Timnas Indonesia

Como Jelaskan Alasan Tak Ingin Rekrut Thom Haye

TOPIK BERITA :


NOBARTV.CO.ID Como bantah dekati Thom Haye, Klub Italia yang baru saja promosi ke Serie-A Como 1907 membantah jika klub sedang mendekati Thom Haye. Sebelumnya, Haye dirumorkan akan hijrah ke klub yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh orang Indonesia itu.

Seperti yang diketahui, Como dan Parma adalah dua dari tiga klub Serie-B yang dipastikan akan tampil di Serie-A Italia musim 2024-2025 mendatang. Kepastian itu didapatkan usai Parma menjadi kampiun Serie-B musim 2023-2024 sedangkan Como berstatus sebagai runner-up. Sedangkan satu tiket lainnya menuju Serie-A akan diperebutkan oleh beberapa klub yang bertengger di bawah Parma dan Como.

Saham mayoritas Como sendiri saat ini dimiliki oleh grup Djarum kepunyaan orang Indonesia, Hartono. Oleh karena itu, begitu klub tersebut dipastikan promosi ke Serie-A, tersebarlah berbagai rumor terkait pemain-pemain yang akan direkrut Como di mendatang. Dalam hal ini, beberapa punggawa disebut-sebut oleh netizen akan menjadi rekrutan baru. Dugaan itu tak lepas dari kepemilikan Como sehingga membuat banyak orang beranggapan kalau pemain asal Indonesia akan mudah diterima di sana.

Baca Juga:  4 Saran Ryan Giggs untuk Marselino Ferdinan, Apa Saja?

Dan kebetulan, salah satu pemain Timnas Indonesia Thom Haye baru-baru ini resmi berpisah dengan klubnya SC Heerenveen. Haye sudah berada di Heerenveen selama 2,5 tahun. Dan di akhir musim 2023-2024 ini, Haye dipastikan tidak akan memperkuat tim Eredivisie itu. Atas dasar itu, Haye turut dirumorkan akan menjadi pemain rekrutan baru Como. Dengan pengalamannya bermain di kompetisi elit Eropa, maka wajar jika Haye digadang-gadang akan menjadi pemain anyar dari klub promosi tersebut.

Como Jelaskan Alasan Tak Ingin Rekrut Thom Haye
Thom Haye ketika beraksi dengan SC Heerenveen
(sumber: IG @thomhaye)

Tapi ternyata, pihak Como memberikan bantahan. Perwakilan Como 1907, Mirwan Suwarso dengan tegas menyebut pihaknya tidak terbesit sedikitpun untuk mendatangkan punggawa Timnas Indonesia itu. Mirwan menegaskan kata “tidak mungkin” untuk mendatangkan Haye. Sebab menurutnya, Haye tidak memenuhi standar untuk bermain di Serie-A bersama Como. Kalau pun Haye pada akhirnya bergabung, maka Mirwan memprediksi sang gelandang akan menjadi pelapis ketiga.

Baca Juga:  Ramadhan Sananta Bongkar Drama Adu Penalti Indonesia vs Korea Selatan, Apa Katanya?

“Tidak mungkin (rekrut Thom Haye). Kami sudah melihat dia dan tidak memenuhi standar untuk mengangkat [tim]. Jadi pelapis mungkin bisa, tapi pelapis ketiga,” kata Mirwan Suwarso.

“Kami pernah melihat Thom Haye karena cocok di Serie B. Tapi untuk ke Serie A belum tentu, jadi kami belum berani. Venezia juga akan melakukan hal serupa jika lolos ke Serie A tentu mencari pemain baru juga. Kalau tidak mereka bisa turun lagi ke Serie B,” ujarnya menambahkan.

“Tapi kami masih kekurangan pemain nomor 8 dan 10 yang harus dinamis serta agresif. Sedangkan Thom sendiri bukan tipe seperti itu karena kami butuh permainan pressing. Thom tipe pemain quarterback dengan umpan akurat dari belakang, bukan tipe pemain pressing. Jadi secara sistem tidak sesuai dengan permainan kami,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid