Timnas Indonesia

Pelatih Dewa United Soal Egy MV: Jangan Tekan Dia Pergi ke Luar Negeri!

NOBARTV NEWS – Kepindahan Egy ke Dewa United tidak hanya menjadi perbincangan para netizen saja. Sang pelatih Jan Olde Riekerink juga ikut angkat suara. Pelatih asal itu membela keputusan Egy – dan meminta tidak usah memaksa sang pemain untuk berkarir di luar negeri.

Sebagaimana diketahui, Egy telah memutuskan untuk pulang ke tanah air. Setelah kurang lebih lima tahun di Eropa, pemain sayap Timnas itu memutuskan untuk kembali ke kampung halaman.

Selama di Eropa, Egy telah membela tiga tim berbeda di dua negara. Ia pernah berkarir di Lechia Gdansk (Polandia) dan pernah juga bermain di FK Senica serta (). Khusus untuk klub terakhir, kontrak sang pemain sejatinya masih bertahan, hanya saja Egy memutuskan untuk mengakhiri kerjasama tersebut. Belum satu musim sejak Agustus 2022 lalu, Egy menyatakan dirinya berpisah dengan ViOn.

Keputusan Egy untuk pulang alih-alih mencari klub Eropa lainnya membuat banyak fans Timnas meradang. Pasalnya, Egy dianggap sebagai salah satu pemain yang menjanjikan. Meski ia jarang mendapatkan kesempatan untuk bermain di klubnya, namun pelatih Timnas Indonesia selalu memberikan kepercayaan kepadanya.

Sayang, Egy juga memiliki alasan tersendiri di balik keputusannya itu. Ia merasa performanya tak meningkat karena jarang dimainkan. Hal itu bisa dilihat ketika Piala AFF 2022 kemarin.

Atas dasar itu, Egy pun sepakat untuk mengakhiri kerjasama tersebut. Pihak ViOn Zlate Moravce juga menerima alasan yang diberikan dari sang pemain. Dan pada akhir bulan kemarin (Januari), Egy akhirnya resmi membela salah satu klub promosi Liga 1 Dewa United.

Namun sayangnya, meski Egy sudah menjelaskan alasannya (pulang ke Indonesia) tersebut, namun banyak orang yang sangat menyesalinya. Pasalnya, mereka merasa jauh lebih senang jika pemain tim nasional bermain di luar negeri. Karena bagi mereka, Liga 1 tidak akan meningkatkan kualitas sang pemain – justru permainan mereka akan lebih menurun karena kualitas liga yang dianggapnya sering carut marut ini.

Dan ternyata, permintaan dari banyak orang yang menginginkan Egy tetap bermain di Eropa itu terdengar oleh pelatih Dewa United Jan Olde Riekerink.

“Saya senang dengannya [Egy], biarkan dia bermain dan enjoy pertandingan, beri tantangan dan pada akhirnya dia akan tunjukkan yang dia bisa berikan,” kata sang pelatih kemarin.

Jan Olde meminta jangan memberikan tekanan kepada Egy untuk bermain di luar negeri lagi. Sebab tugas Egy saat ini adalah hanya berkembang dan menikmati permainannya dengan Dewa United.

“Saya sangat suka dia. Biarkan dia berkembang. Jangan berikan tekanan untuk pergi ke negara-negara luar, biarkan dia enjoy. Ke depannya kita tidak akan tahu,” sambung eks pelatih Galatasaray ini.

“Saya pikir dia sangat muda dengan kualitas tertingginya, saya rasa di klub kami, kami bisa develop Egy, juga dengan tipe pemain lainnya. Intensitas latihannya tinggi, satu kalimat yang penting, setiap talenta itu berkembang dengan tantangan yang dia terima,” tutup pelatih kelahiran 22 Pebruari 1963 itu.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

13 Comments