performa yang sangat baik bersama klubnya FC Dallas. Beberapa waktu lalu, Paes tampil penuh dan membawa Dallas lolos ke babak 8 besar Piala Terbuka Amerika Serikat. Dan baru saja, Paes kembali dimainkan ketika Dallas bertemu dengan Real Salt Lake dalam lanjutan Major League Soccer.

Baca Juga:  Persiapan Garuda Asia untuk Piala AFF U16 2024 Capai 75 Persen

PSSI Bongkar Penyebab Maarten Paes Belum Bisa Perkuat Timnas Indonesia
Penyelamatan gemilang Maarten Paes (sumber: IG @maartenpaes)

Atas hal tersebut, salah satu anggota Exco PSSI Arya Sinulingga membongkar penyebab sang pemain tak kunjung debut. Lewat akun media sosialnya, pria yang juga menjabat sebagai staf asli Kementrian BUMN itu menjelaskan masalah yang membuat Paes belum bisa tampil dengan negara nenek moyangnya itu.

“Buat yang nanya-nanya mengenai Marteen Paes. Setiap tahapan ada proses, setiap tahapan ada yang harus diperjuangkan. Tidak mudah…tapi usaha terus dilakukan untuk Indonesia, doakan perjuangan kita…semoga berhasil…” tulis Arya di Instagramnya pada Sabtu kemarin

“Nah ini perlu saya sampaikan nih informasi terbaru mengenai Maarten Paes. Jadi gini Maarten Paes ini kemarin dia ini ada pertandingan dia ketika dia sudah usia 22 tahun dan menurut regulasi FIFA itu tidak diperbolehkan lagi pindah negara,” jelasnya lagi.

Baca Juga:  Media Malaysia Soroti Sindiran Justin Hubner kepada Pemain Keturunan

Namun demikian, sambung Arya lagi, PSSI akan berusaha terus menerus agar Paes mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia.

“Tapi, masih ada celah kenapa sampai dia bermain di usia 22 tahun untuk Belanda dan ini sudah kami konfirmasi dengan KNVB Belanda. Jadi ada syaratnya tapi. Kita harus punya hak untuk mengajukan ke CAS namanya, Badan Arbitrasi Olahraga. Jadi dasarnya apa? Maarten Paes harus jadi orang Indonesia. Makanya kemarin Maarten Paes kita masukkan dan menjadi Warga Negara Indonesia,” kata Arya menjelaskan.

“Apalagi Maarten Paes sangat ingin menjadi warga Indonesia dan membela timnas kita. Jadi setelah kita jadikan dia warga negara Indonesia kita punya hak sebagai negara untuk mengajukan ke CAS. Kalau dia enggak WNI, kita enggak punya hak. Makanya di WNI-kan dulu Paes ini. Setelah itu baru kita ke CAS. Semoga nanti celahnya itu kenapa dia di usia 22 masih main di Belanda itu akan kita bawa nanti ke CAS,” tegasnya.

Terakhir, Arya meminta dukungan serta doa kepada segenap pecinta sepak bola Indonesia agar Paes sesegera mungkin menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

“Jadi doakan secepatnya ada proses yang baik sehingga Maarten Paes bisa menjadi pemain timnas kita,” kata Arya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid