NOBARTV NEWS – Menjadi tuan rumah dalam pagelaran , tentu sudah menyiapkan segala sarana dan prasarana guna menyukseskan gelaran paling prestisius di dunia sepakbola ini.

Beberapa kesempatan yang lalu pembaca telah di suguhkan kabar tentang megahnya 8 stadion yang akan di gunakan dalam helatan akbar empat tahunan ini. Selain 8 stadion tersebut, tentunya pihak penyelenggara juga telah membenahi kota-kota yang akan di jadikan tempat berlangsungnya pertandingan.

Setidaknya tercatat ada 6 kota di yang siap menyambut para tamu dari seluruh penjuru dunia guna menyaksikan serunya putaran . Berikut akan kami hadirkan ke hadapan pembaca potret kota-kota tersebut.

Kota Losail (Stadion Lusail)

Intip Indahnya 6 Kota Venue Piala Dunia 2022 Qatar, Di Jamin Bikin Lupa Kampung Halaman

Kota Losail menjadi venue pertama dalam helatan mendatang, pasalnya penunjukkan Stadion Lusail secara otomatis membuat Kota Losail akan menjadi satu tujuan utama para pengunjung.

Terlihat sejauh ini pemerintah setempat sudah mempercantik sisi kota dan siap menjadi salah satu destinasi yang kiranya dapat memberikan kenyamanan.

Dari gambaran terakhir, Kota Lusail di prediksi akan menjadi daya tarik ribuan mata yang berpotensi hadir dan memeriahkan ajang Piala Dunia .

Daya tarik tersendiri lainnya adalah, kota Losail juga memiliki salah satu sirkuit termegah di dunia yang sejauh ini di gunakan para pembalap Moto GP untuk berlaga.

Sementara itu, untuk ukuran jumlah kapasitas Stadion di Lusail , total ada 80 ribu kursi penonton dan menjadi yang termegah di .

Kota Losail sendiri berjarak 15 km di sisi utara ibu kota Qatar yakni Doha. Untuk deretan fasilitas yang ada di kota tersebut yakni sekolah, toko, kafe, fasilitas tempat olahraga hingga klinik kesehatan.

Kota Al Khor (Stadion Al Bayt)

Intip Indahnya 6 Kota Venue Piala Dunia 2022 Qatar, Di Jamin Bikin Lupa Kampung Halaman

Berikutnya ada kota Al Kohor yang akan menjadi venue kedua perhelatan Piala Dunia 2022, di kota tersebut berdiri megah stadion Al Bayt yang akan menjadi salah satu titik berlangsungnya pertandingan-pertandingan penting di gelaran Piala Dunia November nanti.

Stadion Al Bayt, memiliki konsep stadion yang tak kalah menakjubkan mata untuk di abadikan. Berkapasitas 60 ribu kursi penonton, Stadion Al Bayt menjadi stadion termegah kedua yang bakal menggelar laga Piala Dunia 2022.

Stadion Al Bayt berada di Al Khor, yang memiliki jarak tempuh 35 km dari utara Ibu Kota Qatar, Doha. Untuk Stadion Al Bayt, terdapat keunikan tersendiri yang tentunya berbeda dengan stadion-stadion lainnya. Keunikan itu terlihat pada design stadion yang memilih konsep berbentuk seperti tenda.

Berita Terkait:  Live Streaming Portugal vs Turki, Babak Play-Off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Sementara itu kota Al Khor punya daya tarik tersendiri dengan suasana pantai dan kemewahan kota yang aduhai, berkunjung ke Al Khor setidaknya dapat membuat para wisatawan merasa betah untuk berlama-lama.

Kota Doha (Stadion Internasional Khalifa dan Stadion 974)

Intip Indahnya 6 Kota Venue Piala Dunia 2022 Qatar, Di Jamin Bikin Lupa Kampung Halaman

Berikut ada ibukota Qatar, Doha. Pusat kota tersebut menjadi venue ketiga yang juga turut ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar mendatang. Kota ini di jamin menawarkan sejuta sejuta pesona yang bakal membuat betah para pelancong.

Doha sendiri identik dengan hadirnya gedung-gedung tinggi pencakar langitnya. Salah satu yang tak lain adalah Burj Doha Tower.

Di Doha, rencananya bakal ada dua stadion yang bakal berperan dalam gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Kedua stadion tersebut adalah Stadion Internasional Khalifa dan Stadion 974.

Untuk Stadion Internasional Khalifa, memiliki kapasitas 40 ribu kursi penonton. Stadion Internasional Khalifa juga memiliki ciri khas tersendiri yang tentunya bisa memanjakan mata para penonton.

Design unik yang berbentuk lengkungan dan terdapat gedung pencakar langit bernama Torch Doha disamping stadion menjadi ciri khas tersendiri dari Stadion Khalifa.

Sementara untuk Stadion 974 memiliki kapasitas penonton sebesar 40 ribu penonton yang tentunya dapat memuat para pendukung - yang berlaga di ajang Piala Dunia 2022.

Kota Al Thumama (Stadion Al Thumama)

Intip Indahnya 6 Kota Venue Piala Dunia 2022 Qatar, Di Jamin Bikin Lupa Kampung Halaman

Venue keempat yang ditunjuk bakal menghelat laga di Piala Dunia 2022 adalah Al Thumama. Penunjukkan Al Thumama sebagai venue tak terlepas dari adanya Stadion Al Thumama yang turut ditunjuk sebagai tempat perhelatan laga-laga di ajang Piala Dunia Qatar.

Di sisi lain, untuk Stadion Al Thumama sendiri memiliki kapasitas 40 ribu penonton. Konstruksi megah yang dibarengi dengan design unik berbentuk topi tradisional Qatar bernama Gahfiya menjadi salah satu bukti keindahannya.

Fasilitas lift yang ada di dalam stadion juga dapat memudahkan para penonton untuk mengaksesnya. Selain lift, Stadion Al Thumama juga memiliki ragam fasilitas lainnya seperti masjid, pusat olahraga, dan hotel yang berada di dalam stadion.

Kota Al Wakrah (Stadion Al Janoub)

Intip Indahnya 6 Kota Venue Piala Dunia 2022 Qatar, Di Jamin Bikin Lupa Kampung Halaman

Venue kelima yang turut ditunjuk sebagai tempat di helatnya laga Piala Dunia Qatar 2022 adalah Al Wakrah. Al Wakrah ditunjuk sebagai venue tak terlepas dari adanya Stadion Al Janoub yang juga turut masuk ke dalamnya.

Berita Terkait:  Di Huni Finalis Euro 2020, Intip Peluang Masing-Masing Tim di Grup B Piala Dunia 2022

Untuk tata kota, Al Wakrah tampak masih menawarkan bangunan-bangunan kuno yang identik dengan suasana timur tengah, namun desain klasik kota berubah drastis di malam hari, yang mana seluruh kota di penuhi gemerlapnya lampu-lampu yang menghiasi seluruh sudut kota.

Di sisi lain, untuk kapasitas Stadion Al Janoub memiliki 40 ribu kursi penonton. Tak hanya berkapasitas besar, stadion ini juga bakal diproyeksikan oleh Pemerintah Qatar sebagai rencana jangka panjang.

Hal itu tak terlepas dari rencana pembangunan sekolah, restoran, pasar, dan aula pernikahan bagi masyarakat domestik.

Selain itu, Stadiin Al Janoub juga rencananya bakal dilengkapi dengan fasilitas olahraga lainnya seperti tempat bersepeda, menunggang kuda, lintasan lari dan pusat kebugaran.

Kota Al Rayyan (Stadion Education City dan Stadion Ahmad Bin Ali)

Intip Indahnya 6 Kota Venue Piala Dunia 2022 Qatar, Di Jamin Bikin Lupa Kampung Halaman

Venue terakhir yang turut menggelar laga Piala Dunia 2022 adalah Kota Al Rayyan. Kota Al Rayyan didapuk sebagai salah satu venue karena adanya Stadion Education City dan Ahmad Bin Ali yang juga menggelar beberapa laga Piala Dunia 2022.

Dari sis tata kota, Al Rayyan nampak di penuhi padang pasir, namun beberapa sarana di pusat kota tampak tertata rapi, selain itu beberapa gedung yang menjulang menambah keindahan Al Rayyan, letaknya di pesisir pantai juga bisa memanjakan para pengunjungnya.

Bicara tentang stadion tempat di gelarnya pertandingan-pertandingan Piala Dunia 2022, tercatat ada Stadion Education City memiliki kapasitas kursi sebanyak 40 ribu. Stadion ini tak kalah megah dan indahnya dengan beberapa stadion lain di Qatar.

Bahkan di tahun 2019 Global Sustainability Assessment System (GSAS) memberikan penghargaan untuk kategori bangunan dan desain berbintang lima.

Berikutnya ada stadion Ahmad Bin Ali, Untuk stadion yang satu ini digunakan sebagai markas klub besar di Qatar yakni Al Rayyan SC. Stadion Ahmad Bin Ali juga dikenal akan keunikannya berupa desain dan bentuknya yang dibangun di atas gurun pasir yang sangat luas.

Fasilitas penunjang lainnya dari Stadion Ahmad Bin Ali adalah lapangan latihan sepakbola, lapangan kriket, lintasan atletik, lintasan berkuda, lintasan bersepeda, jogging dan juga peralatan gym umum.

Itulah beberapa keunikan kota-kota di Qatar yang akan menjadi venue di gelaran Piala Dunia 2022 November mendatang, keunikan dan keindahan kota tersebut tentu bisa menjadi nilai tambah bagi para penikmat sepak bola dunia November mendatang.