NOBARTV NEWS – Jadi bintang di dunia tak lantas membuat seorang pemain dapat tampil di gelaran , satu faktor yang sering terjadi adalah negara asal sang pemain yang tak mampu bersaing di level internasional.

Seperti yang di ketahui bersama, merupakan panggung terbesar bagi pesepak bola dunia untuk bisa berprestasi dan membawa negaranya menjadi yang terbaik. Namun, tak sedikit pemain hebat yang ternyata tidak pernah tampil sama sekali di turnamen sepak bola terbesar di seluruh dunia itu.

Lantas siapa saja mereka, berikut kami rangkum 5 pemain top dunia yang tercatat tak pernah mentas di panggung sepanjang karir sepakbola mereka.

George Weah

Jadi Bintang Dunia, Para Pemain Ini Tak Pernah Bermain di Piala Dunia Hingga Masa Pensiunnya
George Weah

Satu-satunya pemain asal Afrika yang pernah meraih Ballon d’Or, George Weah, tampil luar biasa ketika berada di level klub. Namun,ia tidak pernah bisa menularkan hal tersebut ke level internasional bersama Timnas Liberia.

George Weah pernah bermain bersama sejumlah klub besar Eropa, seperti AC Milan, Chelsea, Paris Saint-Germain (), dan Manchester City. Weah mendapatkan debutnya bersama Liberia pada 1986 dan tampil sebanyak 75 pertandingan untuk negaranya.

Weah tidak pernah bisa membawa tim nasionalnya ke Piala Dunia, di mana yang paling mendekati adalah pada 2002. Liberia finis satu poin di belakang Nigeria dalam fase kualifikasi pada tahun ini. Ia membawa Liberia tampil dalam dua edisi Piala Afrika.

Alfredo Di Stefano

Jadi Bintang Dunia, Para Pemain Ini Tak Pernah Bermain di Piala Dunia Hingga Masa Pensiunnya
Spain’s Alfredo Di Stefano, 37, the Argentinian-born centre-forward recently in England for the Rest of the World match at Wembley. Known as the ‘White Arrow’, he is a naturalised Spaniard.

Meski tampil bersama tiga tim nasional berbeda, Alfredo di Stefano tidak pernah tampil sekalipun di Piala Dunia. Padahal legenda Real Madrid itu pernah membela , , dan Spanyol.

Berita Terkait:  Jaga Keamanan Piala Dunia FIFA 2022 Qatar, NATO Siap Perbantukan Pasukan

Alfredo di Stefano mendapatkan kesempatan pertamanya bermain di level internasional pada 1947 ketiak ia bermain untuk tim nasional negara kelahirannya, Argentina. Ia mencetak enam gol dalam enam penampilan untuk membantu mereka memenangi Copa America.

Argentina kemudian mundur dari Piala Dunia 1950, sehingga membuat Alfredo di Stefano kembali gagal tampil di level tertinggi. Krisis mengguncang sepak bola Argentina hingga membuat Di Stefano pindah ke , di mana ia memainkan empat pertandingan tidak resmi.

Setelah resolusi krisis di Argentina, Alfredo Di Stefano dilarang bermain untuk negara tersebut karena keterlibatannya bersama Timnas . Ini memaksanya mengambil kewarganegaraan Spanyol. Dia tampil bersama Spanyol ketika harus absen di Piala Dunia 1958.

Alfredo Di Stefano membantu Spanyol lolos ke Piala Dunia 1962, tapi ia harus absen di putaran final karena cedera. Ia pun segera pensiun dari sepak bola internasional setelah Piala Dunia edisi tersebut berakhir.

Eric Cantona

Jadi Bintang Dunia, Para Pemain Ini Tak Pernah Bermain di Piala Dunia Hingga Masa Pensiunnya
Eric Cantona

Satu lagi legenda Manchester United yang juga tak pernah tampil di Piala Dunia. Eric Cantona merupakan pemain yang selalu diingat oleh penggemar The Red Devils karena karismanya sebagai kapten di lapangan hijau.

Pemain yang sempat disebut King Cantona ini memang menikmati karier bermain yang lebih baik di level klub ketimbang ketika membela Timnas .

Cantona mendapatkan debutnya bersama Timnas pada 1987 sebelum akhirnya disingkirkan oleh Henri Michel yang memutuskan untuk tidak memainkannya di Les Bleus asuhannya. Ia sempat kembali ke tim nasional setelah Michel digantikan oleh Michel Platini.

Namun, insiden tendangan kungfu di Manchester United membuat Cantona harus kehilangan tempat. Ia menerima hukuman larangan beraktivitas di dunia sepak bola selama delapan bulan, dan sebelum ia kembali, Zinedine Zidane telah muncul sebagai seorang bintang.

Eric Cantona hanya tampil dalam 45 penampilan bersama Les Bleus. Cantona pun pensiun dari sepak bola profesional pada 1997 kala usianya baru 30 tahun. Ia menjadi bagian dari Timnas yang gagal lolos ke Piala Dunia 1994. Namun, ia punya prestasi meraih gelar juara Piala Dunia Sepak Bola Pantai pada 2005.

Berita Terkait:  Live Streaming Brazil vs Chili Kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol, Asa Chili Raih Tiket ke Qatar!

Ryan Giggs

Jadi Bintang Dunia, Para Pemain Ini Tak Pernah Bermain di Piala Dunia Hingga Masa Pensiunnya

Legenda Manchester United ini tak perlu diragukan lagi pernah menikmati puncak karier yang luar biasa bersama The Red Devils. Namun, bicara soal kiprah di level internasional bersama Timnas , Giggs gagal memberi kontribusi besar hingga memutuskan pensiun.

Meski sempat mewakili di level junior, Giggs menjadi pemain Timnas pada 1991. Ia bermain bersama legenda Liverpool, Ian Rush, pada periode awalnya bersama Timnas .

Giggs tak pernah membela negaranya di kompetisi internasional meski beberapa kali nyaris lolos. Giggs hanya tampil dalam 64 penampilan bersama Timnas Wales hingga akhirnya memutuskan pensiun pada 2007 untuk fokus dengan klub sepak bolanya.

Dimitar Berbatov

Jadi Bintang Dunia, Para Pemain Ini Tak Pernah Bermain di Piala Dunia Hingga Masa Pensiunnya

Striker asal Bulgaria ini sangat diingat karena performa apik di Premier League bersama Tottenham Hotspur dan Manchester United. Dimitar Berbatov menikmati kesuksesan bermain sebelum pensiun pada 2019. Ia adalah bagian dari Spurs yang meraih gelar juara terakhir mereka, Piala Liga pada 2008.

Berbatov merupakan satu di antara pemain terhebat yang pernah dimiliki Bulgaria. Ia membuat debut internasionalnya pada 1999 saat masih berusia 18 tahun dan kemudian tampil di Euro 2004.

Turnamen Eropa yang digelar di itu menjadi satu-satunya turnamen internasional yang diikutinya. Ia bermain bersama Stiliyan Petrov dan Martin Petrov, dua pemain yang juga berkarier di Premier League pada saat itu.

Berbatov masih menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Timnas Bulgaria, dengan 48 gol dalam 78 pertandingan. Ia menjadi kapten bagi tim nasionalnya selama empat tahun, antara 2006 hingga 2010, di mana ia pun memutuskan untuk pensiun dari tim nasional tanpa sekalipun tampil di Piala Dunia.