Jelang Piala Dunia 2022, Ryan Giggs Pilih Mundur Dari Kursi Kepelatihan Timnas Wales
Pilih Mundur Dari Kursi Kepelatihan Wales

NOBARTV NEWS – Kabar tak sedap datang dari timnas Wales, baru saja memutus catatan 64 tahun tak lolos ke pagelaran , kini mereka harus di hadapi dengan keputusan sang manajer Ryan Giggs yang memilih untuk mundur dari kursi kepelatihan.

Ryan Giggs mengumumkan dirinya mundur dari jabatan sebagai manajer tim nasional Wales, Selasa (21/6/2022). Keputusan mantan bintang Manchester United atau ini, dilaporkan sudah diterima oleh Asosiasi Wales.

“Setelah banyak pertimbangan, saya memutuskan mundur dari jabatan saya sebagai manajer timnas putra Wales yang berlaku sejak pengumuman ini,” kata Ryan Giggs.

Kehormatan Melatih Timnas Wales

Dalam sesi wawancara Giggs mengatakan dirinya merasa terhormat dan mendapat hak istimewa bisa melatih negaranya. Namun, alangkah baiknya jika FA Wales, staf pelatih, dan para pemain bisa mempersiapkan untuk bisa dilakukan dengan kepastian, klarifikasi dan tanpa spekulasi terkait dengan posisi pelatihnya.

“Tak ada yang bisa disalahkan atas tertangguhkannya penyelesaian kasus saya. Saya tidak ingin persiapan tim untuk Piala Dunia terpengaruh, tidak stabil, atau terancam oleh perhatian yang tersedot di kasus itu,” ujarnya menambahkan.

Kasus KDRT Jadi Biang

Kabar mundurnya Giggs sebagai pelatih timnas Wales ternyata di tenggarai kasus yang sedang menimpa dirinya, sang pelatih di kabarkan sedang menunggu persidangan terkait dugaan kekerasan dalam rumah tangga.

Ryan Giggs sendiri mulai mengarsiteki timnas Wales pada tahun 2018, namun ia harus mengambil cuti sejak November 2020 setelah tersangkut dugaan kasus kekerasan terhadap mantan kekasihnya.

Karena tidak ingin persiapan Wales jelang Piala Dunia 2022 terganggu, mantan pemain Manchester United itu memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala.

“Saya cukup beruntung telah menikmati beberapa momen tak terlupakan selama tiga tahun saya memimpin tim nasional,” ia melanjutkan.

Di sisi lain, Ryan Giggs tidak dapat menutupi kesedihannya tidak dapat berjuang bersama negaranya yang untuk pertama kalinya sejak 1958 tampil di Piala Dunia.

“Saya sedih kami tidak dapat melanjutkan perjalanan ini bersama-sama karena saya percaya bahwa grup yang luar biasa ini akan membuat bangga di Piala Dunia pertama kami sejak 1958.”

Dengan mundurnya Ryan Giggs, posisi pelatih kemungkinan besar masih akan dipercayakan kepada Rob Page.

Wales memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan di babak play off pada 5 Juni 2022 lalu. Pada Piala Dunia 2022 nanti, Wales akan berada di bersama , Amerika Serikat, dan Iran.