NOBARTV NEWS – Gelaran dari masa ke masa pasti selalu identik dengan rekor-rekor yang tercipta di tiap edisinya, kali ini kita akan menyoroti rekor clean sheet yang dipegang dua kiper sekaligus di ajang , yakni Peter Shilton (Inggris) dan Fabien Barthez (Prancis).

Tercatat kedua penjaga gawang ini memiliki rekor 10 pertandingan tidak kebobolan dalam karier final mereka. Untuk itu berikut kami hadirkan untuk anda sepak terjang Shilton dan Barthez dalam edisi yang mereka ikuti dari berbagai sumber.

Peter Shilton (Inggris)

Peter Shilton dan Fabien Barthez Sang Pemegang Rekor Clean Sheet Piala Dunia
Peter Shilton

Peter Leslie Shilton, demikian nama lengkapnya, lahir 18 September 1949. Kariernya selama 30 tahun termasuk bermain di 11 klub dan dia memiliki jumlah bermain lebih dari 1.000 pertandingan liga, termasuk lebih dari 100 kali untuk masing-masing dari lima klub berbeda.

Selama waktunya di Nottingham Forest, Shilton memenangkan banyak penghargaan, termasuk dua Piala Eropa, Piala Super UEFA, kejuaraan Divisi Pertama, dan .

Shilton mewakili Inggris di Piala Dunia FIFA pada tahun 1982, 1986 (di mana Diego Maradona mencetak dua gol terkenal melawan dia) dan 1990, dan Kejuaraan Eropa pada tahun 1980 dan 1988.

Berita Terkait:  Flashback Piala Dunia: “Tragedi Mineirazo” Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2014, Brasil di Bantai Jerman 7-1

Meskipun tidak membuat debut final Piala Dunia sampai usia 32, Shilton telah bermain di 17 pertandingan final, dan berbagi rekor 10 clean sheet di pertandingan final Piala Dunia bersama Fabien Barthez.

Dia memegang rekor sepanjang masa untuk penampilan paling kompetitif di dunia sepak bola dengan 1.390 penampilan. Dengan 125 caps, Shilton juga merupakan pemain dengan caps terbanyak di tim nasional Inggris.

IFFHS (International Federation of Football History & Statistics, organisasi yang diakui FIFA untuk mencatat sejarah-sejarah sepak bola di dunia) menempatkan Shilton di antara sepuluh penjaga gawang terbaik abad ke-20 pada tahun 2000.

Fabien Barthez (Prancis)

Peter Shilton dan Fabien Barthez Sang Pemegang Rekor Clean Sheet Piala Dunia
Fabien Barthez

Fabien Alain Barthez lahir 28 Juni 1971. Di level klub, ia bermain sepak bola di Prancis dan Inggris bersama Toulouse, Marseille, AS Monaco, , dan Nantes. Di tingkat internasional, ia mewakili tim nasional Prancis, dengan siapa ia memenangkan Piala Dunia FIFA 1998, Euro 2000, dan Piala Konfederasi FIFA 2003.

Barthez mewakili negaranya pada total tiga edisi Piala Dunia FIFA dan Kejuaraan Eropa; dia juga mencapai final Piala Dunia FIFA 2006, setelah itu dia pensiun dari sepak bola internasional.

Berita Terkait:  Berikut Rapor dan Kinerja Shin Tae-Yong Selama Melatih Timnas Indonesia

Dijuluki Le Divin Chauve (“The Divine Bald One”), karena ciri khas kepalanya yang plontos, Barthez adalah pemain Prancis yang paling banyak tampil di Piala Dunia FIFA, dengan 17 penampilan di final dan berbagi rekor clean sheet final Piala Dunia terbanyak bersama Peter Shilton, sepuluh kali.

Dalam sepak bola klub, ia memenangkan UEFA bersama pada tahun 1993 serta beberapa gelar dan Liga Premier. Setelah pensiun dari sepak bola pada tahun 2007, Barthez memulai karier di motorsport pada tahun 2008.

Akankah rekor ini pecah di ? Sulit bukan berarti tidak mungkin. Pemegang jumlah clean sheet terdekat yang masih aktif bermain adalah Manuel Neuer dengan tujuh clean sheet. Jika Jerman mampu berbicara banyak dan para pemain bertahan Der Panzer mampu membantu gawang Neuer tidak kebobolan, peluang sang kiper untuk menyamai atau bahkan melewati rekor Shilton dan Barthez cukup terbuka.

Sejatinya Piala Dunia akan dihelat pada 21 November sampai 18 Desember. Tentunya sebagai penggemar kita tak sabar menantikan rekor-rekor baru tercipta di gelaran piala dunia kali ini yang akan berlangsung di november mendatang.