Philippe Coutinho Resmi Berseragam Aston Villa
Resmi Berseragam

NOBARTV NEWS – Satu lagi pemain yang resmi berpindah klub secara resmi jelang musim panas mendatang, dia adalah bintang Brazil Philippe Coutinho, sang pemain akhirnya di permanenkan Klub Premier League, Aston Villa.

Philippe Coutinho resmi menjadi bagian dari Aston Villa setelah rela melepasnya di bursa transfer mendatang. Sebelumnya Aston Villa sempat meminjamnya dari Barcelona sejak Januari 2022.

Kabar tersebut resmi diumumkan langsung oleh Aston Villa melalui situs resmi mereka pada Kamis (12/5/2022) waktu setempat atau Jumat dini hari WIB. Philippe Coutinho nantinya akan berseragam klub berjuluk The Vilans hingga tahun 2026 mendatang.

Profil Philippe Coutinho

Philippe Coutinho Correia (lahir 12 Juni 1992) adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap untuk klub Liga Utama Inggris Aston Villa, dengan status pinjaman dari klub La Liga Barcelona, dan tim nasional Brasil. Ia dikenal karena kombinasi visinya, passing, dribbling dan kemampuannya untuk menyulap serangan jarak jauh yang melengkung.

Ditahun 2008, saat berusia 16 tahun Coutinho dipanggil oleh Inter Milan, ia membuat debut di Serie A dan La Liga Champions dengan berumur 18 tahun setelah menetap dua tahun di Vasco de Gama.

Diantara dua setengah tahun bersama tim Itali, Coutinho juga pernah di pinjamkan oleh Espanyol pada tahun 2012 selama enam bulan dan berhasil menyumbangkan 5 gol dalam 16 pertandingan, hal ii juga yang membuatnya menjadi salah satu bintang tim tersebut.

Pada 26 Januari 2013, Coutinho resmi bergabung dengan klub Liverpool dengan kesepakatan nilai transfer sebesar 8.5 Juta Pound Sterling. Bersama Klub Liga Primer Inggris tersebut, sang pemain berkembang cukup pesat. Selama lima tahun, Coutinho mencatatkan 54 gol dari 202 laga di semua ajang bagi Liverpool.

Setelah lima tahun berkarir dengan Liverpool, Philippe Coutinho resmi pindah ke FC Barcelona pada 8 Januari 2018 dengan nilai transfer 400 juta euro.

Sempat Di Pinjamkan Ke Bayern Munchen dan Aston Villa

Masalah Cidera yang sering di alami sang pemain membuat Barcelona memutuskan untuk meminjamkan sang pemain ke Bayern Munchen. Bersama Bayern, kondisi Coutinho sedikit membaik. Ia sempat menjadi aktor di balik pembantaian Bavarian pada Barcelona di Liga Champions, kala itu Barcelona di bekuk dengan skor cukup telah 8-2.

Setelah masa peminjaman dari Beyern Munchen Coutinho kembali ke Barcelona. Namun sang pemain belum menunjukan peningkatan dalam permainan, untuk itu sekali lagi ia di pinjamkan ke klub Inggris Aston Villa pada Januari 2022, bersama Aston Villa Countinho nampak menunjukan peningkatan dan menjadi salah satu pemain penting dalam tim.

Di Permanenkan Aston Villa

Philippe Coutinho akhirnya resmi meninggalkan klub Barcelona, seusai ditebus Aston Villa senilai 20 juta euro. Kabar ini dikonfirmasi langsung situs resmi klub Barcelona, Jum’at (15/5/2022).

“FC Barcelona dan Aston Villa telah mencapai kesepakatan untuk mentransfer Philippe Coutinho seharga 20 juta euro,” tulis FC Barcelona, seperti dikutip TribunGorontalo.com, Jumat (15/5/2022).

Manajer Aston Villa, Steven Gerrard pun menyambut gembira kabar ini. Baginya, Coutinho merupakan seorang rekrutan yang fantastis bagi The Villans.

“Ini adalah perekrutan yang brilian untuk Aston Villa. Phil adalah seorang model profesional dan pengaruhnya terhadap grup sangat jelas sejak dia bergabung pada Januari,”

“Dengan cara dia berperilaku di dalam dan di luar lapangan, dia juga merupakan panutan yang berharga bagi para pemain muda kami yang hanya dapat mengambil manfaat dari pengalamannya,”

“Saat kami ingin membangun musim depan, sungguh luar biasa bekerja di klub yang menjalankan bisnisnya dengan sangat tegas dan lancar.”

Barcelona sendiri menyisipkan klausul yang menyebut mereka berhak mendapat bagian sebesar 50 persen dari penjualan Coutinho di masa depan.

Di Lepas Dengan Harga Miring

Biaya tersebut terbilang murah, mengingat dirinya berstatus pemain termahal kala ditebus Barcelona sebesar 120 juta euro dari Liverpool empat tahun silam.

Dikutip Goal International, Barcelona rugi lebih dari Rp 2,3 triliun dalam transfer Coutinho ke Aston Villa. Seperti diketahui, Barcelona dulunya mendatangkan Philippe Coutinho dari Liverpool dengan harga fantasti, yakni 147 juta poundsterling atau Rp 2,6 triliun.

Namun, kini Barca rela melepas sang gelandang asal Brasil itu dengan harga miring, yakni 17 juta poundsterling atau hanya sekitar Rp 300 miliar. Namun, bagi Barcelona, keputusan melepas Coutinho masih bisa dibilang masuk akal meski rugi total.