Punya 13 Wakil, Ini Alasan Region Eropa (UEFA) Kuasai Jatah Piala Dunia
Tambah Jumlah Peserta di 2026

NOBARTV NEWS – Meski Brasil tercatat sebagai negara pemegang trophy terbanyak namun dalam pelaksanaannya turnamen selalu di kuasai oleh kontestan-kontestan dari benua Eropa, tercatat di 2022 region Eropa () mengirimkan setidaknya 13 timnas mereka.

Piala Dunia 2022 yang akan diselenggarakan pada bulan November tahun ini akan diikuti oleh 32 negara, dari 32 negara tersebut, sebanyak 13 perwakilan diisi oleh negara dari Eropa atau .

Jumlah tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan regional konfederasi lain seperti dengan jatah  4 – 5 negara, Amerika Latin 4 – 5 negara. Kemudian 5 negara, Amerika Tengah & Utara 3 – 4, dan Bahkan Oceania mempunyai jatah 1 tempat, itu pun harus melalui play-off. Jika tidak lolos, maka dipastikan tidak ada perwakilan dari Oceania.

Mengapa UEFA Mendapat Jatah Peserta Terbanyak

Sekilas pembagian jatah tersebut terlihat tidak adil untuk regional lain. Lalu mengapa Eropa/ punya jatah yang terbanyak di Piala Dunia?

Berita Terkait:  Filip Kostic: Gelandang Serba Bisa Serbia, Profil & Jejak Karir Jelang Piala Dunia 2022

Jawabannya sederhana. Dilansir dari Goal , Eropa memiliki banyak tim kuat, yang di atas kertas lebih baik dari kontingen lain. Seperti yang diketahui, pada , negara-negara dari konfederasi UEFA selalu meramaikan posisi 20 besar dan tentu bukan tanpa alasan.

Kuota Piala Dunia bisa saja dibagi secara merata, namun gelaran tersebut berpotensi menjadi membosankan. Banyak tim-tim kuat Eropa pastinya tidak akan kebagian jatah untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Ambil contoh, di gelaran Piala Dunia 2022 tahun ini, Italia yang baru saja memenangkan gelar Euro 2020 dipastikan akan absen akibat kekalahan mereka di fase play-off, dengan tidak hadirnya Italia di gelaran Piala Dunia kali ini sudah barang tentu mengurangi keseruan Piala Dunia.

FIFA Tambah Jumlah Peserta di Piala Dunia 2026

Guna menyiasati hal tersebut sebagai lembaga tertinggi dunia sudah memutuskan untuk menambah peserta di gelaran Piala Dunia mendatang.

Untuk itu, jika regional konfederasi lain ingin menambah jumlah kuota, mereka harus bisa mengejar kualitas tim-tim di Eropa.

Berita Terkait:  Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Qatar Diprediksi Raup Pemasukan Rp 251 Triliun

Kabarnya pada kompetisi Piala Dunia 2026, jumlah peserta akan dinaikkan dari 32 menjadi 48. Dengan demikian, akan ada penambahan kuota tim untuk setiap konfederasi, termasuk juga Eropa.

Seperti yang dikutip dari laman Goal Indonesia, kuota UEFA akan menjadi 16 tim Selain itu, konfederasi juga akan memiliki slot delapan dan yang mencapai sembilan.

Rencana penambahan kuota tersebut juga berdampak positif bagi regional Oceania, sebab mereka akan mendapatkan jaminan tempat di turnamen Piala Dunia.

Makin menarik bukan, bisa saja Indonesia dengan perkembangan yang cukup pesat punya peluang untuk berlaga di gelaran Piala Dunia berikutnya, kita Doakan saja!