Timnas Indonesia

Legenda Timnas Indonesia Bambang Pamungkas soal Pemain Naturalisasi: Bukan Hal yang Salah!

NOBARTV NEWS – Legenda Timnas Indonesia ikut bersuara terkait masifnya proses naturalisasi pemain di skuad Garuda. Menariknya, Bambang mengaku tak mempermasalahkan hal tersebut.

Seperti yang diketahui, PSSI era Erick Thohir memang dikenal masif untuk melakukan proses naturalisasi. Beberapa waktu lalu, satu pemain untuk Timnas Indonesia senior resmi dijadikan sebagai WNI. Adalah Shayne Pattynama, pemain Viking FK itu resmi menjadi pemain pertama yang merampungkan proses naturalisasinya di era Erick Thohir. Sejatinya, Pattynama sudah melakukan proses tersebut sejak PSSI masih dipimpin oleh Mochamad Iriawan. Ia bersama Sandy Walsh dan Jordi Amat menjadi tiga nama yang direkomendasikan untuk melakukan proses naturalisasi. Namun sayangnya, hanya Jordi Amat dan Sandy Walsh lah yang akhirnya merampungkan proses naturalisasi lebih dulu.

Setelah Shayne Pattynama, terdapat dua pemain muda lainnya yang juga resmi dinaturalisasi. Menariknya lagi, kedua pemain tersebut juga melakukan proses naturalisasi sejak masa kepemimpinan Mochamad Iriawan. Namun di era Erick Thohir, keduanya baru diresmikan sebagai WNI. Dua pemain yang dimaksud adalah Ivar Jenner dan .

Setelah lima pemain tersebut kini berstatus sebagai WNI, PSSI dikabarkan sedang melanjutkan proses serupa. Kali ini, tiga nama baru sedang digodok dan diusahakan resmi sebagai WNI pada akhir tahun ini. Mereka adalah Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, dan Jay Idzes.

Ketiga pemain tersebut diharapkan bisa menyelesaikan seluruh proses naturalisasinya sebelum Timnas Indonesia tampil di dua even penting tahun depan. Diketahui, pada tahun 2024 mendatang, skuad Timnas Indonesia bakal berlaga di 2023 dan 2026. Selain itu, untuk tim kelompok umur, skuad Garuda muda juga bakal mentas di Piala Asia U-23 2024.

Sayangnya, di tengah-tengah usaha PSSI untuk membentuk skuad mumpuni untuk berbagai even tersebut, masih selalu ada sindiran serta cemoohan yang ditujukan kepada pemain naturalisasi itu. Umumnya mereka tak sepakat dengan program naturalisasi tersebut.

Legenda Timnas Indonesia Bambang Pamungkas soal Pemain Naturalisasi: Bukan Hal yang Salah!
Salah satu calon pemain naturalisasi Jay Idzes

Di samping banyaknya ketidaksetujuan banyak orang, hal berbeda justru disampaikan oleh legenda Timnas Indonesia itu sendiri. Adalah , eks striker legendaris Timnas Indonesia ini justru tidak mempermasalahkan naturalisasi di skuad Garuda. Sebab menurutnya, naturalisasi adalah hal wajar dan dilakukan di seluruh dunia.

“Bagi saya, naturalisasi bukan hal yang salah. Toh, tidak melanggar aturan. Toh, tiap negara di dunia juga melakukan hal tersebut,” terang Bambang Pamungkas.

“Naturalisasi hanya menyiapkan tim dalam jangka waktu pendek, hanya lima tahun. Lebih dari itu, kita harus menyiapkan agar generasi muda kita agar menjadi pesepak bola yang baik,” tegasnya lagi.

“Artinya, harus ada balancing di mana naturalisasi dilakukan, tapi pembinaan usia dini juga dijalankan. Masa depan sepak bola itu di situ. Makanya, kalau hanya jangka pendek yang dilakukan itu akan jadi kebutuhan terus-menerus,” katanya memungkasi.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid