Timnas Indonesia

Bukan di SUGBK, Final Piala Dunia U-20 2023 akan Digelar di Manahan Solo

NOBARTV NEWS – Final Piala Dunia U-20 2023 dipastikan akan dilakukan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk perhelatan akbar yakni Piala Dunia U-20 2023. Babak drawing untuk even tersebut akan digelar pada 31 Maret 2023. Babak drawing dilakukan setelah seluruh kontestan dipastikan lengkap. Sebab sampai saat ini, Asia dan menjadi dua konfederasi yang belum memastikan perwakilannya untuk even tersebut.

Sementara itu, 16 tim lainnya sudah dipastikan lolos. Mereka adalah perwakilan dari Eropa yakni Slovakia, , Israel, Prancis dan Inggris. Lalu dari

Oceania ada Selandia Baru dan Fiji. Sedangkan dari CONCACAF bakal diwakilkan oleh Amerika Serikat, Honduras, , dan Republik Dominika. Dan dari CONMEBOL ada Brasil, Uruguay, Kolombia, dan Ekuador. Satu tiket lainnya yakni sudah dipegang oleh tuan rumah Timnas Indonesia.

Adapun perwakilan dari Asia dan tadi bakal diseleksi melalui sebuah even yakni Piala Asia U-20 2023 yang akan dihelat pada Maret mendatang. Dan dari Afrika bakal diseleksi lewat Piala Afrika U-20 2023. Semifinalis untuk dua even tersebut otomatis dinyatakan lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Sebagai tuan rumah, PSSI sudah menunjuk enam stadion yang akan digunakan. Enam stadion tersebut sudah diinspeksi oleh perwakilan FIFA sejak beberapa bulan yang lalu. Stadion-stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta),

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Stadion Manahan (Surakarta), (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Menariknya, stadion utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tidak akan digunakan sebagai venue final. Justru, stadion Manahan Solo lah yang akan digunakan.

Meski PSSI belum melakukan konfirmasi, namun hal tersebut pertama kali disampaikan oleh Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

“Kita jadi tuan rumah final Piala Dunia U-20 2023, seneng banget saya. Kalau Pak Menpora sudah mengatakan, ya sudah. Solo ya beberapa kali jadi tuan rumah sukses semua. Tolong disampaikan ke warga, final Piala Dunia di Solo,” terang Gibran yang juga anak dari Presiden RI Joko Widodo itu.

Sebelumnya, Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita menyebutnya (Manahan final Piala Dunia U-20) masih sebatas rencana. Namun dengan apa yang disampaikan oleh Gibran tadi, besar kemungkinannya hal itu sudah bukan sebatas rencana lagi.

“Rencananya demikian. Masih dalam rencana. Jadi, pertimbangannya belum bisa di-share,” kata Maaike Ira Puspita.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments