Timnas Indonesia

4 Saran Ryan Giggs untuk Marselino Ferdinan, Apa Saja?



NOBARTV.CO.ID Saran Ryan Giggs pada Marselino, Legenda Manchester United Ryan Giggs baru-baru ini mengunjungi Indonesia. Di sela kunjungannya tersebut, Giggs memberikan beberapa sarannya kepada salah satu wonderkid Marselino Ferdinan.

Nama Ryan Giggs tentu dikenal oleh hampir seluruh penikmat sepakbola modern. Mantan pesepakbola yang kini sudah berusia 50 tahun ini tercatat sebagai legenda dari klub papan atas Inggris Manchester United. Tak cuma bersama Manchester United, Giggs juga merupakan mantan punggawa Timnas Wales.

Giggs tercatat sebagai pemain muda Manchester United sejak tahun 1987. Karier profesionalnya ia lanjutkan bersama klub tersebut hingga memutuskan pensiun pada tahun 2014 lalu. Giggs tak pernah membela klub manapun kecuali Manchester United. Oleh karena itu, tak heran jika ia dijadikan sosok legenda oleh suporter Manchester United sendiri.

Baru-baru ini, eks pesepakbola dengan penampilan 632 kali di Liga Premier Inggris ini datang ke Indonesia. Kedatangan Giggs pada akhir pekan lalu dalam rangka menghadiri peluncuran Kartu Kredit Maybank Manchester United yang berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Sabtu (18/05) lalu.

Baca Juga:  Alasan STY Ingin Jumpa Korea Selatan di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dalam sesi wawancara eksklusif, duo pembawa acara Air Ibnu Jamil dan Mario Delano berkesempatan untuk memberikan pertanyaan kepadanya. Salah satunya adalah memperlihatkan sebuah video aksi pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan. Setelahnya, Giggs diberikan kesempatan untuk memberikan pendapatnya terkait sang pemain.

Menurut Giggs, Marselino adalah sosok pesepakbola yang berbakat. Cukup dengan menontonnya (Marselino), Giggs mengaku melihat sosok sang pemain memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi.

4 Saran Ryan Giggs untuk Marselino Ferdinan, Apa Saja?
Marselino Ferdinan ketika bermain untuk Timnas Indonesia (sumber: IG @timnas.indonesia)

“Dia (Marselino) berbakat. Menurut saya dengan menontonnya saja saya melihat dia di antara sombong dan percaya diri,” ucap Giggs dilansir dari Youtube, The United Wave.

“Dia percaya dengan kemampuannya. Dan juga seperti yang saya katakan pada Anda. Ketika Anda melakukan yang terbaik adalah ketika Anda mengekspresikan diri Anda. Dia terlihat menikmatinya dan mengekspresikan dirinya,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  STY Jelang Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia: Bahagia Kalahkan Tim yang Lebih Kuat

Namun demikian, sebagai eks pesepakbola profesional Eropa, Giggs memberikan empat saran kepada Marselino. Pertama, Giggs meminta Marselino untuk terus menerus meningkatkan kemampuannya. Sembari itu, ia berharap sang pemain juga memperhatikan kelemahannya. Kedua, sering-seringlah mencetak gol dan assist. Ketiga, jangan cepat merasa puas dan terkahir – teruslah meningkatkan diri.

“Terus tingkatkan. Perhatikan kelemahan, cetak lebih banyak gol, assist, jangan pernah merasa sudah berhasil, selalu berusaha dan terus tingkatkan diri,” pungkas Giggs.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid