Intip Uniknya Stadion 974, Venue Piala Dunia 2022 yang Dibangun dari Kontainer Bekas
974, Venue yang Dibangun dari Kontainer Bekas

NOBARTV NEWS – Sama seperti Piala Dunia sebelum-sebelumnya, yang ditunjuk sebagai tuan rumah pastinya akan melakukan persiapan matang guna menyukseskan ajang empat tahunan ini.

Tak terkecuali Qatar persiapan mereka sejauh ini bisa di bilang sangat luar biasa, perpaduan adat timur tengah mereka padukan dengan perkembangan teknologi, alhasil venue-venue di Qatar kini nampak megah dan luar biasa.

Terlepas dari semua itu, ada salah satu stadion yang jadi venue Piala Dunia 2022 di Qatar terlihat memiliki konsep unik, yakni terbuat dari kontainer-kontainer bekas yang diberi nama Stadion 974.

Stadion 974 di Bangun dari Kontainer Bekas

Stadion Ras Abu Aboud atau Stadion 974 ini merupakan stadion yang dibuat oleh Fenwick Iribarren Architects, sebuah perusahaan arsitektur asal .

Stadion ini sendiri berdiri di distrik Ras Abu Aboud yang dekat dengan Bandara Internasional Hamad, Bandara Doha, dan Pelabuhan Doha. Hal tersebut membuat stadion tersebut dinamai Ras Abu Aboud.

Selain itu, stadion ini juga memiliki nama lain yakni dengan angka 974, yang merujuk pada kode panggilan internasional Qatar.

Stadion ini terbilang unik karena dibuat dengan menggunakan kontainer bekas. Alhasil, stadion ini bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Karenanya, Stadion 974 ini menjadi stadion pertama di dunia yang bisa dibongkar pasang secara utuh.

Stadion 974 Tetap Terlihat Megah

Persiapan yang paling utama dilakukan adalah soal infrastruktur, yang meliputi ruang publik untuk penonton yang datang, serta stadion guna tempat pertandingan.

Stadion menjadi salah satu infrastruktur yang vital dalam menyambut Piala Dunia. Menyadari hal itu, Qatar yang akan menjadi tuan rumah edisi 2022, melakukan pembangunan sejak jauh-jauh hari.

Stadion ini menarik perhatian bukan karena bentuknya, melainkan bahan yang digunakan untuk membangun stadion itu. Diketahui, Stadion 974 ini dibuat dengan menggunakan kontainer pengiriman baja bekas.

Meski menggunakan kontainer bekas sebagai bahan utamanya, stadion ini seharusnya dipasang Air Conditioner (AC) mengingat panasnya cuaca di Qatar.

Namun faktanya, Stadion 974 ini tak akan menggunakan AC dan menjadi satu-satunya venue yang tak akan menggunakan AC di Piala Dunia nanti.

Stadion 974 memilih menggunakan teknologi pendingin alami yang didapat dari desainnya, sehingga stadion ini punya ventilasi alami yang bisa menerima udara yang berasal dari laut.

Karena dekat dengan pelabuhan dan bandara pula, Stadion 974 ini sangat muda diakses oleh para penonton yang nantinya hadir langsung ke Qatar.

Untuk masalah kapasitas penonton, Stadion 974 ini memiliki 40 ribu kursi dan dijadwalkan akan menyelenggarakan pertandingan yang melibatkan , Polandia, , , , , Portugal dan Ghana.