Timnas Indonesia

Persija Belum Lepas Seluruh Pemainnya, Begini Respons Indra Sjafri

NOBARTV NEWS – Persija lagi-lagi melakukan hal yang sama seperti pemusatan latihan sebelum-sebelumnya. Tim asal ibukota itu belum melepas seluruh pemainnya ke TC . Di TC Garuda muda jelang Piala Asia U-20 Pebruari lalu, Persija melakukan hal yang sama.

Sebagaimana diketahui, sejak 1 Maret 2023 kemarin, telah memimpin pemusatan latihan skuad Timnas U-22 sebagai persiapan jelang tampil di SEA Games 2023. Even tersebut bakal digelar di . Khusus untuk cabang olahraga sepak bola, ada 10 tim yang bakal bersaing untuk memperebutkan gelar juara.

Pada edisi sebelumnya di tahun 2021 ketika Vietnam menjadi tuan rumah (SEA Games), Indonesia hanya mampu meraih juara ketiga alias mendapatkan medali perak. Gelar juara ketiga itu didapatkan skuad Garuda usai menumpas perlawanan Timnas Malaysia. Di babak semifinal, skuad asuhan Shin Tae-yong (pelatih SEA Games saat itu) dikalahkan Timnas Thailand.

Oleh sebab itu, sebagai persiapan panjangnya, sejak 1 Maret kemarin, Indra telah memulai pemusatan latihan. Saat itu, Indra memanggil 34 pemain. Lalu diseleksi menjadi 17 pemain. Di minggu kedua bulan Maret, Indra kembali memanggil 17 pemain lain untuk mengikuti TC lanjutan. Pemain yang lolos dari TC lanjutan (gelombang kedua) itu lalu dipanggil lagi pada 1 April kemarin.

Selain pemain yang lolos TC gelombang kedua, Indra juga memanggil beberapa pemain yang tampil reguler di Liga 1 sehingga total ada 36 pemain untuk TC pada bulan ini. Jumlah tersebut belum ditambah dengan tujuh pemain Garuda muda yang sebelumnya gagal tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Namun sayangnya, meski pemusatan latihan tersebut sudah memasuki hari ke-10 (10/04), namun tak semua pemain sudah bergabung. Sebab Persija sampai saat ini masih menahan beberapa pemainnya. Di even sebelumnya (TC Piala Asia U-20), Persija juga sempat menahan banyak pemainnya ketika dipanggil oleh Shin Tae-yong (pelatih Timnas U-20).

Pelatih Timnas U-22 Indra merespon beberapa pemain yang belum bergabung dengan cukup santai. Kata Indra, jika pemain tersebut main reguler di klub, maka ia tak mempersoalkan jika yang bersangkutan belum bergabung dengan TC yang dipimpinnya.

“Yang belum datang dari Persija karena mereka masih bermain (di Liga 1). Tapi sebagian sudah datang. Jadi pemain-pemain sesuai dengan kesepakatan pelatih kalau dia bermain reguler silakan bermain di klub,” kata .

“Kalau tidak bermain reguler, datang ke TC. Ini pemain-pemain yang tidak bermain sudah datang semua,” ujarnya menambahkan.

Awalnya, pemain yang dipanggil Indra dari skuad adalah Rio Fahmi dan Witan Sulaeman. Namun karena adanya penambahan dari skuad Garuda muda, maka ada beberapa pemain Persija lainnya yang juga diminta bergabung. Mereka adalah Muhammad Ferrari, Dony Tri Pamungkas, dan Achmad Maulana Syarif.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid