Timnas Indonesia

Kepindahan Elkan ke Cheltenham Town Jadi Sorotan Media Asing BBC

NOBARTV NEWS – Beberapa hari lalu, kita dibuat terkejut dengan transfer bek Timnas Indonesia Elkan Baggott. Bukannya kembali ke klub asalnya Ipswich Town, namun sang pemain justru dipinjamkan lagi ke Town. Namun sebenarnya, bukan hanya kita saja, media luar negeri seperti BBC juga dibuat terkejut dengan transfer dadakan itu.

Sebagaimana diketahui, Baggott akhirnya berpisah dengan . Gillingham merupakan klub ketiga yang pernah dibela Baggott. Sebelumnya, bek tengah itu sempat dipinjamkan Ipswich ke King's Lynn pada tahun 2021. Akan tetapi, di klub tersebut Baggott hanya menghabiskan beberapa bulan saja.

Pada 31 Mei 2021, ia kembali ke Ipswich Town dan bermain untuk tim U-18. Tak butuh waktu lama, Baggott naik kelas ke tim U-21 dan pada akhirnya, ia dipinjamkan ke klub League Two pada 8 Juli 2022 lalu.

Di Gillingham, Baggott menjadi pemain andalan. Di klub tersebut, Baggott selalu diturunkan oleh sang pelatih Neil Harris. Peran bek tengah 20 tahun itu tak tergantikan di skuad berjuluk The Gills itu. Total, ia telah membuat tiga gol dalam 4 kompetisi yang diikuti Gillingham.

Dan secara mengejutkan, pada 19 Januari kemarin, ia kembali ditarik oleh Ipswich Town dari masa peminjaman. Tak butuh waktu lama, Ipswich kembali meminjamkan sang pemain ke klub Town. Untuk diketahui, Ipswich Town juga bermain di kompetisi tersebut (League One). Dipinjamkannya sang pemain jelas agar ia mendapatkan jam terbang yang lebih tinggi.

Di kubu Cheltenham sendiri, skuadnya memiliki umur rata-rata 23,8 tahun. Sebuah usia yang sangat muda untuk ukuran sebuah tim Liga Inggris. Dengan dimayoritasi dengan pemain muda itu, diharapkan Baggott tidak mengalami kendala untuk beradaptasi – apalagi melihat rekam jejaknya di Gillingham yang cukup baik.

“Cheltenham Town mengontrak Elkan Baggott dari Ipswich dengan status pinjaman hingga akhir musim setelah bek tersebut dipanggil kembali dari tugasnya di Gillingham,” tulis BBC News.

“Pemain Timnas Indonesia itu menjadi rekrutan kedua klub League One di bursa transfer Januari 2023,” lanjut media tersebut.

Sejatinya, Baggott akan menjalani debutnya dengan Cheltenham Town di laga tandangnya melawan Argyle Plymouth tadi malam. Namun sayang, sang pelatih Wade Elliott terpaksa tidak mengikutsertakannya karena ternyata Baggott tengah sakit.

Tanpa bek andalan Timnas Indonesia itu, Cheltenham tumbang dengan skor akhir 4-2. Akan tetapi, di laga berikutnya, Baggott berpeluang untuk menjalani debutnya yaitu ketika menjamu Sheffield Wednesday F.C. pada 25 Januari 2023 mendatang.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

8 Comments