Simulasi Superkomputer Jagokan Timnas Prancis Jadi Juara Piala Dunia 2022
Simulasi Superkomputer Jagokan Timnas Jadi

NOBARTV NEWS – Putaran final Piala Dunia 2022 sudah di depan mata, sebanyak 32 tim akan mewakili negara masing-masing untuk berlaga di Qatar pada November nanti guna menentukan siapa yang terbaik di ajang paling prestisius dalam dunia sepakbola ini.

Jelang gelaran Piala Dunia biasanya ramai bermunculan prediksi dari para pemerhati, pakar, legenda serta pemain sepakbola aktif siapa yang paling di jagokan untuk mengunci titel ini.

Namun seiring berkembangnya dunia teknologi, ada saja pihak yang memanfaatkannya untuk melakukan simulasi berkaitan dengan peluang dari pemenangan Piala Dunia tahun 2022 ini.

Superkomputer Mini lakukan prediksi

Dikabarkan sebuah superkomputer dalam satu website olahraga, The Analyst, telah memprediksi pemenang Piala Dunia 2022. Komputer ini memprediksi berdasarkan analisis data dari timnas yang akan berlaga di Piala Dunia 2022.

Data-data tersebut diambil dari seberapa jauh kesiapan tim tersebut, yang tergabung di dalamnya, siapa lawan mereka serta simulasi jalur pertandingan yang akan di lalui oleh timnas terkait, hasilnya pun sudah di temukan.

Menurut Sportbible, superkomputer itu memprediksi sang juara bertahan, Prancis, yang akan memenangkan Piala Dunia 2022. Ini artinya Les Blues akan menjadi negara ketiga dalam sejarah yang berhasil mempertahankan trofi tersebut.

”Menurut analisis, Prancis memiliki kedalaman skuad yang sangat bagus di setiap posisi. Itu akan membantu mereka di Piala Dunia,” tulis laporan Sportbible.

Lakukan Simulasi sebanyak 1000 kali

Superkomputer itu telah mensimulasikan Piala Dunia 2022 sebanyak 1000 kali. Hasilnya, prediksi Timnas Prancis keluar sebagai pemenang karena memiliki persentase probabilitas paling tinggi.

Superkomputer itu memberi angka probabilitas sebesar 17,93 persen untuk Timnas Prancis. Jika prediksi tersebut benar, maka Les Blues akan menjadi tim ketiga yang berhasil mempertahankan gelar setelah Brasil dan .

Setidaknya ada lima tim yang memiliki angka probabilitas tertinggi untuk merengkuh trofi Piala Dunia 2022. Setelah Prancis, ada Brasil di urutan kedua dengan peluang sebesar 15,73 persen.

Selain itu, superkomputer tersebut juga memberi angka tertinggi ketiga kepada Spanyol dengan probabilitas 11,53 persen.

Sementara sang finalis Euro 2020, , hanya meraih tempat keempat dengan persentase 8,03 persen. Di urutan kelima, ada Belgia dengan ‘Golden Generation’-nya yang memiliki angka probabilitas 7,90 persen.

10 Besar Hasil Presentasi Superkomputer

Dari Presentasi yang di dapat berdasarkan  1000 percobaan simulasi, Prancis tercatat menempati urutan teratas dengan presentase 17,93%, di urutan kedua ada timnas Brasil, sementara itu dan Portugal masing-masing berada di posisi 8 dan 9.

  • Prancis – 17,93%
  • Brasil – 15,73%
  • Spanyol – 11,53%
  • Inggris – 8,03%
  • Belgia – 7,90%
  • – 7,70%
  • Jerman – 7,21%
  • Argentina – 6,45%
  • Portugal – 5,11%
  • Kroasia – 2,31%