Flashback "Gol Tangan Tuhan" Maradona Pada 22 Juni di Gelaran Piala Dunia 1986
Gol Tangan Tuhan Pada 22 Juni di Gelaran 1986

NOBARTV NEWS – Dalam setiap pagelaran Piala Dunia pasti ada saja momentum menarik yang akan di kenang sepanjang masa, bahkan cerita tersebut akan terus berlanjut meski sang aktor telah tiada.

satunya terjadi pada gelaran Piala Dunia 1986 yang berlangsung di , kala itu tepat di tanggal 22 Juni bertempat di Stadion Azteca, Mexico City. Timnas berjumpa dengan wakil .

Adalah mendiang Diego Armando Maradona yang menjadi aktor dalam laga tersebut, dimana sang pemain berhasil membawa Argentina unggul atas Inggris usai mencetak “Gol Tangan Tuhan”.

Aksi tersebut terjadi tepat di menit ke-51 dalam pertandingan perempat final Piala Dunia 1986. Dia juga mencetak gol yang dianggap sebagai “Gol Terbaik Abad Ini” dalam pertandingan tersebut.

Karena gol tangan Tuhan itu, membuat Diego Maradona makin dikenal. dan yang lebih mengangkat nama sang legenda adalah, Ia mampu membawa negaranya memenangkan Piala Dunia pada gelaran Piala Dunia tersebut.

Meski handball Gol Tersebut di Anggap Sah

The Hand of God atau gol tangan Tuhan, mengacu pada gol yang dicetak Maradona selama pertandingan Argentina melawan Inggris pada 22 Juni 1986.

Dalam tayangan ulang, terlihat Maradona melompat seolah-olah menyundul bola, tetapi bola itu mengenai tangannya dan melewati kiper Peter Shilton dan menempatkan Argentina memimpin 1-0.

pun melihat gol tersebut sah dan tidak menghitungnya sebagai handball, pasalnya kala itu tidak ada yang namanya VAR, yakni teknologi tayang ulang yang membantu wasit mereview ulang kejadian dalam sebuah pertandingan.

Setelah pertandingan, Maradona mengatakan dia mencetak “sedikit dengan kepalanya, dan sedikit dengan tangan Tuhan” Ucapannya tersebut pun terus di kenang, apalagi oleh fans Argentina.

Argentina Menyingkirkan Inggris

Berkat gol “Tangan Tuhan” yang di cetak Maradona, akhirnya memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 2-1 dan mengantar mereka maju ke semi final Piala Dunia usai menyingkirkan Inggris.

Maradona kemudian mengakui bahwa gol ‘Tangan Tuhan’ tidak akan diberikan jika tayangan ulang video digunakan saat itu. “Jelas saya memikirkannya setiap kali saya menunjukkan dukungan saya untuk penggunaan teknologi,” katanya pada 2017.

Maradona juga mengaku menggunakan tangannya di pertandingan lain. “Kami beruntung karena wasit tidak melihatnya.