Timnas Indonesia

Tiga Agenda STY bersama Timnas Indonesia usai Gagal ke Olimpiade Paris 2024



NOBARTV.CO.ID 3 agenda baru STY, Shin Tae-yong memiliki tiga agenda sisa selama tahun 2024 ini. Apa saja itu?

Tiga even penting tahun 2024 yang dipegang Shin Tae-yong sudah selesai digelar. Pertama, Shin membesut di even akbar Piala Asia 2023 pada Januari lalu. Di ajang ini, Shin bersama Timnas Indonesia sukses membuat sejarah dengan finis di babak 16 besar.

Even kedua yaitu 2026 zona Asia ronde kedua grup F pada Maret lalu. Dalam dua pertandingan melawan Vietnam, Justin Hubner dkk sukses mengalahkan sang lawan sebanyak dua kali. Di Gelora Bung Karno, skuad Garuda menang dengan skor tipis 1-0. Sedangkan di My Dinh Internasional Stadium, Indonesia menggulung tuan rumah tiga gol tanpa balas.

Even ketiga yang dibesut Shin Tae-yong adalah Piala Asia U23 2024. Di ajang ini, sama seperti even seniornya (Piala Asia 2023), Shin juga berhasil menorehkan sejarah bersama Garuda muda. Dalam debutnya di ajang tersebut, Marselino Ferdinan dkk berhasil membuat sejarah dengan lolos hingga babak semifinal. Di fase grup, Garuda muda mengalahkan Australia 1-0 dan membantai Yordania 4-1. Adapun di babak perempatfinal, Rafael Struick cs mengalahkan tim kuat Korea Selatan lewat babak adu penalti. Sayangnya, di laga semifinal dan perebutan tempat ketiga, Garuda muda selalu menelan kekalahan masing-masing atas Uzbekistan 2-0 dan Irak 2-1. Even ini diikuti dengan laga play off Olimpiade Paris melawan Guinea yang berakhir tragis. Dalam laga play off ini, Indonesia lagi-lagi dikalahkan dengan skor tipis 1-0.

Baca Juga:  Baru Latihan Perdana, 2 Pemain Timnas Indonesia Langsung Cedera

Tiga Agenda STY bersama Timnas Indonesia usai Gagal ke Olimpiade Paris 2024
Potret trio punggawa Timnas Indonesia di Piala Asia U23 2024 (sumber: IG @timnas.indonesia)

Usai sederet agenda penting tersebut, Shin dan Timnas Indonesia menyisakan tiga even di tahun 2024 ini. Even tersebut masing-masing akan digelar pada bulan Juni dan berlanjut pada bulan September jika mereka lolos dari putaran kedua yang digelar pada bulan Juni tersebut. Terakhir, even yang akan diikuti Timnas Indonesia pada tahun ini adalah 2024 pada November hingga Desember mendatang.

Berikut tiga agenda Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia:

Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

  1. Timnas Indonesia vs Irak, 6 Juni 2024
  2. Timnas Indonesia vs Filipina, 11 Juni 2024

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

(Apabila Lolos)

  1. 5 September hingga 19 November 2024 (Enam dari 10 pertandingan)
Baca Juga:  Ditanya Perihal Indonesia Tak Pernah Menang dari Irak, STY Malah Semprot Wasit, Apa Katanya?

ASEAN Championship atau Piala AFF 2024

  1. 23 November hingga 21 Desember 2024

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid