Pelatih Tersukses di Piala AFF, Mano Polking Merangsek ke Posisi Kedua Sepanjang Sejarah!

Pelatih Tersukses di Piala AFF, Mano Polking Merangsek ke Posisi Kedua Sepanjang Sejarah!

NOBARTV NEWS – Kesuksesan dkk mempertahankan gelar Piala tidak hanya membuat publik sepak bola larut dalam kesenangan. Keluar sebagai juara di even Piala juga membuat pelatih Thailand Alexander ‘Mano’ Polking masuk dalam jajaran pelatih tersukses sepanjang sejarah even tersebut.

Tercatat, dalam 14 edisi Piala sejak tahun 1996 hingga tahun 2022 kemarin, terdapat 9 pelatih berbeda yang telah membawa timnya menjadi juara. Dan dalam 14 edisi itu pula, hanya 4 tim yang sudah pernah merasakan Piala .

kuis tebak skor 21 s/d 23 Januari

 

Lalu, di antara 9 pelatih tersebut, siapa pelatih yang paling sukses? Berikut ulasannya!

1. Radojko ‘Raddy’ Avramovic (3 Gelar)

Selama berkarir sebagai seorang pelatih, Radojko Avramovic pernah menukangi banyak tim. Dan tercatat, ia pernah menukangi 4 berbeda. Empat tersebut adalah Oman, Kuwait, Singapura, dan Myanmar.

Dari sekian banyaknya tim yang sudah ditukanginya itu, ia paling lama menukangi Timnas Singapura. Avramovic menukangi Timnas Singapura sejak tahun 2003 hingga 2012. Sembilan tahun di Singapura, ia telah mempersembahkan tiga gelar Piala AFF. Pertama pada tahun 2004, lalu 2007, dan terakhir di tahun 2012.

Berita Terkait:  Live Streaming Vietnam U-19 vs Filipina U-19 Piala AFF U-19 2022 Grup A

2. Alexander ‘Mano’ Polking (2 Gelar)

Secara berturut-turut, pelatih asal Brasil Mano Polking berhasil memberikan gelar juara Piala AFF bagi . Di Piala AFF 2020 kemarin, berhasil memenangkan laga final dengan Timnas Indonesia.

Sementara itu, di Piala ini, Mano Polking lagi-lagi membawa tim Gajah Perang keluar sebagai juara usai menumpas Timnas .

3. Peter White (2 Gelar)

Tak hanya Mano Polking saja, pelatih asal Inggris Peter White juga pernah membawa Thailand keluar sebagai kampiun Piala AFF sebanyak dua kali. Peter membawa tim Gajah Perang menjuarai even tersebut pada dua edisi yaitu pada tahun 2000 dan 2002.

4. Kiatisuk Senamuang (2 Gelar)

Legenda hidup sepak bola Thailand Kiatisuk Senamuang melengkapi karir sepak bolanya dengan begitu indah. Selain pernah meraih juara Piala AFF sebagai pemain, ia juga pernah memberikan gelar serupa ketika menjadi pelatih.

Dua gelar Piala AFF untuk Thailand sudah pernah dipersembahkan oleh pelatih 49 tahun itu. Dua gelar tersebut didapatkan pada Piala AFF edisi 2014 dan 2016.

Berita Terkait:  Park Hang-seo Pede Masuk Final, Sudah Kirim Asistennya Pantau Laga Malaysia Vs Thailand

5. 1 Gelar untuk Masing-masing 5 Pelatih Lainnya

Lima gelar Piala AFF lainnya didapatkan oleh lima pelatih yang berbeda. Mereka adalah Thawatchai Sartjakul 1 gelar diberikannya untuk Thailand pada tahun 1996. Lalu Barry Whitbread untuk Timnas Singapura pada Piala AFF 1998.

Adapula pelatih asal Portugal Henrique Calisto 1 gelar dipersembahkannya untuk Timnas pada Piala AFF 2008. Ada juga Datuk K. Rajagopal yang turut mempersembahkan 1 gelar untuk Timnas pada Piala AFF 2010 dan terakhir Park Hang-seo yang juga memberikan gelar serupa untuk pada tahun 2018 lalu.

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Related Articles

Responses

  1. Bagi saya Park Han Seo pelatih terbaik di kawasan Asean berhasil membawa Vietnam berprestasi di kelompok umur dan tim senior, Vietnam U-23 berhasil meraih 2x emas Sea Games, lolos ke final piala Asia U-23, di tim senior PHS berhasil menjadi juara AFF dan lolos ke perempat final Piala Asia 2019