Rekap Piala AFF 2022: Juara, Top Skor, dan Fakta-fakta Lainnya!

Rekap Piala AFF 2022: Juara, Top Skor, dan Fakta-fakta Lainnya!

NOBARTV NEWS – Piala 2022 sudah selesai diselenggarakan. Timnas sukses mempertahankan gelarnya secara berturut-turut. Tadi malam, tim Gajah Perang itu meraih titel ke-tujuhnya dalam ajang Piala AFF. Keberhasilan itu tak lepas dari kemenangan tipis 1-0 dkk atas .

Selain dipastikannya keluar sebagai juara, berikut beberapa fakta lainnya terkait Piala AFF 2022!

kuis tebak skor 21 s/d 23 Januari

 

1. Thailand Jadi Tim Terbaik di Piala AFF Sepanjang Sejarah

Dalam 14 edisi Piala AFF, menjadi tim terbaik karena mereka telah menjuarainya sebanyak 7 kali. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di antara kontestan lainnya.

2. Teerasil Dangda dan Nguyễn Tiến Linh Berbagi Top Skor

Top skor Piala AFF 2022 dipegang oleh dua pemain. Teerasil Dangda dan Tiến Linh sama-sama mencetak 6 gol sepanjang turnamen. Hanya saja, Dangda tidak tampil di dua laga . Sementara itu Tiến Linh tampil baik di kandang atau di Thammasat Stadium kandang Thailand.

Andai saja Dangda memiliki jumlah pertandingan sebanyak Tiến Linh, barangkali striker BG Pathum itu lebih banyak mencetak gol di even tersebut.

Berita Terkait:  SEA Games 2021 : Park Hang-Seo Enggan Remehkan Timnas Indonesia

3. Theerathon Bunmathan Sabet Penghargaan sebagai Pemain Terbaik

Penampilan kapten Thailand sangat mengesankan sepanjang Piala AFF 2022 ini. Meski tak diperkuat yang di edisi sebelumnya (2020) tampil menggila, Theerathon sukses menggantikan perannya sebagai pengganti yang sepadan. Bahkan, ia sukses memimpin tim Gajah Perang menjuarai even tersebut meski tak diperkuat oleh nama tadi.

4. Timnas Malaysia Dapat Penghargaan Fair Play

Timnas Malaysia bernasib sama seperti Indonesia. Tim berjuluk Harimau Malaya itu hanya finis sebagai semi-finalis. Di babak semifinal kemarin, anak asuh Kim Pan-gon itu disingkirkan oleh Timnas Thailand dengan skor agregat 3-1.

Akan tetapi, penampilan positif mereka sepanjang turnamen ini menjadikan AFF memberikannya penghargaan sebagai tim fair play.

5. Marselino Ferdinan Keluar sebagai Pemain Muda Terbaik

Untuk kedua kalinya secara berturut-turut, pemain asal Indonesia meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik di Piala AFF. Di edisi Piala AFF 2020 kemarin, bek sayap Tokyo Verdy Pratama Arhan menyabet gelar tersebut.

Berita Terkait:  Piala Malaysia: Saddil cs Gugur, Jordi Amat Bawa JDT Melaju ke Babak Final!

Adapun di edisi kali ini, Ferdinan meraih penghargaan yang sama. Sepanjang Piala AFF 2022 kemarin, mencetak satu gol. Gol tersebut ia lesakkan ke gawang di fase grup.

6. Jumlah Penonton Rata-rata 18.445 / Pertandingan

Secara keseluruhan, penonton yang hadir dalam total 26 pertandingan dari fase grup hingga babak kemarin dihadiri oleh 479.591 penonton. Jika dirata-rata kan, jumlah penonton untuk setiap pertandingan menjadi 18.445 orang.

Jumlah tersebut sangatlah banyak jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya (2020). Kehadiran penonton ini tak lepas dari format round robin yang diterapkan AFF. Di Piala AFF 2020 kemarin, Singapura bertindak sebagai tuan rumah. Hal ini membuat suporter yang hadir tak sebanyak ketika bermain di kandang masing-masing.

7. 26 Pertandingan, 90 Gol yang Tercipta

Dari segi gol yang tercipta, Piala AFF 2022 juga lebih unggul dibandingkan 2020. Di edisi sebelumnya, total gol yang berhasil bersarang ada 88 gol atau 3,38 per pertandingan. Sedangkan di Piala AFF 2022, jumlah gol yang dicetak sebanyak 90 gol atau 3,46 per pertandingan.

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Related Articles

Responses