Timnas Indonesia

Presiden FIFA Puji Indonesia usai Kalah dari Guinea



NOBARTV.CO.ID Presiden FIFA puji Indonesia, Kesempatan terakhir untuk bermain di Olimpiade Paris 2024 tertutup sudah. Tadi malam, mereka takluk dari Guinea di laga play off yang disaksikan langsung oleh Erick Thohir hingga petinggi FIFA seperti Gianni Infantino. Pasca pertandingan, Infantino secara khusus memberikan pujiannya kepada Timnas Indonesia.

Seperti yang diketahui, tadi malam (waktu Indonesia), telah digelar laga play off Olimpiade Paris 2024. Laga play off ini mempertemukan Timnas Indonesia selaku peringkat keempat Piala Asia U23 2024 dan Guinea yang berstatus peringkat empat U23 2024.

Dalam pertandingan tersebut, skuad Garuda dipaksa menyerah lewat gol tunggal eks pemain Barcelona Ilaix Moriba lewat titik putih. Guinea di pertengahan babak pertama mendapat hadiah penalti usai salah satu pemainnya dijatuhkan oleh sang kapten Witan Sulaeman. Tanpa kesulitan, Moriba berhasil membobol gawang Ernando Ari.

Pada babak kedua, Guinea U23 sejatinya mempunyai kesempatan untuk menggandakan keunggulan. Lewat cara yang sama (penalti), anak asuh Kaba Diawara itu mendapat kesempatan emas. Sayangnya, hadiah kedua yang diberikan wasit gagal berbuah gol. Hingga pertandingan berakhir, Guinea tetap unggul 1-0 sehingga membuat tim asal Afrika itu dipastikan bermain di ajang multi even tersebut. Di Olimpiade Paris 2024, skuad Guinea U23 tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

Baca Juga:  PSSI Bongkar Penyebab Maarten Paes Belum Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Presiden FIFA Puji Indonesia usai Kalah dari Guinea
Line-up Timnas Indonesia di laga kontra Guinea U23 (sumber: IG @timnas.indonesia)

Sedangkan Timnas Indonesia U23, anak asuh Shin Tae-yong itu dipastikan gagal dan secepat mungkin kembali ke Indonesia sekaligus dibubarkan. Terdekat, Shin Tae-yong akan kembali membesut Timnas Indonesia di 2026 zona Asia pada Juni mendatang. Sebagian besar pemain yang akan tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut merupakan skuad yang dibawanya di Piala Asia U23 kemarin dan play off Olimpiade Paris ini.

Sementara itu, Erick Thohir dan Gianni Infantino yang hadir pada pertandingan tadi malam sama-sama memberikan keterangan masing-masing. Erick mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa melupakan kekalahan tersebut dan kini menatap target untuk bisa tampil di tahun 2027. Ya, pada tahun 2027 mendatang, akan diadakan ajang Olimpiade untuk edisi berikutnya.

Baca Juga:  Bakal Ikuti Turnamen Toulon Prancis, Berikut Daftar Pemain yang Dibawa Indra Sjafri

“Kita memang belum berhasil menginjak Olimpiade kali ini. Namun perjalanan panjang dan pencapaian yang ditorehkan para pemain, pelatih, dan ofisial timnas sejak Piala Asia, hingga play-off menunjukkan sepakbola kita punya kualitas untuk tampil di Olimpiade,” kata Erick Thohir.

“Saya salut, dan kita targetkan Olimpiade berikutnya. Terima kasih untuk perjuangan kalian,” lanjutnya.

Sedangkan Infantino, orang nomor satu di FIFA ini juga memberikan pujiannya kepada Timnas Indonesia.

“Saya menyaksikan mereka bermain di Clairefontaine, Paris hari ini dan dapat dikatakan bahwa tim tersebut melewatkan kualifikasi bersejarah untuk Olimpiade dengan selisih yang sangat tipis,” ujarnya.

“Terima kasih kepada semua orang di PSSI yang dipimpin oleh Erick Thohir, atas kerja luar biasa yang telah dilakukan sejauh ini dan FIFA akan terus mendukung Anda di jalur ini,” tutup Infantino.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid