Liverpool Juara Lewat Drama Adu Penalti
Juara Lewat Drama Adu Penalti

NOBARTV NEWS – Pertandingan antara dalam gelaran Final Piala FA 2021-2022 berlangsung di Wembley Stadium, pada Sabtu (14/5/2022) malam WIB. Duel 120 menit di Wembley Stadium berakhir dengan skor kaca mata 0-0. Pertandingan di lanjutkan ke babak adu penalti.

The Reds akhirnya memenangi laga dengan skor 6-5. Dengan hasil tersebut Liverpool kembali menambah pundi gelar musim ini yaitu Piala FA, selain itu sejauh ini mereka masih berpeluang meraih dua titel lagi, yakni titel dan Liga Champions.

Dalam laga kedua tim bermain cukup seimbang, ada begitu banyak peluang yang berhasil tercipta. Namun sayang kokohnya lini pertahanan yang di peragakan kedua tim membuat laga harus berakhir dengan drama adu penalti, berikut kilasan berita jalannya pertandingan antara Chelsea vs Liverpool.

Babak Pertama Chelsea vs Liverpool

Laga baru berjalan, Liverpool langsung menunjukan dominasinya dengan menguasai bola sejak menit pertama. Sejumlah peluang mereka dapatkan, namun para punggawa The Reds belum bisa menyelesaikannya dengan sempurna.

Tepat di menit kesembilan, pasukan Jurgen nyaris unggul. Menerima umpan dari Trent Alexander-Arnold, Luis Diaz melepaskan tembakan. Namun, serangannya ditepis kiper Chelsea, Edouard Mendy.

Dominasi Liverpool terus berlanjut, itu terlihat dengan persentase penguasaan bola mencapai 67% di menit ke-15. Tercatat Livepool hanya sesekali membiarkan Chelsea melakukan serangan balik.

Hingga menit ke-20, serangan-serangan Liverpool tak kunjung berbuah gol, Chelsea jadi punya kesempatan bangkit. The Blues mulai melawan dengan beberapa serangan balik berbahaya.

Pada menit ke-23, Christian Pulisic melepaskan tendangan. Hanya saja, sepakannya hanya bisa melebar ke sisi gawang Liverpool.

Petaka bagi Liverpool kemudian datang pada menit ke-33. Mohamed mengalami cedera dan tak bisa melanjutkan pertandingan. Dia pun digantikan oleh Diogo Jota.

Di sisa laga paruh pertama, Chelsea nampak lebih mengusai permainan. Memasuki lima menit terakhir babak pertama, serangan Chelsea lebih mengancam. Namun, upaya mereka masih gagal dimaksimalkan, alhasil kedudukan berakhir tanpa gol, 0-0 di paruh pertama.

Babak Kedua Chelsea vs Liverpool

Memasuki paruh kedua, Chelsea terlihat mengambil alih permainan, mereka tampil lebih percaya diri di babak kedua. 10 menit pertama, The Blues beberapa kali mengancam lewat beberapa peluang, namun tak satupun dapat di konversi menjadi gol.

Menit ke-47, Pulisic bergerak menusuk dan memberikan umpan kepada Romelu . Walau demikian, sepakan Lukaku masih belum menemui sasaran.

Terus tertekan membuat Liverpool berusaha untuk bangkit. Pada menit ke-52, Diaz kembali mengancam dengan tembakan mendatarnya. Namun, upayanya masih melebar.

Upaya menyerang Chelsea tidak bertahan lama. Liverpool kembali meningkatkan tempo serangan untuk mengurung tim lawan. Mereka lalu nyaris unggul pada menit ke-60. Diogo Jota melepaskan tendangan, tetapi serangannya masih melebar.

Chelsea kemudian berganti menyerang pada menit ke-68. Menerima umpan dari Reece James, Pulisic berada di depan gawang Liverpool. Hanya saja, sekali,lagi sepakannya melebar.

Memasuki pertengahan paruh kedua, Liverpool mencoba menekan. Pada menit ke-68, peluang didapat oleh Diaz. Sayang, sontekannya melebar.

Menit ke-83, Liverpool mendapatkan peluang emasnya. Berawal dari umpan , Diaz menembak bola di sisi kanan, sayangnya masih membentur tiang dekat.

Jual-beli serangan antara kedua tim terus berlangsung, tapi pertahanan keduanya terbukti masih sangat tangguh. Tidak ada gol setelah 90 menit berlalu. Pertandingan pun dilanjutkan ke extra time.

Babak Tambahan Waktu Chelsea vs Liverpool

Pertarungan sengit kedua tim berlanjut ke babak babak tambahan waktu. Nampak sebagian pemain mulai kelelahan, tempo permainan sedikit menurun. Chelsea lebih agresif di babak tambahan, namun lini pertahanan Liverpool masih cukup tangguh untuk menepis serangan.

Tercatat tidak banyak peluang tercipta di 15 menit pertama. Chelsea mendapatkan momentum, tapi tidak bisa memanfaatkannya untuk menciptakan peluang matang. 15 menit kedua berjalan relatif datar. Kedua tim tidak benar-benar menyerang dengan tempo tinggi. Kelelahan mulai jadi faktor penentu.

Luis Diaz yang menjadi motor serangan Liverpool kemudian ditarik keluar pada menit ke-98. Dia digantikan oleh Roberto Firmino yang diharapkan dapat menggedor pertahanan Chelsea.

Liverpool mencoba menyerang, namun pertahanan Chelsea yang begitu kokoh membuat mereka sulit ditembus. Keadaan tersebut pun membuat babak tambahan waktu pertama berakhir imbang.

Saat babak tambahan waktu kedua dimulai, Liverpool berupaya memberikan tekanan. Namun, sejumlah serangan yang mereka berikan dapat diatasi oleh bek Chelsea dengan baik.

Tempo pertandingan kemudian berjalan lebih lambat. Hal tersebut membuat bola tertahan di tengah lapangan dan tidak ada gol tercipta. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Babak Adu Penalti Chelsea vs Liverpool

Adu Penalti dimuali, Chelsea menjadi penendang pertama. Marcos Alonso, Reece James, Ross Barkley dan berhasil melaksanakan tugasnya. Namun, sepakan gagal menuju sasaran.

Begitu juga dengan penendang Liverpool, James Milner, Thiago Alcantara, Roberto Firmino, dan Trent Alexander-Arnold berhasil melakukan tugasnya. Namun, sepakan diamankan oleh Mendy.

Eksekusi Chelsea kemudian dilanjutkan oleh Hakim Ziyech. Sementara eksekutor Liverpool, Diogo Jota juga berhasil membuat gol. Tendangan Mason Mount lalu meleset, sedangkan Tsimikas sukses mencetak gol dan memastikan kemenangan untuk Liverpool.

Susunan Pemain Chelsea vs Liverpool

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy; Antonio Rudiger, Thiago Silva, Trevoh Chalobah (106′ Cesar Azpilicueta); Reece James, Jorginho, Mateo Kovacic (66′ N’Golo Kante), Marcos Alonso; Mason Mount, Christian Pulisic (106′ Ruben Loftus-Cheek; 119′ Ross Barkley); Romelu Lukaku (85′ Hakim Ziyech).

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk (91′ Joel Matip), Ibrahima Konate, Andrew Robertson (111′ Konstantinos Tsimikas); Jordan Henderson, Thiago, Naby Keita (74′ James Milner); Mohamed Salah (33′ Diogo Jota), Sadio Mane, Luis Diaz (98′ Roberto Firmino).