Bergabung Dengan Klub Rusia, Bek Maciej Rybus Resmi Dicoret Timnas Polandia Untuk Piala Dunia 2022
Bek Maciej Rybus Resmi Dicoret Timnas Untuk

NOBARTV NEWS – Manajemen timnas Polandia nampaknya tidak main-main dalam mengambil tindakan tegas bagi para pemain andai melanggar aturan-aturan yang sudah ditetapkan bersama, hal tersebut baru saja terjadi pada seorang pemain belakang mereka  Maciej Rybus.

Pemilik 66 caps bersama timnas Polandia itu baru saja di bekukan statusnya dari daftar pemain timnas yang akan berlaga di Piala Dunia mendatang, pasalnya sang pemain memilih untuk bergabung dengan klub raksasa Rusia, Spartak Moskwa, dengan status bebas transfer.

Di Konfirmasi Federasi Polandia

Usai melakukan keputusan mencoret salah satu pemain mereka. Federasi Sepak Bola Polandia (PZPN) langsung mengonfirmasi lewat akun Twitter mereka, di situ di katakan bahwa bek Maciej Rybus tidak akan dipertimbangkan untuk Piala Dunia 2022.

Rybus dicoret setelah bergabung dengan klub tersukses Liga Primer Rusia, Spartak Moskwa. Yang menarik, ia membelot setelah dilepas klub Rusia lainnya yang sekaligus rival sekota, Lokomotiv Moskwa.

Keinginan Sang Istri

Sang pemain telah di konfirmasi atas keputusan yang di ambilnya untuk membela klub Rusia tersebut, ia memilih bertahan di Moskwa karena dihadapi dilema sang istri yang  berkewarganegaraan Rusia dan berdomisili di ibu kota negara.

Masalahnya Polandia adalah sekutu setia Kyiv dan telah menjadi salah satu pendukung keuangan terbesar Ukraina sejak invasi Rusia pada 24 Februari lalu.

“Pelatih timnas Polandia, Czeslaw Michniewicz, telah berbicara dengan Maciej Rybus, yang saat ini tinggal di Polandia, setelah pemusatan latihan berakhir pekan lalu,” begitu bunyi rilis resmi PZPN, Senin (20/6).

“Pelatih menjelaskan kepada sang pemain bahwa imbas situasi klubnya saat ini, dia tidak akan dipanggil untuk pemusatan latihan pada September mendatang dan tidak akan dipertimbangkan untuk masuk dalam skuat Piala Dunia di Qatar,” begitu selanjutnya.

Debut Rybus Bersama Timnas Polandia

Rybus melakoni debut bersama timnas Polandia sejak 2009. Bek berusia 32 tahun itu juga tergabung dalam skuat Si Putih-Merah pada Piala Dunia 2018, Euro 2020, dan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Polandia lolos ke Piala Dunia 2022 melalui jalur play-off. Robert dkk dijadwalkan menghadapi Rusia pada laga pertama, tapi mereka dinyatakan menang WO [Walk-Over] setelah sang lawan dicoret imbas invasi ke Ukraina.

Sementara itu, Rybus absen lantaran positif Covid-19 saat Polandia mengalahkan Swedia 2-0 pada final play-off untuk pastikan tiket ke Qatar, akhir lalu. Adapun Polandia tergabung di C pada Piala Dunia akhir tahun ini bersama , Arab Saudi, dan .