Timnas Indonesia

Exco PSSI Jelaskan Alasan Lawan Tanzania di Laga Uji Coba

TOPIK BERITA :


NOBARTV.CO.ID Alasan uji coba kontra Tanzania, Exco PSSI Sumardji memberikan alasan di balik rencana uji coba Indonesia vs Tanzania.

Seperti diketahui, skuad akan bertemu dengan Irak dan Filipina dalam laga 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Dalam dua laga ini, Ivar Jenner dkk akan bertindak sebagai tuan rumah. Mereka dijadwalkan menjamu sang lawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Sebelum bertemu dengan dua tim tersebut, Indonesia dijadwalkan akan memainkan satu pertandingan uji coba. Lawan yang akan dihadapi yaitu Tanzania. Tidak seperti laga melawan Irak dan Filipina, duel melawan tim asal Afrika ini akan digelar di Stadion Madya Senayan. Lewat uji coba melawan Tanzania, permainan Timnas Indonesia diharapkan jadi lebih matang sebelum melakoni dua laga penting tersebut.

Kemarin, salah satu anggota Exco PSSI sekaligus Ketua BTN (Badan Tim Nasional) Sumardji memberikan alasannya memilih Tanzania sebagai lawan uji coba. Katanya, laga uji coba ini merupakan permintaan khusus dari sang pelatih Shin Tae-yong. Shin ingin anak asuhnya mendapat satu pertandingan sebelum melawan Irak dan Filipina. Namun Shin juga tidak memberikan permintaan khusus terkait calon sang lawan.

Baca Juga:  Pelatih Malaysia: Indonesia Akan Jadi Raja ASEAN!

Atas dasar itu, PSSI berinsiatif untuk mencarikan lawan tanding bagi Marselino Ferdinan dkk. Awalnya, pilihan PSSI mengerucut ke dalam tiga tim yaitu India, Selandia Baru, dan Tanzania. Dan dari sini, PSSI mengambil pilihan Tanzania sebagai lawan Timnas Indonesia. Hal itu didasari dari keterbatasan waktu dan Federasi Tanzania lah yang paling awal memberikan respons untuk bersedia meladeni Pratama Arhan dkk.

Exco PSSI Jelaskan Alasan Lawan Tanzania di Laga Uji Coba
Line-Up pemain Tanzania dalam sebuah pertandingan uji coba beberapa waktu lalu (sumber: IG @tanfootball)

“Ya, kami sesuai permintaan Coach Shin sebelum tanggal 6 dan 11 Mei, itu ada uji coba. Akhirnya BTN carikan lawan tanding,” kata Sumardji.

“Sebenarnya ada tiga, yakni New Zealand, India, Tanzania,” tambah pria berkacamata tersebut.

“Nah, dari tiga itu yang memungkinkan dan sudah mendapatkan jawaban itu lebih cepat Tanzania. Akhirnya kami ambil itu,” pungkas Sumardji.

Baca Juga:  Media Malaysia Soroti Sindiran Justin Hubner kepada Pemain Keturunan

Laga melawan Tanzania sendiri akan digelar tepat pada Minggu 2 Juni 2024 pada pukul 19.00 WIB. Sedangkan untuk dua pertandingan kontra Irak dan Filipina, masing-masing akan digelar pada 6 Juni dan 11 Juni 2024. Dan untuk tiga pertandingan tersebut, Shin sudah memanggil 22 pemain terbaiknya untuk ikut serta.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid