Timnas Indonesia

Kata Muhammad Ragil dan Esal Sahrul Usai Debut dengan Timnas Indonesia U-23

NOBARTV NEWS – Dua debutan Timnas Indonesia U-23 dan Muhammad Ragil mengungkapkan perasaannya usai menjalani debutnya bersama skuad Garuda.

Seperti yang diketahui, pada ajang Piala AFF U-23 tahun ini, Shin Tae-yong membawa beberapa pemain baru dari 23 nama yang dipersiapkan. Tercatat, lebih dari tiga nama baru yang dibawa oleh pelatih asal Korea Selatan itu. Pemain-pemain tersebut adalah Rifky Dwi Setiawan, , Muhammad Ragil dan beberapa nama lainnya.

Para pemain baru yang dibawa tersebut merupakan hasil penjajakan yang dilakukan oleh Shin Tae-yong selama beberapa pekan di Liga 1 musim 2023-2024. Ya, dalam beberapa pertandingan, Shin beberapa kali tertangkap kamera tengah menyaksikan pertandingan di kasta tertinggi Liga Indonesia itu.

Dalam keterangan yang berasal dari beberapa sumber, Shin memang sengaja menyaksikan pertandingan itu demi mencari pemain baru untuk skuad Garuda. Sebab di tahun ini saja, beberapa ajang bakal diikuti oleh Timnas Indonesia. Dengan demikian, Shin butuh beberapa pemain baru untuk berlaga di even tersebut. Even-even yang dimaksud antara lain Piala AFF U-23 2023, U-23 2024, Kualifikasi Piala Dunia 2026, hingga Asian Games 2022 (dimainkan tahun 2023).

Dari pantauan yang dilakukannya itu, Shin akhirnya membawa lebih dari tiga pemain potensial untuk Piala AFF U-23 2023. Pemain seperti Esal Sahrul, Rifky Dwi Setiawan, hingga Muhammad Ragil adalah pemain yang dihasilkan dari pantauan sang pelatih.

Kabar baiknya, dua dari tiga pemain yang disebutkan tersebut akhirnya menjalani debutnya pada laga perdana Piala AFF U-23 kemarin. Di laga melawan Timnas Malaysia U-23 2023, Esal Sahrul dan Muhammad Ragil turun sebagai pemain pengganti.

Tapi sayangnya, di laga debutnya itu, skuad Garuda mendapatkan hasil buruk. Mereka dikalahkan oleh Harimau Malaya Muda (julukan Timnas Indonesia U-23) dengan skor akhir 1-2. Sempat unggul di babak pertama lewat gol , Malaysia U-23 berhasil membalikkan keadaan di babak kedua berkat dua gol dari kaki Fergus Tierney.

Seusai menjalani debutnya dengan Timnas Indonesia U-23, Muhammad Ragil dan Esal Sahrul memberikan tanggapannya. Esal mengaku gugup di laga debutnya. Ia juga mengaku grogi dengan laga itu. Walaupun demikian, Esal memberikan apresiasi kepada rekan-rekannya karena mendapat dukungan dan semangat untuk beradaptasi.

“Alhamdulillah debut pertama pastinya awal–awal grogi tapi lama-lama bisa beradaptasi dengan tim,” kata Esal Sahrul.

“Kalau bermain pasti grogi karena kan bela timnas pertama kali jadi grogi tapi temen-temen mendukung jadi semangat tambah dan bisa beradaptasi,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Ragil yang juga turun di laga tersebut mengaku bersyukur karena diberikan kesempatan untuk turun. Ia senang karena di pemanggilan pertamanya ke Timnas Indonesia U-23, ia langsung mendapatkan jam bermain.

“Alhamdulillah saya diberi kepercayaan sama pelatih. Saya juga sangat senang dapat jam bermain. Apalagi saya pertama kali debut jadi agak grogi juga,” ucap striker muda FC itu.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment