Timnas Indonesia

Respons STY usai Gagal ke Olimpiade Paris: Ada Kesempatan ke Piala Dunia!



NOBARTV.CO.ID Respons STY usai gagal ke Olimpiade, Shin Tae-yong akhirnya memberikan respons terkait kegagalan tim-nya melaju ke Olimpiade Paris 2024. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu merespons dengan memberikan keyakinan untuk meloloskan skuad Garuda ke even yang jauh lebih tinggi.

U23 sudah tidak mempunyai harapan untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. Tiga opsi yang dimiliki Ivar Jenner dkk untuk lolos ke even tersebut tertutup semua.

Opsi pertama adalah lolos ke partai final Piala Asia U23 2024. Pada ajang tersebut, langkah skuad Garuda sudah berada di babak semifinal. Sayangnya, dalam partai penting melawan Uzbekistan, mereka menelan kekalahan dengan skor akhir 2-0.

Begitupun ketika mereka memiliki peluang pada opsi kedua. Di laga melawan Irak dalam perebutan tempat ketiga, mereka lagi-lagi menelan kekalahan dengan skor akhir 2-1. Andaikata menang atas Irak, maka skuad Garuda dipastikan melaju ke putaran final Olimpiade Paris 2024. Akan tetapi, dikarenakan mereka kalah atas tim asal timur tengah itu, maka mereka harus menjalani partai play off yang juga bisa disebut sebagai opsi ketiga.

Baca Juga:  Tujuh Pemain Keturunan Diboyong Indra ke Turnamen Toulon Prancis

Pada opsi ketiga melawan Guinea di play off, skuad Garuda tak berdaya. Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, mereka lagi-lagi menelan Kekalahan. Gol tunggal dari Ilaix Moriba ke gawang Ernando Ari di laga itu memupus harapan Indonesia ke ajang multi even Olimpiade Paris 2024.

Respons STY usai Gagal ke Olimpiade Paris: Ada Kesempatan ke Piala Dunia!
Komang Teguh merayakan gol ke gawang Australia U-23 (sumber: IG @afcasiancup)

Kini, usai kegagalan melangkah ke Olimpiade Paris itu, para pemain sudah kembali ke tanah air. Begitupun dengan sang pelatih Shin Tae-yong. Setibanya di tanah air, Shin memberikan angin segar kepada seluruh suporter Timnas Indonesia. Setelah gagal ke Olimpiade, Shin memberikan harapan untuk membawa skuad Garuda ke even yang lebih tinggi. Even yang dimaksud adalah Piala Dunia 2026.

Saat ini, skuad Garuda sedang menjalani laga 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Anak asuh Shin Tae-yong itu menyisakan dua pertandingan lagi dalam babak kualifikasi tersebut dengan melawan Timnas Irak dan Filipina yang dijadwalkan akan dimainkan bulan Juni mendatang. Bila mereka mampu memenangkan satu pertandingan saja, maka bisa dipastikan skuad Garuda melaju ke putaran ketiga.

Baca Juga:  Respons Venezia usai Jay Idzes Dipanggil Lagi ke Timnas Indonesia

“Sayang sekali pada akhirnya kami gagal melangkah ke Olimpiade. Saya, masyarakat Indonesia, pendukung timnas, dan juga para pemain, lalu PSSI dan Pak Erick Thohir semuanya pasti sangat kecewa,” kata Shin Tae-yong.

“Tapi kami tidak akan berhenti. Selanjutnya ada kesempatan ke Piala Dunia. Saya akan menyiapkan tim sebaik mungkin untuk pertandingan selanjutnya agar kita bisa lolos ke babak ketiga saya akan mengusahakannya,” pungkas sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid