Timnas Indonesia

VFF: Orang Vietnam Tak Ingin Segrup dengan Indonesia di Piala AFF 2024



NOBARTV.CO.ID Masyarakat Vietnam takut ketemu , Kalimat mengejutkan disampaikan oleh Federasi Sepakbola Vietnam alias VFF. Dalam pernyataannya usai dilakukan drawing 2024, masyarakat Vietnam disebut takut tim nasionalnya bertemu dengan Timnas Indonesia.

Drawing Piala Asia 2024 sudah selesai digelar. Dalam drawing yang digelar di Hanoi, Vietnam itu, PSSI mengutus Sumardji dan beberapa asisten Shin Tae-yong untuk menjadi perwakilan Timnas Indonesia. Shin dalam kesempatan tersebut memilih untuk tidak hadir meskipun banyak tim nasional negara lain mengirimkan pelatihnya langsung.

Dan di dalam drawing tersebut, Indonesia dipastikan tergabung dalam grup B bersama Timnas Vietnam, Timnas Filipina, Timnas Myanmar, dan Laos.

Menariknya, salah satu dari empat tim yang akan dihadapinya di fase grup Piala AFF 2024 ini sudah pernah dijumpai Indonesia beberapa waktu lalu. Bahkan, laga tersebut digelar sebanyak tiga kali dalam kurun waktu tiga bulan. Lawan yang dimaksud adalah Vietnam. Tercatat, sejak Januari 2024 sampai Maret 2024, Indonesia dan Vietnam sudah bertemu sebanyak tiga kali. Satu laga di Piala Asia 2023 dan dua pertandingan lainnya di 2026.

Baca Juga:  Pelatih Malaysia: Indonesia Akan Jadi Raja ASEAN!

Oleh karena itu, begitu hasil drawing Piala AFF 2024 diumumkan, sorotan banyak orang tertuju kepada para kontestan terutama Indonesia dan Vietnam. Sorotan ini diberikan karena di tiga pertemuan yang sudah dimainkan beberapa waktu lalu itu, Indonesia selalu menang atas sang lawan. Dan kini, kedua tim – pada tahun ini akan kembali berduel di ajang yang berbeda.

Sementara itu, VFF alias Federasi Sepakbola Vietnam telah memberikan respon terkait hasil drawing ini. Menariknya, salah satu petinggi VFF yakni Tran Anh Tu menyebut banyak masyarakat Vietnam yang tak ingin negaranya bertemu dengan Timnas Indonesia lagi. Keengganan itu kemungkinan besar karena mereka masih merasa kesal usai dipermalukan di tiga pertandingan berturut-turut sebelumnya.

VFF: Orang Vietnam Tak Ingin Segrup dengan Indonesia di Piala AFF 2024
Duel Witan Sulaeman dengan pemain Vietnam
(sumber: IG @timnas.indonesia)

“Secara psikologis, banyak orang yang memang ingin tim Vietnam berbeda grup dengan Timnas Indonesia,” ujar Tran Anh Tu dikutip dari Soha.

Baca Juga:  STY Jelang Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia: Bahagia Kalahkan Tim yang Lebih Kuat

Kendati demikian, Tran Anh Tu menyebut kedua grup A dan B sama saja. Sebab pada dasarnya, mereka sama-sama mengincar untuk lolos ke babak semifinal.

“Bagi saya kedua grup sebenarnya sama saja. Entah kita satu grup Indonesia atau tidak, yang terpenting tetap mencapai tujuan, yakni lolos semifinal,” ucapnya menambahkan.

Sedangkan bagi dirinya sendiri, Wakil Prediksi VFF itu menyebut duel melawan Indonesia cukup menguntungkan bagi timnya. Pasalnya, laga di fase grup Piala AFF 2024 antara Indonesia vs Vietnam dipastikan digelar di My Dinh Internasional Stadium. My Dinh Internasional Stadium sendiri merupakan markas Timnas Vietnam.

“Dengan hasil ini, tim Vietnam akan bermain di kandang sendiri melawan Indonesia, yang merupakan suatu keuntungan. Kami berambisi melaju sejauh mungkin, namun kami harus perlahan, pertama mencapai semifinal, kemudian berjuang bersaing di babak final,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid