Timnas Indonesia

5 Pemain Langganan yang Absen di Laga kontra Irak dan Filipina



NOBARTV.CO.ID 5 pemain langganan absen di laga kontra Irak – Filipina, akan berhadapan dengan Irak dan Filipina pada bulan Juni mendatang. Duel tersebut tersaji dalam ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F.

Dua laga lagi akan dimainkan Ivar Jenner dkk dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua. Bila mereka mampu bermain imbang satu kali saja di laga tersebut, Timnas Indonesia dipastikan melangkah ke babak ketiga. Kenapa?

Jadi, sampai saat ini, Timnas Indonesia sudah memainkan empat pertandingan dalam ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia. Dari empat pertandingan tersebut, skuad Garuda total telah mengumpulkan 7 poin berkat dua kali kemenangan dan satu kali bermain imbang. Torehan positif tersebut membuat Indonesia kini bertengger di peringkat kedua di bawah Irak.

Adapun Timnas Vietnam, skuad berjuluk The Golden Star Warriors itu menjadi tim yang berada tepat di bawh Indonesia. Vietnam berada di posisi ke-tiga dengan catatan poin cuma 3.

Baca Juga:  Daftar Peringkat FIFA Peserta Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Indonesia Terendah Kedua!

Oleh karena itu, jarak poin yang cukup jauh antara Indonesia dan Vietnam ini membuat Marselino Ferdinan dkk lebih diunggulkan untuk lolos ke putaran berikutnya. Apabila di laga berikutnya Timnas Indonesia mampu meraih satu kemenangan, maka poin mereka menjadi 10. Dan bahkan jika Vietnam dalam dua pertandingan sisanya selalu menang, maka poin yang akan didapatkannya menjadi 9.

Jumlah poin tersebut (jika Vietnam selalu menang), tidak akan bisa menggeser posisi skuad Garuda. Oleh karena itu, Indonesia menjadi tim di grup F paling berpeluang untuk lolos ke putaran berikutnya setelah Irak. Terlebih, pada dua laga bulan Juni mendatang, skuad Garuda akan bertindak sebagai tuan rumah.

Kemarin, jelang dua laga tersebut digelar, Shin sudah memanggil 22 pemain terbaiknya. Seluruh pemain naturalisasi yang diproses di zaman dirinya menjadi pelatih Timnas Indonesia diboyong ke dalam skuad. Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Jordi Amat, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, hingga Nathan Tjoe-A-On tak luput dari pemanggilan.

Baca Juga:  Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia: Tidak Ada Grup Mudah untuk Timnas Indonesia

5 Pemain Langganan yang Absen di Laga kontra Irak dan Filipina
Elkan Baggott di sesi warming up Timnas Indonesia (sumber: IG @elkanbaggott)

Tapi menariknya, dari sekian banyak pemain yang mendapat panggilan itu, Shin mengabaikan lima pemain langganan yang sebelumnya kerap mendapat panggilan. Terdapat beberapa alasan berbeda di balik absennya mereka. Lima pemain tersebut adalah Hokky Caraka, Marc Anthony Klok, Elkan Baggott, Witan Sulaeman, dan Ramadhan Sananta.

Untuk Hokky dan Sananta, absennya kedua pemain ini kemungkinan besar karena kalah bersaing dengan Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick. Adapun Elkan Baggott, pemain Ipswich Town ini diperkirakan sedang mendapat hukuman dari Shin Tae-yong akibat perbuatan sebelumnya (tidak memenuhi panggilan ke play off Olimpiade Paris). Sedangkan Klok, sang gelandang sedang disibukkan dengan play off Liga 1 yang saat ini sudah memasuki leg pertama babak semifinal. Dan Witan, eks pemain Lechia Gdansk ini absen karena dirinya sedang mempersiapkan diri jelang berangkat ke tanah suci Mekkah.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid