Hasil Laga Villarreal vs Liverpool

NOBARTV NEWS – Laga antara vs di leg ke 2 babak semifinal Eropa musim ini berakhir dengan skor 2-3 untuk kemenangan Liverpool.

Laga antara diketahui telah digelar di Stadion El Madrigal pada Rabu 4 Mei 2022.

Tiga gol kemenangan Liverpool pada waktu itu dicetak oleh Fabinho, Luis Diaz, dan Sadio Mane, sementara dua gol Villarreal dicetak oleh Boulaye Dia dan Francis Coquelin.

Ulasan Laga Villarreal vs Liverpool

Villarreal memakai formasi 4-4-2 sejak awal laga, Unai Emery selaku pelatih Villarreal mamasang duet Gerrard Moreno dan Boulaye Dia di lini depan, didukung Dani Parejo, Capoue, Coquelin, dan G Lo Celso di lini tengah, sementara untuk lini belakang ada J Foyth, Raul Albiol, Pau Torres, dan Estupinan, serta Rulli sebagai kiper.

Di sisi lain, Liverpool memakai formasi 4-3-3 sejak awal laga, dengan memainkan Diogo Jota, Mohamed Salah, dan Sadio Mane di lini serang, didukung Fabinho, Naby Keita, dan Thiago di lini tengah, sedangkan di lini pertahanan ada Virgil Van Dijk, Konate, Robertson, dan Trent Alexander Arnold, serta Allison sebagai kiper.

Bermain di kandang sendiri, Villarreal langsung tancap gas untuk menyerang, alhasil pada menit ke 3 di babak pertama Villarreal berhasil mencetak gol pembuka melalui Boulaye Dia.

Usai gol pertama tercipta, Villarreal semakin agresif dalam melakukan serangan, selain itu Villarreal juga melakukan pressing tinggi hingga menyulitkan pemain Liverpool untuk berkreasi.

Di babak pertama, Liverpool tampak benar-benar dibuat kaget oleh strategi pressing ketat dari Villarreal, ditambah lagi banyak pemain Liverpool yang salah passing, sehingga membuat anak asuhan Jurgen Klopp kuwalahan di babak pertama.

Lima menit jelang akhir babak pertama, Villarreal kembali membuat gol, kali ini melalui Francis Coquelin. Babak pertama pun ditutup dengan skor 2-0 untuk kemenangan Villarreal.

Pada babak ke 2, Liverpool tampak berinisiatif menguasai permainan, hasilnya perlahan-lahan pemain Liverpool dapat menciptakan beberapa peluang di awal babak ke 2. Di sisi lain, Villarreal tampak sedikit menurun performanya di babak ke 2.

Berkat kesabaran para pemain Liverpool untuk mencari celah di pertahanan Villarreal, gol pertama Liverpool pun tercipta melalui tendangan keras dari Fabinho.

Lima menit berselang, Liverpool kembali mencetak gol, kali ini melalui sundulan dari Luis Diaz. Tujuh menit setelah gol keduanya, Liverpool kembali mencetak gol melalui sontekan dari Sadio Mane.

Saat di posisi tertinggal, Villarreal sebenarnya menciptakan beberapa peluang, namun selalu gagal membuahkan hasil.

Hingga akhir pertandingan, skoe 2-3 untuk kemenangan Liverpool tidak berubah.

Statistik Laga Villarreal vs Liverpool

Jika dilihat dari statistik akhit pertandingan, Liverpool tampak lebih mendominasi daripada Villarreal.

Diketahui bahwa Liverpool mampu mencatat 15 kali tendangan ke gawang (5 on target), sementara Villarreal hanya bisa mencatat 5 kali tendangan ke gawang (2 kali on target).

Dalam hal penguasaan bola, Liverpool juga tampak lebih unggul daripada Villarreal, diketahui bahwa Liverpool mampu mencatat 57% penguasaan bola (428 passing dan 75% akurasi passing), di sisi lain Villarreal mencatat 43% penguasaan bola (336 passing dan 69% akurasi passing).

Berkat kemenangan ini, Liverpool unggul skor agregat 5-2 dan berhak lolos ke babak final Liga Champions Eropa musim ini. Liverpool saat ini menunggu sang lawan di babak final, dua calon lawan Liverpool yakni Real Madrid dan Manchester City.