Masih Produktif 5 Pemain Ini Pernah Bela Negaranya di Usia 40 Tahun Pada Ajang Piala Dunia
Roger Milla Jadi Salah Satu Pemain yang Mentas di .

NOBARTV NEWS – Rasanya usia Cuma jadi prioritas kesekian untuk beberapa pesepakbola ini, bayangkan saja di usia yang tak muda lagi (40 tahun) mereka masih dipercaya oleh masing-masing untuk memperkuat negaranya di ajang .

Seperti yang di ketahui bersama, tampil di adalah pencapaian tertinggi bagi setiap pemain sepak bola demi membawa nama besar negaranya. Untuk mencapai hal tersebut performa serta latihan keras harus terus di jaga oleh seorang pemain.

Terus menjaga performa serta stamina, beberapa pemain sepak bola bahkan masih aktif bertanding di sepak bola meski sudah mencapai usia tak lagi muda, hal itu merupakan prestasi besar bagi mereka. Bahkan usia mereka bisa mencapai 40an atau hampir 40 tahun ketika mereka bermain di Piala Dunia untuk terakhir kalinya.

Untuk itu berikut kami hadirkan ke hadapan anda daftar pemain sepak bola dengan usia di atas 40 tahun yang tercatat pernah bermain di Piala Dunia, dilansir dari Oldest.org.

Dino Zoff

  • Usia Saat Piala Dunia: 40 tahun, 4 bulan, 13 hari
  • Tanggal Pertandingan: 11 Juli 1982 (Italia vs. Jerman Barat)
  • Tim: Tim Nasional Italia (bermain untuk Juventus FC pada saat itu)
  • Posisi: Penjaga gawang

Dino Zoff mungkin bukan pemain Piala Dunia tertua yang pernah ada, tetapi dia adalah pemenang Piala Dunia tertua.

Zoff berusia 40 tahun ketika Italia menang 3-1 atas Jerman Barat di putaran final Piala Dunia 1982. Zoff terpilih sebagai penjaga gawang terbaik Piala Dunia tahun itu.

Berita Terkait:  Info Piala Dunia: Pemain Hungaria, Laszlo Kiss Cetak Rekor Hat-trick Tercepat dalam Sejarah Piala Dunia

Zoff secara luas dianggap sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa. Dia dinobatkan sebagai kiper terhebat ke-3 oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS), di belakang Lev Yashin dan Gordon Banks.

Peter Shilton

  • Usia Saat Piala Dunia: 40 tahun, 9 bulan, 19 hari
  • Tanggal Pertandingan: 7 Juli 1990 (Inggris vs. Italia)
  • Tim: Tim Nasional Inggris (bermain untuk Derby Country FC pada saat itu)
  • Posisi: Penjaga gawang

Peter Shilton adalah anggota lain dari kelompok pesepakbola berusia 40-an yang bermain selama Piala Dunia FIFA.

Shilton beberapa bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-41 ketika ia berkompetisi di pertandingan play-off tempat ketiga tahun 1990 antara Inggris dan tim tuan rumah Italia.

Meskipun bukan sesuatu yang harus diingat, Shilton membuat kesalahan yang membuat Robert Baggio menjegalnya dan membuat Italia mencetak gol dan memenangkan pertandingan.

Ini adalah penampilan ke-125 Shilton untuk tim Nasional Inggris dan pertandingan internasional terakhirnya. Shilton terus bermain sepak bola klub hingga 1997.

Pat Jennings

  • Usia saat Piala Dunia: 41 tahun
  • Tanggal Pertandingan: 12 Juni 1986 ( vs. Brasil)
  • Tim: Tim Nasional (bermain untuk Tottenham Hotspur pada saat itu)
  • Posisi: Penjaga gawang

Pat Jennings merayakan ulang tahunnya yang ke-41 dengan bermain dalam pertandingan Piala Dunia 1986 melawan Brasil.

Sayangnya, kalah dalam pertandingan dan Jennings pensiun dari sepak bola profesional setelah Piala Dunia.

Jennings menghabiskan sebagian besar karirnya bermain untuk dan dianggap sebagai salah satu kiper Inggris terbesar sepanjang masa.

Setelah pensiun, Jennings kembali ke pada 1993 sebagai kiper tim, posisi yang masih dipegangnya.

Berita Terkait:  Tersandung Kasus Penipuan, Persiapan Neymar Jelang Piala Dunia 2022 Terganggu

Roger Milla

  • Usia Saat Piala Dunia: 42 tahun, 1 bulan, 8 hari
  • Tanggal Pertandingan: 28 Juni 1994 (Kamerun vs. Rusia)
  • Tim: Tim Nasional Kamerun (bermain untuk Tonnerre Kalara Club of Yaoundé pada saat itu)
  • Posisi: Striker

Sampai Faryd Mondragón memecahkan rekornya pada tahun 2014, Roger Milla dikenal sebagai pemain tertua yang berkompetisi di Piala Dunia selama 20 tahun.

Pada pertandingan 1994 antara Kamerun dan Rusia, Milla berusia 42 tahun. Meskipun dia tidak lagi memegang rekor ini, Milla masih menjadi pencetak gol tertua di turnamen Piala Dunia, rekor yang telah bertahan selama hampir 30 tahun.

Essam El-Hadary

  • Usia Saat Piala Dunia: 45 tahun, 5 bulan, 10 hari
  • Tanggal Pertandingan: 25 Juni 2018 ( vs. Arab Saudi)
  • Tim: Tim Nasional (bermain untuk Ismaily Sporting Club pada saat itu)
  • Posisi: Penjaga gawang

Essam El-Hadary membuat sejarah pada tahun 2018 ketika ia menjadi pemain tertua yang pernah berlaga di Piala Dunia FIFA pada usia 45. Ini adalah penampilan terakhir El-Hadary di Piala Dunia dan terakhir kali bermain sebagai penjaga gawang untuk timnas .

El-Hadary saat ini memegang Guinness World Record untuk prestasi ini dan itu belum dipecahkan. Sepanjang karirnya yang panjang mulai dari 1993 hingga 2019 El-Hadary berlaga di 150 pertandingan Piala Dunia, terbanyak ketiga untuk tim Mesir.

El-Hadary juga memenangkan Piala Afrika empat kali dan terpilih sebagai penjaga gawang terbaik di tiga turnamen tersebut.

Di era modern nampaknya hal tersebut sulit terulang, regenerasi pemain yang terus terjadi membuat gelaran empat tahunan Piala Dunia terus memunculkan nama baru yang tampil lebih mempesona dari para pendahulunya.