NOBARTV NEWS – Tanah Afrika tak henti-hentinya melahirkan bakat spektakuler di dunia, satu nama yang kini jadi perhatian adalah , pria berkebangsaan ini siap unjuk aksi di debut Piala Dunianya bersama timnas .

merupakan pemain berusia 19 tahun yang bermain sebagai winger. Di usia mudanya sang pemain sudah mampu menembus level sepak bola Eropa, tentu hal tersebut membuat tak ragu memainkan sang untuk laga-laga internasional mereka.

Lantas bagaimana karirnya di dunia , berikut kami hadirkan untuk anda profil lengkap winger muda timnas Gahana, Mohammed Kudus.

Profil Mohammed Kudus

Mohammed Kudus
Mohammed Kudus

Mohammed Kudus (lahir 2 Agustus 2000) adalah pemain sepak bola profesional Ghana yang bermain sebagai gelandang serang untuk klub Ajax dan tim nasional Ghana.

Kudus berjuang memulai karier sepakbolanya di negara asalnya, Ghana. Mimpi sepakbolanya dimulai dengan Dynamic Heroes di Nima. Pada usia 12 tahun, Kudus meninggalkan keluarganya untuk mencari tahu beberapa ratus kilometer jauhnya apakah ‘Right to Dream Academy’ akan menjadi batu loncatannya ke Eropa.

Berita Terkait:  Peter Shilton dan Fabien Barthez Sang Pemegang Rekor Clean Sheet Piala Dunia

Karier Kudus sebagai calon bintang dimulai pada Januari 2018 saat memutuskan merantau ke untuk memperkuat Nordsjaelland. Setiba di sana, dia ditempatkan di tim junior Nordsjaelland. Penampilannya mengesankan para pemain dan dan banyak pemandu bakat Eropa.

Karir Klub

Nordsjælland 2018-2020

Kudus tiba di klub Nordsjælland dari Ghanaian Right to Dream Academy, yang ia ikuti pada usia 12 tahun, pada Januari 2018 bersama dua rekan setimnya, Ibrahim Sadiq dan Gideon Mensah.

Kudus melakukan debut resminya untuk Nordsjælland hanya tiga hari setelah ulang tahunnya yang ke-18, dalam kekalahan 2-0 melawan Brøndby IF. Dia bermain sejak menit pertama sebagai striker, tetapi digantikan di babak pertama. Dengan debutnya, ia menjadi pemain termuda kesembilan yang melakukan debutnya dalam sejarah klub.

Ajax 2020-Sekarang

Pada 16 Juli 2020, Kudus menandatangani kontrak dengan klub Eredivisie Ajax seharga €9 juta, dengan kontrak lima tahun. Dia melakukan debut resminya untuk klub pada 20 September dalam pertandingan liga melawan . kepala Erik ten Hag kemudian menyebut Kudus sebagai pemain dengan “potensi luar biasa”.

Berita Terkait:  Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Qatar Diprediksi Raup Pemasukan Rp 251 Triliun

Karir Internasional

Mohammed Kudus merupakan pemain berusia 19 tahun yang berasal dari Ghana. Mengingat bakat Kudus yang sudah mampu menembus level sepak bola Eropa, tentu membuat Ghana tak ragu memakai jasanya untuk laga-laga internasional.

Transfermarkt mencatat sejauh ini Kudus sudah mengemas dua penampilan bersama Timnas senior Ghana, dengan koleksi satu gol. Kudus melakukan debutnya pada 14 November 2019 dalam laga kualifikasi .

Jauh sebelum level senior, Kudus turut diandalkan oleh tim junior Ghana. Kudus punya catatan tiga penampilan bersama dan empat penampilan di skuat Ghana U-17.

Mohammed Kudus
Personal information
Date of birth 2 August 2000 (age 21)
Place of birth Accra, Ghana
Height 1.77 m (5 ft 10 in)
Position(s) Attacking midfielder
Club information
Current team Ajax
Number 20
Youth career
Strongtower FC
2012–2018 Right to Dream
Senior career*
Years Team Apps (Gls)
2018–2020 Nordsjælland 51 (14)
2020– Ajax 33 (5)
2021– Jong Ajax 5 (5)
National team
2017 Ghana U17 4 (1)
2018–2019 Ghana U20 3 (0)
2019– Ghana 16 (5)