Timnas Indonesia

Dibantu Borrusia Dortmund, Timnas U-17 Ikut Turnamen Mini di Jerman

NOBARTV NEWS – Tidak hanya di saja, Timnas Indonesia U-17 juga akan mengikuti Turnamen Mini di Jerman. Keikusertaan skuad Timnas U-17 tersebut tak lepas dari peran klub .

Seperti yang diketahui, saat ini, Timnas Indonesia U-17 sedang melakukan persiapan jelang tampil di even . Salah satu persiapan yang tengah dilakukan adalah melakukan pemusatan latihan sejak Senin 10 Juli lalu.

Ya, pada tanggal 10 Juli tersebut, skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) telah melakukan pemusatan latihan dengan beranggotakan 34 pemain. Tak hanya itu saja, PSSI juga melakukan seleksi terhadap pesepakbola muda di 12 kota berbeda se-Indonesia. Serangkaian periapan dari pemusatan latihan (TC) hingga seleksi pemain merupakan upaya PSSI dan Bima Sakti untuk mempersiapkan diri jelang bergulirnya .

Setelah PSSI menjaring beberapa pemain lewat TC dan seleksi tersebut, mereka akam mengikut sebuah Turnamen Mini di Bali. Turnamen Mini tersebut akan diikuti oleh beberapa tim seperti tim muda Barcelona hingga Jepang. Hal itu disampaikan oleh Bima Sakti kemarin.

“Rencananya di awal Agustus, kami akan uji coba latihan bersama, sama tim-tim yang ada di Bali, Barcelona, dan Jepang. Secara umur mereka dari kelahiran 2005, tapi tidak apa-apa buat pelajaran buat pemain,” kata Bima Sakti kepada wartawan.

“Melatih pemain lawan tim kuat. Akan tetapi, sebelumnya ada uji coba lawan tim lokal,” ujarnya menambahkan.

Dan ternyata, tak hanya melakukan Turnamen Mini di Bali saja, namun skuad Garuda Asia juga akan turun di even serupa di Jerman. Seperti yang diketahui, usai melakukan pemusatan latihan di Indonesia, para pemain Timnas Indonesia U-17 akan terbang ke Jerman untuk mengikuti pemusatan latihan lanjutan. Tak hanya mengikuti TC saja, namun anak asuh Bima Sakti itu juga akan bermain di Turnamen Mini.

Awalnya, PSSI ingin memberangkatkan skuad Garuda Asia ke Qatar untuk pemusatan latihan. Namun dikarenakan Qatar sedang mengalami musim panas, maka PSSI memilih untuk memberangkatkan Arkhan Kaka dkk ke Eropa.

Adapun untuk Turnamen Mini di Jerman nanti, Bima Sakti menyebut kepastian keikutsertaan skuad Garuda di even itu karena adanya peran dari klub . Sebelumnya, perwakilan Borrusia Dortmund dan DFL datang ke Indonesia guna menemui PSSI untuk melakukan kerjasama di berbagai bidang terkait sepak bola.

“Pak ketum [PSSI Erick Thohir] sudah menyampaikan ke saya, nanti di sana [Jerman] akan ada beberapa uji coba. Rencananya PSSI akan buat seperti mini turnamen,” papar Bima Sakti.

“Mereka [Dortmund] akan mengatur kami selama di sana, mungkin kami melawan tim Bundesliga yang usianya sama dengan kami [timnas U-17],” ujarnya memungkasi.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid