Gagal Tampil di Piala Asia U-17 2023, Media Vietnam Ejek Pelatih Lokal Indonesia: Pelatih Domestik Tidak Bisa Buat Perbedaan!

Gagal Tampil di Piala Asia U-17 2023, Media Vietnam Ejek Pelatih Lokal Indonesia: Pelatih Domestik Tidak Bisa Buat Perbedaan!

NOBARTV NEWS – Gagalnya Timnas Indonesia U-17 melaju ke Piala Asia U-17 masih menjadi konsumsi media sampai saat ini. Adalah Zingnews, media asal Vietnam itu menyebut Timnas Indonesia tidak moncer ketika dilatih oleh pelatih lokal.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Arkhan Kaka dkk tergabung di grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 bersama Timnas Guam U-17, UEA U-17, Palestina U-17, dan Malaysia U-17. Di grup ini, Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. PSSI sendiri menunjuk Stadion Pakansari Bogor sebagai lokasi seluruh pertandingan.

Skuad yang dipimpin oleh pelatih lokal Bima Sakti ini sempat mengejutkan banyak orang karena membawa Garuda Asia menang telak atas Guam U-17 di matchday pertama. Tak tanggung-tanggung, 14 gol dicetak oleh Arkhan Kaka dkk dalam laga tersebut.

Berlanjut ke matchday kedua, Garuda Asia lagi-lagi raih kemenangan atas UEA U-17 dengan skor tipis 3-2. Kemenangan Timnas Indonesia U-17 berlanjut hingga matchday ke-tiga ketika bertemu dengan Timnas Palestina U-17. Dalam laga ini, Garuda Asia menang atas sang lawan 2-0.

Namun naas, di matchday terakhir sekaligus laga penentuan, Timnas Indonesia U-17 yang tanpa kehadiran Iqbal Gwijangge di lini belakang diporakporandakan tim lawan Malaysia. Dalam laga ini, Indonesia dipermalukan Harimau Malaya muda dengan skor menyakitkan 5-1. Tiket untuk lolos ke putaran final lewat jalur juara grup dan juga salah satu runner-up terbaik gagal. Timnas Indonesia U-17 gagal lolos lewat dua jalur tersebut.

Kinerja buruk Bima Sakti dalam babak kualifikasi ini sangat berbanding terbalik dengan dua tim seniornya. Timnas Indonesia senior dan juga Timnas Indonesia U-20 yang dipimpin Shin Tae-yong justru lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Meski menempati posisi runner-up di grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Marc Klok dkk tetap lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Begitupun dengan Hokky Caraka dkk. Tergabung di grup F bersama Timnas Vietnam, Hongkong, dan Timor-Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Hokky Caraka dkk sukses menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan dan berhak lolos ke Piala Asia U-20 2023 lewat jalur juara grup.

Atas hasil buruk yang menimpa tim junior Timnas Indonesia itu, Bima Sakti selaku pelatih lokal pun menjadi sarang sindiran media asal Vietnam. Bima disebut tak bisa membuat perbedaan seperti STY selaku pelatih asing ketika menangani Timnas Indonesia.

“Kegagalan tim U-17 menunjukkan terbatasnya Indonesia ketika pelatih domestik tidak bisa membuat perbedaan seperti pelatih asing. Faktor disiplin, yang membuat tim asuhan Shin Tae-yong menjadi kuat, tidak terlihat dalam tim asuhan Bima,” tulis Zingnews.

“Sepak bola Indonesia mengalami perkembangan di seluruh level, tapi itu semua tidak cukup,” tutup media tersebut.

Penulis:
Editor: Andri Yarusman

Dapatkan berita & prediksi bola terupdate dari kami dengan mendownload APK NOBARTV NEWS di Google Playstore | Google News.

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Responses

Comments are closed.