Timnas Indonesia

Indra Sjafri Jelaskan Status Yeyen Tumena di Timnas U-22

NOBARTV NEWS menjawab status Yeyen Tumena di skuad Timnas U-22 saat ini.

Beberapa waktu lalu, pengamat sepak bola Indonesia Tommy Welly atau biasa disapa Bung Towel mempertanyakan jabatan Yeyen Tumena di skuad Timnas Indonesia U-22. Bung Towel menyebut jabatan Yeyen tidak lazim. Bahkan, ia mengaku bingung dengan jabatan yang diemban Yeyen tersebut.

“Ditulis di berbagai media massa, per tanggal 1 April, ada jabatan pelatih Yeyen Tumena. Ini yang bikin saya bingung, karena tidak lazim. Ada pelatih Indra Sjafri, ada asisten pelatih, lalu muncul Yeyen Tumena yang statusnya pelatih. Apakah itu pelatih di antara head coach dan asisten atau bagaimana? Ini buat saya yang tidak lazim,” kata Bung Towel di kanal youtube pribadinya.

Hingga akhirnya, beberapa waktu kemudian, sang pelatih yakni Indra Sjafri menjawab pertanyaan tersebut. Indra menyayangkan berbagai macam rilis media yang tidak mengkonfirmasi dirinya terkait jabatan salah satu asistennya itu. Sebab sejauh ini, media hanya berpedoman dengan apa yang dikatakan oleh Bung Towel tadi.

“Jadi jangan media yang salah menamakan posisi seseorang menjadi dasar berita selanjutnya. Penting harus ada cek sebelum buat berita,” kata Indra kepada salah satu media CNN Indonesia.

Kata Indra, posisi yang diemban oleh Yeyen adalah sebagai performance analysis. Indra juga menjelaskan apa saja tugas Yeyen dalam jabatannya itu. Seperti melakukan analisis pertandingan di setiap laga, lalu mencatat statistik pertandingan, hingga memaparkan hasil pertandingan lewat video analisis.

“Yeyen Tueman itu menjabat performance analysis, yang bertugas melakukan match analysis, statistik, dan video analysis,” ucap Indra menambahkan.

“Kalau asisten, seperti yang diawal saya memulai program, saya sudah umumkan di media posisinya itu: Indra Sjafri, Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto dan Eko Purjianto sebagai asisten, Alex Aldha sebagai pelatih fisik, dan sebagai pelatih kiper,” ujarnya memungkasi.

Sebelumnya, posisi Yeyen memang sempat dipertanyakan. Pasalnya, Yeyen baru masuk ke skuad Timnas Indonesia U-22 di pemusatan latihan gelombang ketiga. Sementara itu, di pemusatan gelombang pertama dan kedua sejak 1 Maret lalu, Yeyen tidak masuk dalam staf kepelatihan Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia U-22 ini dipersiapkan Indra dan kolega untuk tampil di even . Even tersebut akan dilangsungkan pada akhir bulan ini. Dan diketahui pula, pada fase grup nanti, skuad asuhan Indra Sjafri tergabung dalam bersama tuan rumah , lalu Myanmar, Filipina, dan terakhir Timnas Timor-Leste.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

24 Comments