Kompak! Tiga Alumni Liga Malaysia Akui Liga 1 Jauh Lebih Baik

Kompak! Tiga Alumni Liga Malaysia Akui Liga 1 Jauh Lebih Baik

NOBARTV NEWS – Tiga pemain yang pernah merumput di Liga Super Malaysia berikut menilai kompetisi Liga 1 jauh lebih baik.

Seperti yang diketahui, Liga 1 musim 2023-2024 ini lebih berbeda jika dibandingkan dengan kompetisi sebelumnya. Berbagai terobosan baru diterapkan oleh PSSI era Erick Thohir.

Ya, untuk pertama kalinya, BRI Liga 1 akhirnya dibuka dengan status Erick Thohir sebagai pemimpin federasinya. Musim lalu, BRI Liga 1 dipimpin oleh dua orang yang berbeda. Di awal musim lalu, Ketua Umum PSSI masih dijabat oleh Mochamad Iriawan. Dan menjelang akhir musim, pucuk kepemimpinan di Federasi Sepakbola Indonesia itu telah berganti dan dipimpin oleh Erick Thohir.

Akibatnya, Erick tak bisa berbuat banyak meskipun saat itu ia sudah terpilih sebagai Ketum PSSI. Sebab tidak mungkin baginya untuk mengubah regulasi yang sudah dibuat di masa kepemimpinan Iriawan. Walaupun demikian, Erick berhasil menyelesaikan kompetisi tersebut – bahkan sang Ketua Umum mengeluarkan 2 miliar rupiah sebagai hadiah untuk juara Liga 1 saat itu PSM Makassar.

Oleh sebab itu, untuk Liga 1 musim 2023-2024 ini, Erick akhirnya berhasil membuka Liga 1 dengan ia sebagai ketuanya. Di Liga 1 musim ini, beberapa regulasi baru dibuat oleh PSSI. Salah satu regulasi baru yang cukup dirasakan adalah terkait dengan jumlah pemain asing.

Untuk pemain asing, PSSI dan PT LIB selaku operator Liga 1 musim 2023-2024 memberikan kuota lima pemain asing bebas dan satu harus berasal dari Asia Tenggara untuk tiap-tiap klub. Sejauh ini, beberapa pemain Asia Tenggara tersebut memberikan penampilan yang cukup memukau di Liga 1. Tak hanya itu saja, beberapa pemain asing eks Liga tetangga seperti Malaysia juga berbondong-bondong untuk berkarier di Indonesia.

Menariknya, dari beberapa pemain asing yang pernah merumput di Liga Malaysia itu, mereka menyebut bahwa Liga 1 jauh lebih baik dibanding dengan tempat mereka berkarier sebelumnya. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

1. Junior Eldstal

Bek tengah Dewa United yang dipinjam dari Johor Darul Takzim ini menyebut Liga 1 adalah yang terbaik untuk saat ini.

“Indonesia sekarang adalah yang terbaik, liga terbaik. Banyak tim yang bisa menang dan banyak juga yang bisa tersingkir,” kata pemain Timnas Malaysia itu.

2. Christan Rontini

Pemain Timnas Filipina yang kini berkarier untuk Persita Tangerang ini menyebut Liga 1 lebih terorganisir.

“Pada dasarnya, level tim sudah berbeda, karena di Indonesia tim lebih terorganisir. Di Malaysia, saya melihat jarak yang besar antara 10 tim terbawah dengan lima besar,” ujar eks pemain Kelantan FA itu.

3. Levy Madinda

Pernah bermain di beberapa klub Malaysia seperti Sabah, Johor Darul Takzim, hingga Negeri Sembilan FC, gelandang serang yang kini bermain di Persib Bandung ini mengatakan atmosfer Liga 1 lebih baik dibanding Malaysia.

“Memang keduanya (Liga 1 dan Malaysia) sama-sama berada di level top. Tapi intensitasnya berbeda. Saya menyukai atmosfer pertandinga dan Liga 1 bagus. Saya suka Liga ini,” ujar mantan pemain Timnas Gabon itu.

Penulis:
Editor: Andri Yarusman

Dapatkan berita & prediksi bola terupdate dari kami dengan mendownload APK NOBARTV NEWS di Google Playstore | Google News.

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Responses

Comments are closed.