Timnas Indonesia

DPR RI Minta PSSI Ajari Sopan Santun pada Pemain Naturalisasi, Kenapa?

NOBARTV NEWS – Anggota politisi dari PDI Perjuangan Putra Nababan menyentil PSSI dalam sebuah rapat terkait pemberian hak naturalisasi kepada para pemain keturunan tersebut. Ia meminta PSSI untuk mengajarkan sopan santun kepada mereka.

Seperti yang diketahui, saat ini PSSI sedang melakukan proses naturalisasi terhadap tiga pemain keturunan. Satu pemain keturunan yakni Justin Hubner sudah melakukan sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada pagi hari tadi. Sementara itu, untuk dua pemain keturunan lainnnya yakni dan Jay Idzes, proses naturalisasi kepada dua pemain yang berkarier di Eropa itu baru saja dibahas di meja DPR RI. Kemarin, rapat pemberian naturalisasi kepada dua pemain tersebut telah dibahas oleh DPR RI Komisi III dan IX dalam sebuah sidang paripurna.

Nah, dalam rapat tersebut, salah satu hal yang ditekankan oleh anggota DPR-RI Putra Nababan yakni terkait dengan sopan santun calon pemain naturalisasi. Nababan meminta PSSI untuk mengajarkan para pemain naturalisasi itu sopan santun.

“Nah ada beberapa metode yang bisa digunakan PSSI dan , yang pertama memang hadir secara fisik tapi tidak mungkin. Kedua lewat Zoom (Conference Call), atau ketiga kirimkan video minimal bilang ‘Terima Kasih',” ujar Putra Nababan.

“Jadi ada diajari sopan santun pak Sekjen (Yunus Nusi). Ya itu sopan santun itu penting di Indonesia. Jadi kalau bisa nanti pak Sekjen PSSI diusulkanlah (ke pemain) untuk bilang buat Komisi X, Komisi III, dan komisi-komisi lainnya yang mendukung Timnas Indonesia,” ujarnya menambahkan.

DPR RI Minta PSSI Ajari Sopan Santun pada Pemain Naturalisasi, Kenapa?
Salah satu pemain naturalisasi Justin Hubner tadi pagi

Meskipun demikian, Putra Nababan selaku perwakilan dari Franksi PDI-P menyebut pihaknya setuju dan mendukung proses naturalisasi kepada dan Jay Idzes. Ia pu berharap keduanya benar-benar bisa membawa prestasi bagi Timnas Indonesia di kancah internasional.

“Kami dari fraksi PDI Perjuangan menyetujui naturalisasi dari Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Semoga mereka betul-betul bisa membawa prestasi dan membawa nama baik bangsa Indonesia di level internasional,” katanya memungkasi.

Selepas proses naturalisasi yang sedang dilakukan oleh Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes itu, PSSI akan kembali melakukan naturalisasi pada satu nama lain. Adalah Ragnar Oratmangoen, pemain kelahiran Belanda itu juga masuk dalam rencana naturalisasi skuad . Sayangnya, tak seperti Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen dipastikan tak bisa merampungkan proses naturalisasinya secepat mungkin sehingga ia disebut tidak akan bisa membela Timnas Indonesia di 2023 mendatang.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid