Kenali Lebih Dalam Salima Mukansanga, Wasit Wanita Afrika Dalam Putaran Piala Dunia 2022
Salima Mukansanga

NOBARTV NEWS – Jelang putaran final , FIFA telah memutuskan untuk menunjuk secara resmi tiga wanita yang nantinya akan bertugas dalam beberapa pertandingan di di 21 November- 18 Desember tahun ini.

Penunjukan ketiga wanita tersebut merupakan kali pertama dalam sejarah Piala Dunia, dimana wasit perempuan akan memimpin pertandingan resmi berskala internasional ini. Tiga wasit tersebut adalah Stephanie Frappart dari Prancis, Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang).

Sebelumnya sudah di bahas artikel tentang Stephanie Frappart dari Prancis dan Yoshimi Yamashita (Jepang). Untuk itu di artikel kali ini kita akan membahas tentang perempuan Afrika bernama Salima Mukansanga yang dengan dedikasi tingginya di dunia perwasitan membawa ia dipilih menjadi salah satu hakim pertandingan di gelaran Piala Dunia 2022.

Profil Salima Mukansanga

Salima Mukansanga, sosok wanita asal Rwanda ini lahir pada 25 Juli 1988. Mukansanga tercatat memulai debut profesionalnya sebagai seorang wasit yang memimpin jalannya laga Piala Afrika 2021.

Berita Terkait:  Belum Memiliki Klub, Angel Di Maria Khawatir Tak Masuk Skuad Timnas Argentina

Kala itu ia bertugas di matchday perdana Grup B antara Guinea vs Malawi, Senin (10/1) malam WIB. Laga itu sendiri dihelat di Kouekong, Bafoussam, , dan berkesudahan dengan skor 1-0 untuk kemenangan Guinea.

Salima sendiri tercatat sudah malang melintang di dunia perwasitan. Ia bahkan sudah berpengalaman menjadi wasit di Piala Dunia Wanita, Piala Afrika Wanita, dan Wanita Afrika, dan merupakan wasit yang disegani dalam pertandingan sepak bola wanita.

Mukansanga juga merupakan wasit wanita pertama dalam sejarah yang memimpin pertandingan di Piala Afrika, khususnya dalam level pertandingan tim putra. Pada laga itu pun sorak-sorai penonton juga tertuju pada Mukansanga. Mengingat sosok yang tegas di lapangan sering disandingkan dengan wasit legendaris asal , Pierluigi .

Selain itu, wasit berusia  33 tahun tersebut juga pernah memimpin pertandingan di cabang olahraga sepak bola wanita di Olimpiade Tokyo Jepang, pada Juli lalu.

Alasan di Pilihnya Salima Mukansanga

Badan tertinggi sepakbola dunia (FIFA) jauh-jauh hari sudah mempersiapkan agenda tentang penunjukan wasit wanita pertama di gelaran Piala Dunia 2022.

Berita Terkait:  Profil Dan Daftar Nama Pemain Timnas Meksiko, Wakil Zona Concacaf di Grup C Piala Dunia 2022

Melalui Chairman of the FIFA Referees Committee, Pierluigi akhirnya di sepakati 3 nama untuk ditunjuk sebagai wasit wanita pertama yang akan memimpin beberapa laga di gelaran Piala Dunia 2022 mendatang.

”Keputusan ini melalui proses yang berlangsung sejak beberapa tahun lalu dimana FIFA menugaskan sejumlah wasit perempuan di turnamen-turnamen junior dan senior,” ucap Chairman of the FIFA Referees Committee, Pierluigi .

”Dengan keputusan ini, kami menekankan bahwa kami menilai atas dasar kualitas bukan gender.”

”Aku berharap ke depannya, pemilihan wasit perempuan untuk laga-laga penting sepak bola putra menjadi hal yang normal dan bukan lagi hal yang sensasional.”

Kita tunggu saja sepak terjang Salima Mukansanga dalam pertandingan-pertandingan penting di gelaran Piala Dunia 2022 November mendatang, semoga mereka mampu menunjukan dedikasi yang baik sebagai hakim di sebuah laga.