Timnas Indonesia

Legenda Timnas Indonesia Minta Skuad Garuda Waspadai Lawan di SEA Games 2023

NOBARTV NEWS – Legenda Timnas Indonesia Firman Utina meminta skuad Garuda untuk tetap waspada di SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, pada Selasa 25 April mendatang, rombongan Timnas Indonesia akan berangkat ke Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023. Di even tersebut, Timnas Indonesia tergabung dalam bersama tuan rumah Kamboja. Selain itu, adapula Timnas Myanmar, Timor-Leste, dan Filipina.

Beberapa tahun silam, kekuatan tim-tim tersebut tidak terlalu diperhitungkan. Bahkan, sekelas Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste, ke-tiga tim tersebut bisa dikatakan selalu menjadi lumbung gol bagi Timnas Indonesia. Entah itu ketika bertemu di FIFA Matchday, Piala AFF, atau even sekelas SEA Games.

Akan tetapi, skuad Garuda tentu tak bisa meremehkan mereka. Terlebih Kamboja, tim yang bakal bertindak sebagai tuan rumah SEA Games ini tentunya memiliki persiapan yang sangat matang. Selain itu, dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini, Timnas Kamboja pantas disebut sebagai tim nasional yang sedang mengalami perkembangan pesat.

Contoh kecil bisa dilihat ketika skuad Timnas Indonesia dan Kamboja bertemu di ajang Piala AFF 2022 kemarin. Saat itu, skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut menjamu Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Namun sepanjang 90 menit pertandingan, anak asuh Shin Tae-yong itu hanya menang tipis 2-1 dari sang lawan.

Tiga atau empat tahun yang lalu, skuad Garuda bisa memborbardir gawang Kamboja dengan banyak gol. Namun kali ini tidak demikian. Hal itupun yang menjadi perhatian dari legenda Timnas Indonesia Firman Utina. Pemain yang dulunya berposisi sebagai gelandang bertahan itu meminta skuad Garuda untuk bersiap-siap. Karena lawan-lawannya kali tentu tidak seperti beberapa tahun yang lalu.

Firman juga meminta kepada PSSI untuk memperhatikan hal tersebut. Jangan sampai kita hanya fokus kepada tim sendiri – namun kurang perhatian dengan tim lawan.

“Di SEA Games ini saya rasa semua tim sangat siap. Kamboja juga lagi bagus-bagusnya, dulu bisa kita kalahkan 6-0 sampai 8-0, tapi sekarang agak sulit. Ini yang harus jadi perhatian PSSI. Tim di PSSI jangan fokus ke tim sendiri, tapi juga ke tim lawan,” kata Firman Utina.

“Tapi saya rasa kita masih bisa berbicara di SEA Games, ditambah dukungan dari pemerintah serta PSSI yang baru ini, otomatis ingin menggapai yang bisa kita kenang dengan menjuarai SEA Games,” ujarnya menambahkan.

Adapun kemarin, pada Jumat 21 April, PSSI telah mengumumkan 20 pemain untuk even tersebut. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

  1. Alfeandra – PSIS Semarang

  2. Muhammad Fajar Fathurrahman – Borneo FC Samarinda

  3. Ilham Rio Fahmi – Persija Jakarta

  4. Witan Sulaeman – Persija Jakarta

  5. Ramadhan Sananta – PSM Makassar

  6. Rizky Ridho Ramadhani – Persija Jakarta

  7. Amiruddin – Barito Putera

  8. Muhammad Ferarri – Persija Jakarta

  9. Pratama Arhan – Tokyo Verdy (Jepang)

  10. Marselino Ferdinan – KMSK (Belgia)

  11. Beckham Putra Nugraha – Persib Bandung

  12. Ernando Ari Sutaryadi – Persebaya Surabaya

  13. Komang Teguh Trisnanda – Borneo FC

  14. Irfan Jauhari – Persis Solo

  15. Titan Agung Bagus Fauzi – Bhayangkara FC

  16. Jeam Kelly Sroyer –

  17. Muhammad Adisatryo – PSIS Semarang

  18. Mohammad Haykal Alhafiz – PSIS Semarang

  19. Muhammad Taufany Muslihuddin – Borneo FC Samarinda

  20. Ananda Raehan Alif – PSM Makassar

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

18 Comments