Timnas Indonesia

Pelatih Irak Dikritik Gara-gara Panggil Pemain Minim Jam Terbang Jelang Duel dengan Indonesia



NOBARTV.CO.ID Pelatih Irak jadi sasaran kritik, Pelatih Irak Jesus Casas menjadi sasaran kritik usai melakukan pemanggilan pemain yang akan tampil di dua laga sisa 2026. Pasalnya, Jesus memanggil kiper minim pengalaman jelang duel Irak vs Indonesia dan Vietnam.

Dua laga terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan segera digelar. Beberapa tim yang tampil di ajang tersebut – termasuk Indonesia juga akan memainkan dua laga. Untuk skuad Garuda, anak asuh Shin Tae-yong itu akan berhadapan dengan Irak dan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Dari dua laga ini, hanya membutuhkan satu kemenangan saja untuk bisa melaju ke ronde berikutnya. Hal ini dikarenakan skuad Garuda sudah mengemas 7 poin dari empat pertandingan yang sudah dimainkannya. Dengan 7 poin tersebut, mereka bertengger di peringkat kedua. Sedangkan di posisi ketiga, Vietnam menguntit dengan torehan tiga poin. Oleh karena itu, cukup dengan tiga poin tambahan lagi, maka posisi Timnas Indonesia dipastikan aman sehingga mereka berhak untuk melaju ke babak selanjutnya.

Baca Juga:  Daftar Peringkat FIFA Peserta Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Indonesia Terendah Kedua!

Maka daripada itu, jelang duel melawan Irak dan Filipina ini digelar, Shin beberapa waktu lalu telah memanggil 22 pemainnya. Seluruh pemain naturalisasi yang diproses di masa ia menjadi pelatih skuad Garuda diboyong semuanya. Ivar Jenner, Rafael Struick, Shayne Pattynama, hingga Ragnar Oratmangoen dipanggil oleh pria berkebangsaan Korea Selatan itu.

Pelatih Irak Dikritik Gara-gara Panggil Pemain Minim Jam Terbang Jelang Duel dengan Indonesia
26 pemain Irak untuk laga kontra Indonesia dan Vietnam (sumber: IG @iraq.ifa)

Sedangkan dari kubu Irak, sang pelatih Jesus Casas pada hari kemarin juga resmi memanggil 26 pemain untuk laga kontra Indonesia dan Vietnam. Namun sayangnya, Jesus menjadi sasaran kritik publik sepak bola Irak lantaran memanggil satu nama yang tidak familiar. Adalah Kamil Saad, terpanggilnya nama penjaga gawang Irak ini menimbulkan kontra dari beberapa pengamat sepak bola Irak karena dipanggil oleh Casas. Pasalnya, Kamil Saad tidak memiliki jam terbang tinggi bersama klub yang dibelanya. Namun anehnya, Casas justru memanggilnya jelang dua laga penting di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini.

Baca Juga:  STY: Saya Bergetar Ditonton dan Dipanggil 80 Ribu Suporter Indonesia

“Kamil Saad, proses pemanggilannya mendapat tanda tanya besar karena minimnya partisipasi di Liga Irak,” kata Imad Hashem selaku pelatih di salah satu klub Irak.

“[Berbeda] dengan penjaga gawang Al Zawraa dan timnas Irak, Jalal Hassan, yang merupakan penjaga gawang pengalaman di antara kiper Irak lainnya dan dia tampil baik dengan klubnya,” ucapnya menambahkan.

“Saya percaya bahwa penjaga gawang Al Karkh dan timnas Irak U-23 Hussein Hassan menunjukkan level yang baik di Kualifikasi Asia [] untuk Olimpiade Paris,” kata Imad Hashem lagi.

Dibanding Kamil Saad, Imad Hashem justru berharap Ali Kazem yang mendapat panggilan ke Timnas Irak. Menurutnya, Ali Kazem tampil baik bersama klubnya Zakho. Di bawah mistar, Ali Khazem menjadi kiper yang paling jarang kebobolan di ajang Liga Premier Irak.

“Penjaga gawang Zakho Ali Kazem juga pantas untuk dipanggil dan dia layak tampil melihat upaya besar yang dia lakukan bersama timnya Zakho di Stars League. Dia adalah penjaga gawang Irak paling sedikit kebobolan di liga,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid