Live Streaming Korea Selatan vs Filipina, Semifinal Piala Asia Wanita 2022
Korea Selatan vs Filipina,

NOBARTV NEWS – Piala Asia Wanita memasuki babak semifinal, salah satu laga yang akan dimainkan adalah Korea Selatan yang akan bertemu kuda hitam Filipina, laga ini akan digelar di Shivchatrapati Sports Complex, Pune India pada Kamis, 3 Februari pukul 15.00 WIB.

Luar biasa Tim Nasional Wanita Filipina berhasil mengukir sejarah, mereka menembus semifinal untuk pertama kalinya dan The Malditas, julukan Filipina, berhak meraih tiket ke putaran final Piala Dunia Wanita 2023. Tapi, Filipina diprediksi tidak akan puas jika tersingkir. Mereka ingin lolos ke final Piala Asia untuk pertama kalinya.

Torehan sejarah Putri Filipina tersebut dipastikan usai tim berjuluk The Malditas mengalahkan Taiwan pada pertandingan yang digelar di Stadion Shree Shivchhatrapati Sports Complex, Minggu (30/1/2022).  Filipina membuka keunggulan terlebih dahulu lewat aksi Quinley Quezada (49′), sebelum Taiwan menyamakan kedudukan via gol Zhuo Li-ping (82′).  Skor 1-1 itu bertahan hingga pertandingan dalam waktu normal berakhir. Alhasil, laga pun dilanjutkan ke babak extra time atau tambahan waktu.

Pada babak yang berlangsung 2×15 menit itu, baik Filipina maupun Taiwan tak ada yang berhasil menyarangkan bola ke gawang. Pertandingan pun berlanjut ke babak adu penalti untuk menentukan pemenang.  Sebanyak 4 dari 6 pemain Filipina berhasil mengeksekusi tendangan penalti, yakni Sara Castaneda, Tahnai Annis, Olivia Davies-McDaniel, dan Sarina Bolden. Sementara di kubu Taiwan, mereka cuma berhasil menyarangkan bola tiga kali ke gawang Filipina melalui tendangan Tin Chi, Wang Hsiang-hue, dan Ying-Hui Chen.  Alhasil, Filipina pun menang 4-3 melalui adu penalti dan melaju ke semifinal menghadapi Korea Selatan.

Filipina lolos dan mengukir sejarah untuk kali pertama berhasil menembus semifinal Piala Asia Wanita dan memastikan tempat di Piala Dunia Dunia Wanita 2023.

Sementara itu Korea Selatan datang kelaga ini dengan kepercayaan diri tinggi usai melumat Negara Unggulan Australia, laga yang berlangsung sengit di Shree Shiv Chhatrapati Sports Complex, Pune, India, pada Minggu (30/1/2022) sore WIB menjadi milik Korea Selatan berkat gol yang dibukukan oleh gelandang mereka, Ji So-yun.

Ji So-yun mencetak gol lewat sepakan jarak jauh pada menit ke-87. Gol itu sekaligus menjadi pukulan bagi Australia yang mendominasi jalannya pertandingan. Hasil ini terbilang mengejutkan karena Australia sejatinya memiliki peringkat yang lebih tinggi daripada Korea Selatan.

Dalam laga semifinal menghadapi Filipina, Korea Selatan memang lebh diunggulkan lolos ke partai final. Namun, bukan berarti Taegeuk Nangja akan mudah membuat tim mudah meraih kemenangan. Hal itu yang diyakini oleh Filipina, Alen Stajcic.

Fakta di perempat final sudah menunjukkan hal itu. Dalam partai 8 besar, Korsel tidak diunggulkan lawan Australia yang pernah menang 18-0 dari . Namun, nyatanya Korsel mampu membalikkan prediksi.

Stajcic meyakinkan publik Filipina bahwa The Malditas akan berjuang keras di lapangan untuk bisa memenangi laga nanti. Filipina tak mau mimpi mereka hanya sebatas lolos ke Piala Dunia. “Tak diragukan lagi bahwa mereka (Korsel) adalah favorit di sini. Tapi bukan berarti mereka otomatis memenangi laga karena mereka harus berjuang di lapangan. Saya berjanji bahwa kami akan memberikan perlawanan pada mereka,” kata Stajcic dikutip AFC.

Korsel sendiri menyadari potensi ancaman dari Filipina. Perkembangan sepak bola wanita di Filipina memang cukup bagus dengan beberapa pemain tampil di klub luar negeri.

Di Piala Asia Wanita 2022, The Malditas juga bisa menciptakan kejutan dengan mengalahkan Thailand dan Taipei. Ji So Yun dan kawan-kawan layak waspada.

Statistik Lima Laga Terakhir

Korea Selatan

  • 0-01-2022: Australia vs Korea Selatan 0-1
  • 27-01-2022: Jepang vs Korea Selatan 1-1
  • 24-01-2022: 0-2
  • 21-01-2022: Korea Selatan vs Vietnam 3-0
  • 30-11-2021: Korea Selatan vs Selandia Baru 0-2

Filipina

  • 30-01-2022: Cina Taipei vs Filipina 1-1, adu penalti 3-4
  • 27-01-2022: Filipina vs Indonesia 6-0
  • 24-01-2022: Filipina vs Australia 0-4
  • 21-01-2022: Thailand vs Filipina 0-1
  • 24-09-2022: Filipina vs Hong Kong 2-1

Head To Head

Dari laga head to head, kedua tim pernah bertemu dua kali, dan kesemunya dimenangkan oleh Korea Selatan dengan skor yang cukup telak, apakah Filipina akan menyerah begitu saja dalam laga semifinal kali ini, kita tungu saja.

16-04-2018: Filipina vs Korea Selatan 0-5

24-03-2008: Korea Selatan vs Filipina 4-0

Prediksi Line Up

Korea Selatan (4-4-2): Kim Jung Mi; Choo Hyo Joo, Kim Hye Ri, Lim Seon Joo, Shim Seo Yeon; Cho So Hyun, Lee Geum Min, Lee Young Ju, Ji So Yun; Choe Yu Ri, Son Hwa Yeon.

Pelatih: Colin Bell

Filipina (5-3-2): Olivia McDaniel; Eva Madarang, Hali Long, Sofia Harrison, Kristen Ryley Bugay, Dominique Randle; Katrina Guillou, Quinley Quezada, Jessica Miclat; Chandler McDaniel, Sarina Bolden.

Pelatih: Alen Stajcic

Prediksi Laga

Dalam laga ini kedua pelatih diperkirakan akan mempertahankan susunan pemain seperti laga perempat final. Perubahan gaya dapat diterapkan Bell di laga ini, dari berain agak bertahan melawan Australia, jadi lebih ofensif. Taegeuk Nangja bisa mengandalkan Son Hwa Yeon dan Choe Yu Ri di depan. Sedangkan Stajcic harus benar-benar detail terhadap kondisi skuadnya. Korea Selatan yang lebih diunggulkan akan melakukan inisitaif penyerangan dengan bola-bola cepat, Filipina kan lebih disiplin dalam bertahan, prediksi kami laga ini akan dimenangkan Korea Selatan dengan skor 2-0.

Link Live Streaming